Bisnis

Mau Berbisnis, Tapi Belum Memiliki Visi Bisnis yang Kuat? Coba Jawab 7 Pertanyaan Ini

visi bisnis

Mengambil langkah untuk membuka bisnis harus dibekali dengan perencanaan yang sangat matang. Bisa dimulai dari hal dasar dulu, yaitu menentukan visi bisnis. Visi menjadi aspek pokok yang diusung untuk bisa menjadi acuan agar bisnis selalu terarah dan menjadi fondasi agar bisa menghadapi segala bentuk rintangan. Biasanya pemilik bisnis akan memiliki waktu tersendiri untuk memikirkan hal ini atau dengan mengajak diskusi partner lainnya. 

Hal ini sangatlah wajar karena memang menentukan visi bisnis tidaklah bisa sembarangan. Mengingat visi akan selalu menjadi patokan dikala bisnis berjalan. Jadi, apabila Anda termasuk pemula dalam merintis bisnis, berikut ini ada 7 macam pertanyaan yang sekiranya bisa memudahkan Anda untuk menentukan visi bisnis dengan tepat:

     1. Apa yang Menjadi Value dalam Bisnis Anda?

Bisnis akan selalu mewakili bagaimana sosok pemiliknya, sehingga kebanyakan pelakon bisnis yang sukses akan selalu menerapkan nilai-nilai penting dalam bisnisnya. Tentu ini merupakan kewajiban yang dilakukan untuk menetapkan nilai yang diterapkan saat menjalankan bisnis. Langkah mudahnya, Anda bisa memulai dari menilai siapa Anda dan hal-hal positif apa saja yang ada di dalam diri anda. Apakah Anda seorang yang profesional, jujur, loyal, pekerja keras dan lain-lain. Dari berbagai nilai inilah yang nantinya bisa membentuk karakter bisnis dan lingkungan kerja Anda. 

Baca juga: Belajar Bisnis Gratis, Bisa Banget dari 5 Channel Youtube Ini

     2. Apa yang Menjadi Fokus Utama pada Bisnis Anda?

Saat membangun sebuah bisnis, Anda harus memiliki fokus utama yang menjadi tujuan mengapa Anda membangun bisnis itu sendiri. Sehingga ketika Anda telah memiliki fokus utama, maka segala kemampuan Anda akan berkonsentrasi penuh pada hal tersebut. 

     3. Akan Seperti Apa Bisnis Anda dalam 10 Tahun Mendatang?

Tidak hanya memikirkan waktu saat ini, pebisnis yang ingin sukses juga perlu memiliki gambaran seperti apa masa depan mereka dalam kurun waktu 10 tahun mendatang. Apakah dengan memperluas target pasar hingga ke berbagai negara Asia, membuka cabang di berbagai provinsi Indonesia atau apapun yang sekiranya menjadi cita-cita bisnis Anda. Lalu, kerahkanlah segala kemampuan yang dimiliki untuk mencapai mimpi-mimpi tersebut, sekaligus libatkan orang-orang terpercaya yang ada bersama Anda. 

     4. Bagaimana Strategi Pemasaran Bisnis Anda?

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara bisa menjual produk bisnis Anda dengan menerapkan strategi pemasaran yang ideal agar bisa menghadapi persaingan yang kian ketat. Jika Anda kurang merasa yakin dengan strategi yang dimiliki, Anda bisa menggunakan bantuan konsultasi profesional untuk mendapatkan langkah-langkah yang maksimal agar tujuan bisnis Anda bisa tercapai. 

     5. Kendala Apa yang Sering Dihadapi Saat Ini?

Setiap jenis usaha, sudah pasti akan menghadapi berbagai macam rintangan yang seringkali membuat kita ingin menyerah. Untuk menyikapinya, Anda perlu berusaha mengoreksi apa saja yang perlu dikembangkan dan solusi seperti apa yang tepat untuk dilakukan. 

     6. Dalam Tahun Pertama, Rencana Bisnis Apa

          yang Akan Dilakukan?

Di saat tahun pertama bisnis berjalan, Anda sebaiknya merencanakan segala sesuatu dengan serinci mungkin. Tulislah hal-hal utama apa yang ingin dicapai dalam bisnis, kemudian tentukan langkah yang bisa dilakukan agar tercapai dengan baik. Umumnya, di tahun pertama para pebisnis akan amat mematangkan strategi  mereka yang telah disusun sejak sebelum bisnis dibangun. 

     7. Jadikan Visi Bisnis Menjadi Fondasi yang Kokoh

Membangun sebuah bisnis, tak bisa dilakukan dalam sekali semalam. Perlu waktu panjang untuk membuat semuanya terancang dengan matang. Termasuk saat menentukan visi bisnis. Bangunlah visi yang kuat agar setiap kondisi yang dihadapi, Anda selalu mampu mengambil langkah dan keputusan yang membawa bisnis Anda pada keberhasilan. 

Baca juga: 5 Pertanyaan Ini Muncul Saat Memulai Bisnis Start-Up

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top