Bisnis

Langkah-Langkah Import Barang China untuk Memulai Usaha

import barang china

Usaha import memang selalu menggiurkan bagi hampir semua entrepreneur muda saat menapaki dunia bisnis. Akan tetapi yang selalu menjadi masalah utama adalah: bisnis import barang seperti apa? Dan dari mana? Lalu, apa cara yang perlu dilakukan? Dan sebagainya. Satu jawaban yang paling memungkinkan, yaitu import barang China. Mengapa? Inilah beberapa alasannya:

  • Sifatnya yang efisien

Keunggulan pertama mengimport barang China adalah efisiensi. Perlu diketahui jika kebanyakan pabrik China mempunyai sistem kecepatan yang menakjubkan. Dari proses produksinya yang dimulai tanpa interupsi atau gangguan, membuat permintaan pasar yang tinggi akan mudah terpenuhi dalam waktu satu hari. Sehingga Anda tak perlu khawatir untuk menunggu barang selesai produksi. 

  • Dapat dikirimkan ke seluruh dunia

Biarpun barang-barang jualan Anda diproduksi oleh China, hal itu tetap tidak menghalangi Anda untuk mengirimkan ke berbagai negara lain. Dengan kata lain, Anda tidak hanya fokus dengan pasar domestik saja, tapi juga pasar internasional.

  • Meminimalisir biaya produksi

Saat mencari supplier barang China, pilihlah yang memiliki peraturan bisnis mudah dan ramah. Dengan bermodalkan dana rendah, suku cadang dan tenaga kerja, Anda bisa memperoleh produk berkualitas tanpa memungut banyak biaya. Kurang lebih Anda akan hemat 20 hingga 30 persen.

Baca juga: Sasar Pasar Australia, 4 Cara Ini Harus Dilakukan Pengusaha RI

  • Kualitas yang cukup ideal

Melihat peningkatan pasar bisnis yang beralih ke China, mau tidak mau China pun berupaya untuk mengembangkan kualitas setiap tahunnya. Apalagi banyak konsumen yang menginginkan produk dengan harga rendah dengan kualitas tahan lama. Inilah yang menjadikan China sebagai negara yang tepat untuk import barang.

Lalu, kira-kira barang China yang seperti apa yang tepat untuk dipilih?

Menemukan pilihan barang yang sesuai untuk bisa dijual terkadang membingungkan. Inilah yang sekiranya bisa menjadi referensi Anda untuk memilih jenis barang import China:

     1. Produk Fashion

import fashion barang china

Dok: Google

Siapa sangka, jika produk fashion buatan China ternyata lebih memiliki banyak peminat dibandingkan produk-produk buatan Indonesia. Hal ini dikarenakan tren fashion China yang selalu up to date dan trendi. Berbagai opsi pernak-pernik fashion yang sangat menarik untuk Anda jual adalah blouse, dress, rok, gaun, sepatu, tas dan lain-lain. 

     2. Perlengkapan Rumah Tangga

aksesoris barang china

Dok: Google

Mencari barang murah yang diimport dari China terutama untuk kategori perlengkapan rumah tangga, akan menjadi tantangan tersendiri. Anda perlu menyesuaikan kebutuhan rumah tangga apa yang sekiranya dicari oleh market di Indonesia. Sekalinya Anda berhasil menjual produk, otomatis pelanggan lain akan tak segan membeli di toko Anda. Banyak berbagai perlengkapan dapur dan rumah tangga yang diproduksi oleh China dengan kualitas yang tak sepele seperti alat pemotong sayuran, penghangat makanan, elektronik dapur dan lain-lain. 

     3. Pernak-pernik yang Lucu dan Unik

import barang china

Dok: Google

Selain menawarkan kualitas produk terbaik, China juga populer dengan produksi pernak-perniknya yang sangat unik dan anti mainstream. Biasanya jenis-jenis barang tersebut berupa hiasan dinding, perlengkapan dekorasi rumah dan sebagainya. Anda juga bisa menjual aksesoris handphone seperti kabel charger, case handphone, phone holder dengan berbagai desain yang tidak pasaran.

Langkah-langkah memulai bisnis import barang China

  • Tentukan target utama bisnis Anda

Dalam semua perihal bisnis, hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah seperti jenis pasar yang Anda targetkan. Kebanyakan para importer memilih semua jenis barang yang menurut mereka bisa terjual cepat. Padahal langkah tersebut adalah salah besar. Anda tidak bisa mengikuti pesaing lain yang menjual produk sama. Untuk itu, sangatlah perlu bagi Anda memilih siapa dan seperti apa target pasar Anda agar bisa menjual produk yang spesifik dan bersifat jangka panjang. 

  • Pilih jenis barang dengan resiko kecil

Hal berikutnya adalah dengan memilih jenis produk dengan resiko kecil, dan tentunya bersifat aman untuk digunakan. Misalnya Anda lebih baik menjual produk seperti aksesoris handphone, aksesoris rumah atau hiasan dinding dibanding memilih produk seperti makanan atau suplemen yang belum tentu baik untuk dikonsumsi. 

  • Pilih barang original alias tidak KW.

Hindari import barang China dengan kualitas palsu atau KW. Apabila Anda menemukan beberapa brand ternama dalam produk buatan China dan tahu jika brand tersebut seharusnya tidak dibuat oleh China, maka kemungkinan besar produk itu KW alias palsu. Banyak sekali para importer yang mudah membeli barang China dengan kualitas rendah, mengingat regulasi hak paten di China yang begitu lemah sehingga memudahkan para produsen untuk membuat barang yang bukan milik hak patennya. 

Baca juga: ‘Kemilau’ Bisnis Mutiara Tawarkan Omzet Hingga Puluhan Juta Rupiah

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top