Advert

Pilihan Investasi Minim Risiko di Hari Tua

Tidak ada orang yang mampu bekerja tanpa henti selama hidupnya. Masa pensiun akan datang suatu saat nanti ketika usia kita sudah tidak produktif lagi. Biasanya, usia 55 tahun ke atas menjadi usia pensiun dimana seseorang sudah mencapai puncak karier pekerjaannya dan hanya tinggal menikmati sisa hidupnya.

Namun bagi seseorang yang ingin membuktikan eksistensi dirinya, hal itu tidak berlaku. Usia 55 tahun justru bisa dianggap sebagai masa awal lembaran baru dalam hidup setelah tidak bekerja lagi. Pada masa ini, menginvestasikan uang ke dalam beberapa bentuk aset usaha atau investasi bisa menjadi pilihan. Uang atau modal investasi tersebut biasanya berasal dari uang tabungan selama bekerja atau uang dana pension yang diperoleh setelah berhenti bekerja.

Akan tetapi, sering timbul pertanyaan apakah aman menggunakan uang pensiun sebagai modal investasi?

Baca juga : Ingin Investasi Logam Mulia? 4 Langkah Praktis Ini Wajib Dicoba

Pertanyaan itu sering muncul ketika seseorang yang sudah pensiun ingin memulai suatu bisnis. Mereka memiliki keraguan terutama mengenai masalah risiko investasi yang harus dihadapi. Seperti yang telah diketahui oleh banyak orang, menginvestasikan sejumlah uang untuk membeli atau mengolah aset bias menjadi hal yang sangat spekulatif. Akan tetapi, akan lebih baik jika  seorang pensiunan memilih investasi yang bersifat minim risiko. Hal ini disebabkan karena pola kebiasaan seorang pensiunan yang sudah terbiasa mendapatkan gaji bulanan tetap selama puluhan tahun, mereka akan lebih sulit beradaptasi dengan situasi bisnis yang dipenuhi ketidakpastian.

Apa saja pilihan investasi minim risiko yang bagi para pensiunan sehingga mereka masih bisa menghasilkan uang walaupun sudah tidak bekerja lagi? Berikut ulasannya:

  1. Bisnis Rumah Kontrakan

Gambar 312

Anda bisa membangun rumah kontrakan dengan beberapa pintu sebagai bentuk investasi anda di hari tua. Membangun bisnis rumah kontrakan tidaklah sulit dan bisa dikatakan bahwa bisnis ini memiliki risiko yang sangat kecil. Anda akan mendapatkan uang pemasukan tetap secara bulanan melalui tagihan yang dibayarkan oleh orang-orang yang menggunakan jasa rumah kontrakan nantinya. Investasi ini cukup menjanjikan, apalagi harga rumah kontrakan sebagai salah satu  jenis  produk properti cenderung naik nilai investasinya setiap tahun.

  1. Bisnis Jual Beli Tanah

Gambar 313

Anda bisa memilih profesi ini setelah masa pensiun. Bisnis seperti ini bisa dikatakan juga minim akan risiko, apalagi jika sudah memiliki keahlian dalam berkomunikasi dan melakukan negosiasi dengan orang lain. Tentu harus dipahami juga bahwa tidak mungkin penghasilan jual beli tanah akan membawa hasil setiap hari. Bisnis seperti ini sifatnya situasional, namun karena anda sudah berada di usia pensiun, usaha seperti ini tetap bisa anda andalkan untuk mencari pendapatan.

Baca juga : 5 Investasi Ini Cocok untuk Orang Bergaji di Bawah 5 juta

  1. Bisnis Kuliner

Gambar 314

Bisnis kuliner juga sebenarnya bisa dikatakan sebagai bisnis yang masih aman untuk dijalankan. Bisnis ini tidak terlalu mengandalkan spekulasi yang tinggi dan termasuk bisnis yang tidak lekang dimakan zaman. Bisnis ini juga bisa anda jalankan dengan mengandalkan modal yang berasal dari dana pensiun.

Ketiga bisnis tersebut merupakan bisnis yang dirasa cocok untuk orang-orang yang usianya sudah menginjak 55 tahun ke atas. Sebenarnya ada beberapa bidang usaha lain yang bisa dijadikan mata pencaharian apabi­la sudah memasuki masa pensiun, terutama dengan mengandalkan keahlian yang dimiliki sewaktu bekerja. Sebagai contoh, ketika bekerja selama 20 tahun sebagai seorang akuntan, anda bisa saja menjadi seorang konsultan pajak atau jika sudah memasuki usia pension sudah bekerja selama 20 tahun menjadi programmer, pilihan bisnis bisa saja jatuh menjadi seorang pebisnis perangkat lunak. Semuanya tergantung dari peluang dan pengalaman yang telah diperoleh selama ini. (leo)

To Top