Insight

Ketahui Informasi Mengenai Pengertian Sprocket dan Fungsinya

pengertian sprocket

Pernah lihat rantai sepeda? Pasti Anda sudah familiar bukan dengan benda ini. Tetapi apakah Anda sudah tahu tentang sprocket? Secara umum, pengertian sprocket adalah sebuah roda bergerigi yang berputar dengan dukungan rantai. Fungsi sprocket secara detail bisa Anda simak pada uraian berikut.

Pengertian Sprocket

Seperti yang telah disebutkan di awal, pengertian sprocket adalah roda yang bergerigi. Roda ini bisa berputar saat bersinggungan dengan rantai. Sprocket dan rantai ini sering digunakan untuk roda sepeda, motor, atau mesin yang lainnya.

Namun perlu Anda tahu, bahwa sprocket ini berbeda dengan roda gigi. Roda gigi biasanya akan berfungsi saat bersinggungan dengan roda gigi yang lainnya. Sedangkan sprocket tidak bisa berlaku demikian. Sprocket hanya cocok dipadukan dengan rantai.

Fungsi Sprocket

Sprocket sering dijumpai pada sepeda atau motor roda dua. Lalu apa fungsi sprocket? Berikut beberapa fungsinya:

  1. Mentransmisikan daya putar yang terjadi di antara dua poros.
  2. Mempercepat atau memperlambat laju sepeda atau motor.
  3. Media penerus putaran yang terjadi dari shaft motor penggerak menuju benda kerja melalui rantai.
  4. Menjadi perantara untuk memindahkan gerakan atau putaran motor penggerak menuju benda kerja melalui mesin lain.

Bagian-Bagian dari Sprocket

Meski terlihat sederhana, tetapi sebenarnya sprocket memiliki beberapa bagian penting. Bagian sprocket yang memiliki peran penting di antaranya yaitu:

1. Gigi Sprocket

Bagian yang pertama yakni gigi sprocket. Bagian ini memiliki bentuk yang runcing atau lancip, gigi yang runcing ini nantinya akan masuk pada lubang rantai. Gigi sprocket ini berfungsi untuk mengikat rantai secara kencang, sehingga rantai bisa menarik sprocket dan membawanya berputar.

Putaran sprocket kemudian bisa diteruskan menuju komponen mesin atau benda kerja lainnya. Jumlah gigi sprocket cukup beragam, ada yang sedikit ada juga yang banyak. Hal ini tergantung dari ukuran diameter sprocket itu sendiri atau sesuai dengan kebutuhan mesin lainnya.

Contoh ukuran gigi sprocket misalnya yaitu RS 30 x 15. Seri ini biasanya akan tertera pada body sprocket. Arti dari seri tersebut adalah sprocket memiliki gigi sebanyak 15 buah, dan sprocket tersebut cocok dipasangkan dengan rantai berukuran 30.

2. Shaft Sprocket

Bagian berikutnya yaitu shaft sprocket, bagian ini disebut juga sebagai batang sprocket. Pada bagian ini nantinya akan diberi lubang agar bisa dimasukkan ke dalam shaft motor penggerak. Tidak hanya itu, bagian ini juga bisa masuk ke dalam komponen mesin lainnya, misalnya shaft roll.

Namun, lubang yang dibuat harus memiliki ukuran yang presisi. Tujuannya adalah agar sprocket bisa benar-benar kuat saat dipasang di shaft motor penggerak atau shaft roll. Lubang yang presisi juga bisa mencegah terjadinya kelonggaran sehingga mesin tidak bisa berfungsi dengan baik.

3. Alur Key Way

Alur key wey adalah sebuah tempat atau dudukan untuk key way. Key way sendiri bisa diartikan sebagai komponen yang dapat menyatukan alur key way pada sprocket dengan alur key way yang ada pada shaft roll.

Proses tersebut bisa membuat sprocket dan shaft motor penggerak terkunci secara kuat dan aman dengan key way. Key way sendiri berbentuk persegi dan terbuat dari logam. Maka dari itu, key way bisa masuk menuju alur yang bentuknya serupa dengan mudah dan pas.

Contoh ukuran alur key way yaitu 6×3. Angka tersebut bisa diartikan bahwa ukuran lebarnya sepanjang 6 mm, sedangkan angka 3 menunjukkan kedalaman alur key way yakni sedalam 3 mm. Alur key way sendiri harus dibuat dengan alat Cutting Tool atau sering juga dikenal dengan Slotter.

4. Ulir Lock Baut Tanam

Bagian berikutnya yang ada pada sprocket yaitu ulir lock baut tanam. Bagian ini berbentuk lubang dengan tekstur ulir. Fungsi utamanya yaitu sebagai tempat baut tanam agar bisa mengunci sprocket. Dalam satu sprocket, biasanya terdapat 2 lubang ulir untuk baut tanam.

Dua lubang tersebut berada pada area key way, sedangkan lubang satu lainnya berada di shaft sprocket. Ukuran lubang ulir dan baut tanam ini cukup beragam, tergantung besar kecilnya sprocket. Contoh ukurannya yaitu baut tanam M6, artinya lebar key way pada baut tanam harus lebih dari 6 mm.

Baca juga : 6 Jenis Bearing yang Wajib Diketahui Pecinta Otomotif

Rekomendasi Produk Sprocket Terbaik

Setelah mengetahui seluk-beluk tentang sprocket, maka Anda perlu juga mengetahui rekomendasi produk sprocket yang memiliki kualitas terbaik.

  1. Gear Sprocket dari Toko Makmur Bersama Bandung, sprocket ini dijual dengan harga Rp250.000.
  2. Sprocket Forklift Toyota dengan Part Number 13613-78153-71, produk ini dijual oleh CV Karya Keluarga Diesel, Surabaya.
  3. Gear Sprocket dari PT New Fuindo Gemilang, Jakarta. Produk ini diklaim memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang terjangkau.
  4. Rexnord 880 Cast-Iron Non-Split Tabletop Sprockets dari PT Surrama Tridaya Mandiri, Jakarta.
  5. Sprocket Gear Chain dari PT Sarana Teknik, Semarang. PT Sarana Teknik merupakan supplier spare part terlengkap, salah satu produknya yaitu sprocket.
  6. Sprocket dari PT Alva Prima Toko Teknik Glodok, Jakarta. Perusahaan ini merupakan distributor alat-alat mesin industri terlengkap, termasuk untuk produk sprocket.
  7. Sprocket Conveyor dari Bengkel Bubut Cahaya Megah Teknik, Tangerang. Produk sprocket ini menggunakan material S45C, VCL, dan VCN.

Pengertian sprocket adalah roda bergerigi yang biasanya ada pada sepeda atau sepeda motor. Bagi Anda yang membutuhkan sprocket berdasarkan rekomendasi produk di atas, bisa Anda dapatkan di situs resmi www.indotrading.com. Anda bisa pilih jenis sprocket sesuai dengan kebutuhan.

To Top