Insight

Mengenal Folding Gate dan Tips Memilihnya

Mengenal Folding Gate, Indotrading News — Ketika Anda berkunjung ke kios atau toko tertentu, maka akan terlihat pintu yang digunakan dari rangkaian logam atau bahan PVC yang digeser. Biasanya pintu tersebut lebih lebar dan besar menyerupai gerbang dengan warna bervariasi. Pintu tersebut adalah folding gate, namun tak jarang  ada yang salah kaprah dengan menyebutnya rolling door.

Sekilas memang tampak serupa, tapi ada perbedaan mencolok antara folding gate dan rolling door. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari segi fungsi, cara kerja, dan material yang digunakan. Saat ini, baik rolling door maupun folding gate sudah sangat banyak dijumpai, khususnya pada bangunan pertokoan di daerah kota. Kedua benda ini dinilai simple dan efektif untuk mendukung keamanan dan kenyamanan ketika bekerja. Selain itu, kedua benda ini sangat praktis untuk akses keluar masuk kendaraan dari garasi rumah.

Berikut ini, akan diulas secara khusus mengenai folding gate, mulai dari pengertian, keunggulan dan tips memilih folding gate. Selanjutnya, diharapkan Anda tidak salah membedakan antara folding gate dan rolling door. Anda juga tidak akan salah pilih folding gate terbaik untuk kebutuhan bangunan Anda.

Apa itu Folding Gate?

Agar Anda tidak salah mengira folding gate sebagai rolling door, maka Anda perlu tahu terlebih dahulu mengenai folding gate secara mendalam. Folding gate merupakan pintu besi sistem buka tutupnya digeser ke samping, dari tengah terbelah kemudian digeser ke kiri dan ke kanan sehingga lipatan pintu akan terkumpul di ujung. Pintu folding gate saat ini banyak dipergunakan untuk pintu toko atau pintu garasi.

Begitu juga dengan rolling door yang berfungsi untuk pengaman dari suatu bangunan dan isi yang ada di dalamnya. Pintu rolling door mempunyai slat daun yang saling berkaitan untuk penutup bangunan. Rolling door bisa bergerak dari atas ke bawah dan menggulung pada ruang yang telah disediakan. Beberapa rolling door saat ini sudah didesain agar bisa bergerak secara otomatis.

Meskipun keduanya digunakan sebagai pintu dan keamanan bangunan beserta isi yang ada di dalamnya, tapi Anda sudah bisa mengerti perbedaan kedua jenis pintu ini. Perbedaan yang paling utama adalah terlihat dari kekuatannya. Folding gate jauh lebih kuat dan kokoh dibandingkan rolling door sehingga cocok untuk penggunaan jangka panjang. 

Selain itu, folding gate jauh lebih aman digunakan karena terdapat besi yang silang menyilang atau biasa disebut dengan pintu besi harmonika. Perbedaan juga tampak pada cara kerjanya, folding gate digeser dari tengah ke kanan dan ke kiri sedangkan rolling door digulung ke atas untuk membukanya dan ditarik ke bawah untuk menutupnya.

Apa Keunggulan Folding Gate?

Bagi Anda yang berencana membuka usaha pada bagunanan (kios atau ruko) atau untuk garasi kendaraan di rumah, maka folding gate bisa menjadi pilihan untuk terbaik karena banyak keunggulannya. Berikut ini beberapa keunggulan dari folding gate.

  • Sukar dibongkar, dirusak, dan ditembus sehingga lebih menjamin keamanan bangunan dan segala isinya.
  • Awet dan memiliki nilai ekonomis jangka panjang sehingga tidak perlu tenaga dan biaya untuk mengganti dalam waktu dekat.
  • Kuat, kokoh, tahan benturan, dan bersahabat dengan berbagai keadaan suhu dan cuaca.
  • Harganya yang murah dan ekonomis sehingga menghemat anggaran.
  • Mudah penggunaan dan perawatannya

Tips Memilih Folding Gate

Meskipun banyak keunggulan, folding gate tidak selalu dibuat dengan kualitas yang baik. Anda harus cermat dan teliti dalam memilih folding gate. Banyak detail yang harus Anda perhatikan. Jangan sampai setelah Anda membeli folding gate dan diinstalasikan ternyata rusak dalam waktu yang relatif singkat. Untuk menghindari hal itu, maka Anda harus memperhatikan tips-tips memilih folding gate berikut ini.

  • Pilihlah pintu foldinggGate yang berbahan tebal dan sesuai dengan ukuran pintu bangunan yang akan diinstalasi folding gate tersebut.
  • Jangan mudah terkecoh dengan harga murah yang ditawarkan namun produk kurang berkualitas.
  • Tanya spesifikasi lebih detail mengenai ketebalan, harga, fitur-fitur yang dimiliki kepada pihak yang menjual folding gate, baik distributor, supplier, atau reseller. 
  • Mintalah garansi setelah pintu terpasang untuk menghindari masalah teknis jangka pendek.
  • Folding gate menggunakan bearing roda agar mudah digeser, maka pastikan kualitasnya sehingga folding gate yang dapat bekerja secara maksimal.
  • Untuk mencegah daun pintu berkarat, sebaiknya pilih daun pintu yang terbuat dari bahan galvalum.
  • Gunakan cat khusus dan lakukan pelapisan hingga 2 kali pengecatan agar bisa melindungi pintu lebih kuat.

Ketika Anda ingin membeli folding gate, faktor yang tidak kalah penting adalah supplier atau seller dari folding gate tersebut. Anda harus memastikan seller folding gate memiliki track record yang baik dan menjual produk dengan kualitas terbaik. 

Melalui Indotrading, Anda bisa membeli folding gate yang aman dan berkualitas. Anda bisa menemukan berbagai produk folding gate dari tangan pertama, baik produsen, distributor, maupun reseller. Banyak pilihan folding gate di indotrading, sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Anda bisa menyesuaikan dengan bahan dan ukuran bangunan yang ingin diinstalasikan. 

Maka itu, untuk mendapatkan folding gate dari tangan pertama, Anda bisa membelinya secara langsung di Indotrading. Produk-produk folding gate terbaik dari supplier terverifikasi siap Anda kontak kapan saja.

To Top