Insight

Apa Saja Manfaat Bahan Tambang Mangan? Ketahui Semuanya Disini

manfaat bahan tambang mangan

Bagi Anda yang suka atau pernah belajar kimia, pasti sudah tidak asing lagi ya dengan unsur kimia bernama “Mangan”. Namun bagi Anda yang mungkin masih asing dengan istilah ini, cari tahu yuk apa itu mangan dan apa manfaat bahan tambang mangan.

Penjelasan Tentang Bahan Tambang Mangan

manfaat bahan tambang mangan 1

Mangan adalah salah satu logam putih keperakan yang memiliki nomor atom 25 dan simbol kimia Mn dari Golongan 7 (VII b) pada tabel periodik. Mangan termasuk logam paling melimpah kelima yang ditemukan di kerak bumi.

Unsur ini tidak ditemukan sebagai elemen di alam, melainkan di banyak mineral seperti manganit, sugilite, purpurite, rhodonite, rhodochrosite, dan pyrolusite. Mangan juga bisa ditemukan pada mineraloid seperti psilomelane dan gumpalan.

Secara kasar, mangan mirip dengan besi dalam sifat fisik dan kimianya, tapi sedikit lebih keras dan rapuh. Mangan sendiri berasal dari bijih mangan, yang umumnya mengandung 25-45 persen mangan, serta sebagian besar ada dalam oksida (atau hidroksida) dan mineral karbonat.

Sebagian besar pasokan bijih mangan dunia berasal dari lapisan batuan sedimen yang terbentuk di lautan purba dalam kondisi khusus. Lebih dari 25 juta ton mangan ditambang setiap tahun. Setelah bijih ditambang, bijih tersebut dipindahkan ke pabrik pemrosesan untuk dileburkan.

Sekitar 80% sumber daya mangan ditemukan di Afrika Selatan, dan sisanya ada ditambang Australia, Cina, India, Ukraina, Brasil, serta Gabon.

Salah satu tambang mangan di Afrika Selatan yang paling terkenal ada di sepanjang Northern Cape (provinsi terbesar di Afrika Selatan). Nama perusahaan tambang tersebut adalah Tshipi é Ntle Manganese Mining, yang memiliki sebuah lubang tambang terbuka baru yang terletak di lading mangan Kalahari.

Adapun salah satu negara yang sangat bergantung pada impor mangan adalah Amerika Serikat.  Baru-baru ini, ditemukan juga sumber potensial tambahan mangan dari nodul dan kerak ferromangan, yang terdapat di dasar laut di banyak bagian lautan dunia.

Saat ini, nodul sebesar ukuran kacang tanah hingga kentang ini sedang menjadi sasaran eksplorasi dan penelitian, yang sebagian besar difokuskan di ekuator Samudra Pasifik. Jika produksinya terbukti berhasil secara teknis, ekonomis, dan legal, maka nodul ini bisa menjadi sumber utama mangan.

Baca Juga: Informasi Mengenai Manfaat Pasir Silika dan Ketahui Pengertiannya

Berbagai Manfaat Bahan Tambang Mangan

manfaat bahan tambang mangan 2

Penggunaan mangan berasal dari Zaman Batu, ketika mangan dioksida dan menciptakan pigmen yang digunakan dalam lukisan gua. Kemudian selama era Mesir dan Romawi Kuno, mangan digunakan untuk menambah warna pada kaca. Sedangkan di zaman modern seperti sekarang, mangan digunakan untuk:

1. Membuat Baja

Saat ditanya tentang apa bahan utama dari baja, sepertinya kebanyakan orang akan menjawab bahwa baja terbuat dari besi. Padahal, bahan utama yang paling banyak digunakan adalah mangan. Meskipun jarang digunakan dalam bentuk murni, tapi mangan sangat penting untuk pembuatan baja.

Sederhananya, Anda tidak dapat membuat baja tanpa mangan. Sekitar 500.000 metrik ton mangan digunakan setiap tahun di berbagai negara untuk industri baja. Penggunaan awal mangan untuk membuat baja dimulai pada sekitar tahun 1860, dan bahan tersebut belum tergantikan hingga saat ini.

Karena itu, mangan dianggap sebagai salah satu komoditas mineral paling penting bagi sejumlah negara terutama Amerika Serikat. Mangan menghilangkan kandungan belerang dan oksigen saat bijih besi diubah menjadi besi, yang bisa membuatnya lebih tahan karat.

Proses ini juga merupakan bagian paling penting yang membantu mengubah besi menjadi baja. Jumlah mangan yang digunakan untuk membuat per ton baja berukuran kecil berkisar antara 6-9 kg. Sekitar 30 persen digunakan selama pemurnian bijih besi, dan 70 persen sisanya digunakan untuk produk baja akhir.

2. Membuat Logam

Mangan murni yang diproduksi secara elektrolitik sebagian besar digunakan untuk membuat tembaga, aluminium, magnesium, nikel dan untuk produksi bahan kimia lain dengan kemurnian tinggi. Fungsi mangan dalam pembuatan logam adalah untuk meningkatkan ketahanan korosi dan sifat mekaniknya.

3. Bahan Pupuk

Mangan termasuk dalam satu dari sembilan nutrisi penting untuk pertumbuhan tanaman. Banyak proses yang bergantung pada nutrisi ini, termasuk pembentukan kloroplas, fotosintesis, metabolisme nitrogen, pertahanan patogen, pensinyalan hormon, dan sintesis beberapa enzim.

Fungsi yang paling banyak dipelajari dalam metabolisme tanaman yang bergantung pada mangan adalah reaksi pemisahan air di PSII, yang merupakan langkah pertama fotosintesis.

Salah satu akibat dari kekurangan mangan pada tanaman adalah gangguan pertumbuhan yang mengakibatkan penurunan biomassa. Karena senyawa mangan tidak terdapat di semua jenis tanah di berbagai negara, maka dibuatlah pupuk berbahan mangan untuk menyuburkan tanaman dan tanah.

4. Sebagai Bahan Pakan Ternak

Secara historis, mangan (Mn) menjadi sumber yang paling umum digunakan dalam nutrisi hewani untuk melengkapi makanan.  Mangan terlibat dalam mengaktifkan enzim yang bertanggung jawab untuk produksi mukopolisakarida dan glikoprotein yang membentuk matriks organik tulang dan tulang rawan.

Karena itu, ternak yang kekurangan mangan dapat memiliki tulang pendek atau cacat, terutama pada janin dari sapi yang makan makanan dengan sedikit mangan. Kadar mangan dalam pakan ayam adalah 40-60 ppm, pakan sapi potong sekitar 20-40 ppm, dan pakan sapi perah sekitar 40 ppm pada bahan kering.

5. Manfaat Bahan Tambang Mangan Lainnya

Penggunaan non-metalurgi mangan bermanfaat untuk:

  • Membentuk feromagnetik (benda-benda yang bisa ditarik oleh magnet).
  • Sebagai campuran katoda baterai dan elektronik.
  • Bahan kimia pengolahan air.
  • Sebagai agen pengoksidasi yang kuat.
  • Ditemukan dalam suplemen multivitamin.
  • Sebagai pewarna dan penghilang warna pada kaca, keramik putih, enamel, dan tembikar.
  • Pewarna untuk undercoating mobil, batu bata, frit, tekstil, dan ubin.

Bagi Anda yang membutuhkan mangan, tidak perlu terbang jauh ke Afrika Selatan atau China, karena di Indonesia juga sudah banyak yang menjual lho. Salah satunya di Indotrading hanya dengan klik disini. Anda bisa langsung dapat harga grosir murah dari supplier dan distributor langsung lho.

To Top