Insight

Kompresor Angin: Pengertian, Fungsi, dan Jenis

Kompresor Angin: Pengertian, Fungsi, dan Jenis

Kompresor Angin pahami segala hal tentang. Pengertian, Fungsi dan jenis perannya dalam berbagai industri. Kompresor piston, sekrup, sentrifugal, scroll, rotor peralihan, hingga kompresor dinamis, kami jelaskan semuanya. Temukan jenis kompresor yang sesuai dengan kebutuhan Anda di sini.

Kompresor Angin: Pengertian, Fungsi, dan Jenis

Baca Juga : 10 Rekomendasi Kompresor Listrik Terbaik yang Bisa Dibeli (indotrading.com)

Pengertian Kompresor Angin

Kompresor angin adalah perangkat mekanis yang digunakan untuk mengubah energi listrik atau energi mekanis menjadi energi potensial yang tersimpan dalam bentuk udara bertekanan atau gas (biasanya udara). Prinsip kerja kompresor angin adalah dengan menghisap udara dari lingkungan sekitarnya, kemudian menekannya dan menyimpannya dalam tangki tekanan untuk digunakan dalam berbagai aplikasi terdapat juga fungsi dari kompresor ini.

Fungsi Kompresor Angin

Selanjutnya fungsi dari kompresor ini memiliki berbagai fungsi yang penting dalam aplikasi industri dan komersial. Fungsi utamanya adalah mengubah energi mekanis atau listrik menjadi energi potensial yang tersimpan dalam bentuk udara bertekanan atau gas.

Berikut adalah beberapa fungsi kegunaannya :

  • Mengisi ban
  • Menjalankan alat pneumatik
  • Menghasilkan udara bersih untuk keperluan medis
  • Menghasilkan udara kering untuk keperluan elektronik
  • Menghasilkan udara bertekanan tinggi untuk keperluan industri

Fungsi-fungsi ini menjadikan komponen penting dalam berbagai industri, membantu meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas dalam berbagai proses.

Jenis Jenis Kompresor

Kompresor ini memiliki berbagai jenis, seperti kompresor piston, kompresor sekrup, dan kompresor sentrifugal, yang masing-masing memiliki karakteristik dan aplikasi khusus.

Kompresor piston

Pertama-pertama ada kompresor piston adalah jenis kompresor yang menggunakan piston untuk memampatkan udara atau gas. Kompresor ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu silinder dan piston. Piston bergerak naik dan turun di dalam silinder, sehingga udara atau gas yang berada di dalam silinder akan tertekan.

Kompresor sentrifugal

Selanjutnya ada kompresor sentrifugal adalah jenis kompresor yang menggunakan gaya sentrifugal untuk memampatkan udara atau gas. Kompresor ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu impeller dan diffuser. Impeller berputar dengan kecepatan tinggi, sehingga udara atau gas yang berada di dalam impeller akan terlempar keluar. Udara atau gas yang terlempar keluar kemudian akan dikompresi oleh diffuser.

Demikian penjelasan pengertian, fungsi dan jenis kompresor angin. Untuk pilihan kompresor angin terbaik lainnya, Anda bisa memilih langsung dari supplier terverifikasi hanya di website indotrading.

To Top