Advert

Rekomendasi Forklift Terbaik untuk Bisnis Anda!

Rekomendasi Forklift Terbaik, Indotrading News — Dalam berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan pengangkatan benda-benda berat seperti kontruksi, pergudangan, dan sebagainya, keberadaan forklift sangat dibutuhkan. Kendaraan satu ini memberikan kemudahan bagi manusia dalam menjalankan pekerjaan-pekerjaan berat tersebut.

 

Apa Itu Forklift?

Forklift merupakan sebuah mobil yang dilengkapi dengan 2 garpu yang berfungsi untuk mengangkat benda berat atau pallet. Biasanya, garpu forklift didesain sehingga kompatibel dengan palet yang ada di pasaran. Tujuanya adalah untuk memudahkan pengangkutan pallet sehingga tidak jatuh ketika dipindahkan. Karenanya, mobil forklift (https://www.indotrading.com/jual-forklift/) lebih sering terlihat diarea pergudangan ataupun pabrik.

 

Komponen-Komponen dalam Forklift

bagian-bagian forklift

1. Fork

Fork/garpu merupakan komponen utama pada mobil forklift. Fungsinya adalah sebagai pengangkat bebanuntuk membawa barang. Biasanya, mobil forklift dilengkapi dengan 1 pasang garpu dengan panjang antara 2,5 sampai 3 meter. Garpu ini mampu mengangkat beban hingga 3 ton.

 

2. Carriage

Carriage merupakan bagian tempat melekatnya garpu pada mobil foklift, dan menghubungkanya dengan bagian mast. Selain sebagai sambungan, carriage juga berfungsi sebagai sandaran sekaligus pengaman bagi pallet yang diangkut.

3. Mast

Mast merupakan bagian utama pada sistem pengangkatan forklift. Bagian mast ini terdiri dari 2 batang besi yang berhubungan dengan sistem hidrolik. Fungsinya sebagai komponen yang mengangkat atau menurunkan barang.

Ada beberapa jenis mast berdasarkan sistem kerjanya yaitu two stage mast, three stage mast, serta full free lift mast. Secara umum, mast mampu mengangkat barang hingga 6 meter. Namun pada tipe full free mast, didesain khusus untuk memasukan barang ke ruangan beratap seperti kontainer.

Jenis-jenis Mast pada Forklift

1. Overheard guard

Overhead guard merupakan bagian atap forklift yang melindungi operator forklift saat mengangkat atau menurunkan barang. Bagian ini biasanya terbuat dari besi yang kokoh sehingga mampu menahan benda yang jatuh dari atas.

 

2. Counterweight 

Ketika forklift mengangkat beban dengan garpu, secara otomatis beban bagian depan akan lebih berat dari bagian belakang. Counterweight inilah yang berfungsi sebagai penyeimbang beban bagian depan ketika mengangkat benda, dengan bagian belakang. Letaknya berada di bagian belakang mobil forklift.

 

Jenis-Jenis Forklift

Berdasarkan Transmisi

  • Automatic transmission forklift

Sebagaimana mobil, forklift juga ada yang bertransmisi otomatis. Hal ini akan memudahkan operator dalam mengoprasionalkan forklift. Salah satu aspek yang membedakan forklift transmisi otomatis adalah tuas handle-nya yang terdiri dari 4 bagian, yaitu naik-turun, maju munfur, kanan-kiri, dan mencungkil.

 

  • Manual transmission forklift

Forklift dengan transmisi manual memiliki 3 pedal sebagaimana mobil pada umumnya, yaitu pedal rem, kopling, dan gas. Karena sistem transmisinya yang manual, forklift ini lebih sulit dioprasionlkan daripada yang bertransmisi otomatis. Perbedaan utama dari forklift bertransmisi manual dengan otomatis adalah tidak adanya tuas maju-mundur.

 

Berdasarkan Sumber Tenaga

  • Diesel

forklift diesel

Forklift bertenaga diesel membutuhkan solar sebagai bahan bakarnya. Forklift bertenaga diesel menggunakan metode pengapian direct injection, yaitu solar diinjeksikan secara langsung ke ruang bakar yang sudah terisi udara dengan tekanan tinggi. Forklift diesel secara umum lebih kuat dan hemat, namun asap yang dihasilkan cukup banyak, sehingga tidak cocok  digunakan di dalam ruangan.

 

  • Elektrik

forklift elektrik

Forklift elektrik menggunakan tenaga listrik sebagai sumber energinya. Karena tidak menggunakan bahan bakar apapun, forfklift elektrik tidak menghasilkan emisi apapun sehingga sangat cocok untuk digunakan di dalam ruangan seperti gudang.

 

  • Bensin

forklift bensin

Mesin foklift bertenaga bensin menggunakan spark plug (busi) yang berfungsi untuk memicu pengapia dan pencapuran bahan bakar dengan udara pada bagian karburator sebagaimana mobil pada umumnya.

Forklift berbahan bakar bensin banyak digunakan di berbagai industri karena tingkat kebisingan yang rendah, serta tidak menghasilkan asap sebanyak forklift diesel. Karenanya, beberapa forklift bensin juga digunakan di dalam ruangan.

 

  • Reach truck

Jenis forklift yang satu ini mampu mengangkat beban golongan berat, selain itu juga mampu menempatkannya di rak-rak yang tinggi. Pengoperasian forklift reach truck sudah full electric, sehingga lebih memudahkan. Karenanya, cocok untuk digunakan baik didalam maupun luar ruangan.

 

Berdasarkan Tempat Kerja

  • Stevedoring forklift

Yaitu forklift yang berfungsi khusus untuk pekerjaan bongkar-muat barang di pelabuhan seperti bongkar muat barang dari dermaga, tongkang, ataupun kapal.

 

  • Warehousing forklift

warehousing forklift

Yaitu forklift yang digunakan untuk aktifitas pergudangan seperti mengangkat barang hasil produksi ke rak, bahan baku, ataupun mengambil barang yang akan dikirim ke pelanggan. Biasanya berukuran kecil hingga sedang sehingga bisa masuk diantara rak-rak barang.

 

  • Construction forklift

construction forklift

Yaitu forklift yang digunakan untuk mengangkat material bangunan dalam kegiatan kontruksi.

 

  • Industrial forklift

industrial forklift

Yaitu forklift yang digunakan untuk kegiatan industri.Fungsinya adalah mengangkat dan memindahkan material industri dalam jarak pendek.

 

Rekomendasi Merek Forklift

1. BOMAC

rekomendasi forklift

Forklift Bomac merupakan salah satu jenis forklift yang belakangan banyak dicari karena kualitasnya yang bagus. Pengalaman Bomac selama 30 tahun menjadikan mereka dapat membuat mesin dengan kemampuan yang bagus. Ada berbagai tipe forklift Bomac yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan. Anda bisa melihatnya di https://www.indotrading.com/merek/bomac/jual-forklift/.

 

2. ISUZU

rekomendasi forklift

Forklift Isuzu merupakan pabrikan Jepang yang terkenal dengan daya tahan mesinya yang sangat bagus. Karenanya, forklift isuzu sangat cocok untuk digunakan secara jangka panjang. Ada berbagai macam tipe isuzu yang cocok untuk keperluan gudang dan industri, yang bisa Anda lihat di https://www.indotrading.com/merek/isuzu/jual-forklift/.

 

3. TOYOTA

rekomendasi forklift

Forklift Toyota terkenal dengan kekuatanya dalam mengangkat beban berat, dan diakui sebagai forklift terbaik di dunia saat ini. Selain itu, forklift Toyota secara umumjuga lebih bertenaga, namun hemat bahan bakar. Dari segi suara yang dihasilkan juga cukup halus sehingga sangat cocok digunakan di dalam ruangan. 

 

4. DOOSAN

rekomendasi forklift

Foorklift Doosan adalah mesin pabrikan Korea. Merek Doosan terkenal dengan kualitasnya yang tinggi. Ada berbagai tipe forklift dari yang berkapasitas 5 ton hingga 25 ton. Sudah banyak industri ternama di Indonesia yang menggunakan forklift Doosan sehingga Anda tidak perlu ragu dengan kualitasnya. Anda bisa lihat jenis-jenisnya di https://www.indotrading.com/merek/doosan/jual-forklift/.

 

5. KOMATSU

rekomendasi forklift

Forklift Komatsu merupakan satu dari 10 forklift terbaik di dunia. Forklift Komatsu sangat handal dan dapat bekerjadengan sangat baik dalam jangka waktu yang lama. Berbagai fitur inovatif seperti Remote Monitoring System (komtrax) dan kontrol alat berat navigasi otonom sudah ditanamkan. Meskipun begitu, harganya tergolong cukup terjangkau. Daftar harga Forklift Komatsu bisa Anda lihat di https://www.indotrading.com/merek/komatsu/jual-forklift/.

 

Jadi Anda sudah pahami sekarang apa itu forklift, jenis-jenisnya hingga beberapa rekomendasi produk yang bagus untuk dicoba. Tentu saja jika Anda mau, bisa melihat lebih banyak pilihannya di supplier forklift website Indotrading. Anda bisa dapatkan spesifikasi dan harga terbaik sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia!

To Top