Digital Marketing

Mengenal Secure Socket Layer (SSL) dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

SSL

Keamanan merupakan suatu hal yang sangat krusial bagi para peselancar dunia maya, tak terkecuali bagi para penyedia website hosting. Pengguna website hosting, khususnya pebisnis online yang mengandalkan website sebagai media mereka untuk berjualan, tentu menginginkan keamanan pada website yang mereka bangun.

Pasalnya, berbagai kejahatan mulai dari pencurian data-data pengujung sampai dengan file-file penting marak terjadi di internet. Untuk mengatasi kejahatan-kejahatan tersebut, sebuah website perlu memasang Secure Socket Layer (SSL) agar website lebih aman dan kepercayaan pengunjung website lebih tinggi. Nah, untuk mengetahui lebih lengkap informasi mengenai SSL, simak yuk ulasannya di bawah ini!

Pengertian Secure Socket Layer (SSL)

SSL

Secure Socket Layer (SSL) merupakan sertifikat berupa sistem keamanan yang bisa ditambahkan pada website. Sertifikat SSL memungkinkan URL pada website yang tadinya hanya berupa HTTP berubah menjadi HTTPS (secured). Tujuan utama pemasangan SSL tidak lain adalah untuk mengamankan dan melindungi proses pertukaran data yang terjadi melalui jaringan internet secara online.

Pertukaran data yang dimaksud biasanya berupa kunjungan website, pengiriman dan penerimaan e-mail, pembelian barang secara online, pengiriman data-data penting perusahaan, dan transaksi daring lainnya. Semua data akan dienkripsi atau diubah menjadi kode sedemikian rupa sehingga keamanan informasinya terjaga dan tidak dapat dibaca oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Sertifikat SSL biasanya memiliki dua kombinasi, yaitu public key dan private key. Public key digunakan untuk mengenkripsi data yang akan dikirim, sedangkan private key digunakan untuk mendekripsi data ke format yang dapat digunakan kembali oleh penerima data tersebut.

Manfaat SSL bagi Perusahaan

Secara umum, SSL sangat dibutuhkan untuk mengamankan website Anda dari ancaman kejahatan yang tersebar di internet. Namun, ada juga manfaat-manfaat spesifik lain dari penggunaan SSL. Berikut ini beberapa manfaat yang akan diperoleh dari penggunaan SSL bagi perusahaan, di antaranya:

1. Menghindarkan Pencurian Data

SSL

Menggunakan sertifikat SSL tentu saja bermanfaat bagi keamanan data baik pengguna maupun pemilik website. SSL akan melindungi Anda dari ancaman pencurian data dengan cara melakukan enkripsi atau pengacakan data yang sensitif. Dengan metode ini, data yang dikirimkan atau dibagikan akan menjadi lebih aman sebab pertukaran data yang terjadi antara komputer Anda dengan komputer visitor akan dilindungi oleh public key dan private key. Dengan demikian, tidak sembarang orang bisa membaca data yang Anda punya dan Anda kirimkan.

2. Menghindarkan Salah Kirim Data

SSL

Inilah salah satu fungsi SSL yang cukup krusial baik bagi penyedia website maupun visitor. SSL berfungsi menghindarkan salah kirim data yang dapat berakibat fatal jika data yang dikirimkan jatuh ke oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, SSL memiliki fungsi untuk melakukan otentikasi (authentication) atau memastikan Anda mengirimkan informasi dan data ke server yang sesuai tujuan. SSL akan memberikan notifikasi salah kirim jika ternyata Anda salah dalam dalam melakukan pengiriman data tersebut. Jadi, lebih aman, bukan?

3. Meningkatkan Reputasi Website

SSL

Ketika website sudah terinstall atau memiliki sertifikat SSL, browser akan menunjukkan notifikasi tertentu. Pada browser Internet Explorer misalnya, biasanya notifikasi akan berupa block berwarna hijau di bagian address bar. Sedangkan pada browser Firefox dan Google Chrome, notifikasi akan ditunjukkan dalam bentuk ikon gembok yang terkunci.

Notifikasi tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan reputasi dan kepercayaan di mata pengunjung. Dengan adanya notifikasi tersebut, pengunjung website tidak akan merasa ragu mengakses website Anda. Begitupun dalam website toko online, calon pembeli tidak akan ragu lagi berbelanja di website Anda.

Nah, lain halnya jika URL pada website masih menggunakan protokol HTTP. Google akan secara otomatis menampilkan peringatan Not Secure pada setiap visitor yang mengunjungi website tersebut. Peringatan Not Secure yang berarti tidak atau belum aman tersebut akan muncul saat pengunjung mengisi data dan informasi yang sensitif. Data-data atau informasi tersebut bisa berupa data login, password, form, nomor rekening, nomor telepon, dan lain sebagainya. 

4. Meningkatkan Ranking Website di Mesin Pencari

SSL

Algoritma Google lebih menyukai website yang memiliki sertifikat SSL. Yap, Google secara terang-terangan melarang para pengguna internet untuk mengunjungi website yang tidak memiliki sertifikat SSL. Oleh karena itu, memiliki sertifikat SSL sudah menjadi suatu hal yang ‘wajib’ bagi para penyedia website.

Pemasangan sertifikat SSL di website sangat berpengaruh positif terhadap kualitas optimasi SEO suatu website. Pasalnya, sejak tahun 2014 lalu, Google menerapkan algoritma yang mengutamakan peringkat website bersertifikat SSL.

Dengan preferensi Google tersebut, artinya mereka yang memiliki website dengan sertifikat SSL akan memiliki posisi yang lebih tinggi di mesin pencari jika dibandingkan dengan website yang tak bersertifikat. Jadi, jika website Anda ingin tampil di mesin pencari, sebaiknya Anda memasang sertifikat SSL sekarang juga!

Baca juga: Selain Google, Anda bisa Gunakan 10 Mesin Pencari Berikut

Mengingat sertifikat Secure Socket Layer atau SSL sangat penting bagi keamanan, maka dari itu sebaiknya website Anda segera dipasang SSL. Website yang Anda bangun berpotensi meraih peringkat lebih tinggi di mesin pencari jika telah mengantongi sertifikat SSL. Selain itu, kepercayaan pengunjung juga akan bertambah untuk melakukan transaksi di website yang Anda miliki.

To Top