Economy and Business

Keuntungan Sewa Scaffolding untuk Efisiensi Biaya Konstruksi

Keuntungan Sewa Scaffolding untuk Efisiensi Biaya Konstruksi

Keuntungan Sewa Scaffolding Sebagai Pengganti Anggaran Pembelian Perancah Berbahan Kayu / Bambu.

Scaffolding (Perancah) atau masyarakat Indonesia lebih mengenal dengan sebutan steger. Scaffolding merupakan peralatan kerja tukang bangunan yang dibuat sementara dan digunakan sebagai penyangga untuk tenaga kerja proyek tertentu seperti gedung dan rumah yang lebih dari satu lantai. Biasanya perancah bangunan dibuat jika bangunan sudah mencapai ketinggian diatas 2 meter atau tidak bisa dijangkau langsung oleh pekerja proyek atau tukang.


Secara umum, scaffolding berbentuk sistem modular dari pipa atau tabung logam. Namun, masih ada juga model yang dibuat dari bahan-bahan lain. Di beberapa negara Asia seperti Indonesia masih banyak perancah yang dibuat dari bambu atau kayu yang disusun seperti halnya perancah yang terbuat dari besi / baja.

Namun, sebenarnya penggunaan perancah dengan menggunakan kayu atau bambu merupakan pemborosan untuk pengerjaan sebuah konstruksi atau proyek. Karena menggunakan kayu dan bambu pastinya akan menambah anggaran yang sangat besar. Namun, di era yang sudah modern seperti sekarang ini, kita tidak perlu lagi menganggarkan dana lebih untuk pembelian kayu dan bambu. Hal tersebut bisa digantikan dengan kita cukup sewa scaffolding untuk menggantikan perancah berbahan bambu tersebut.

Dengan menggunakan jasa sewa steger yang tidak sulit kita cari di daerah kita, maka hal ini tidak menjadi masalah besar untuk efisiensi biaya konstruksi gedung atau rumah yang akan kita bangun.

Baca juga : Peluang Bisnis Sewa Toilet Portable Yang Banyak Dicari Orang

Perlu diketahui bahwa steger modern merupakan yang terbuat dari pipa besi atau baja dengan ukuran dan presisi yang tepat sehingga mempunyai kekuatan dalam menopang beban berat yang ada di atasnya. Selain presisi dan kuat, perancah modern juga sudah teruji dari tingkat keamanannya. Dalam pembangunan atau konstruksi, kebutuhan perancah tergantung pada pemilik proyek yang akan digunakan.

Dalam 1 Set Scaffolding terdiri dari apa saja ?

Dalam satu paket atau satu set scaffolding umunnya terdiri dari beragam komponen yang disatukan dan dirangkai menjadi satu bagian utuh, berikut komponen-komponennya :

Gbr : Bagian-bagian Komponen Scaffolding

1. Roda ( Swivel Castrol ) merupakan bagian terpenting yang berfungsi untuk menggeser atau memindahkan agar lebih mudah.
2. Joint Pin, adalah bagian yang digunakan untuk menghubungkan antara tiang utama dan tiang dasar.
3. Main Frame, bagian yang sangat penting yaitu sebagai tiang penyangga.
4. Cross Brace, merupakan bagian penyangga yang dipasang menyilang pada stegger.
5. Ladder Frame, merupakan bagian penyangga samping yang vertical.
6. Arm Lock, merupakan bagian pengunci sambungan tiang steger.
7. CatWalk, bagian yang digunakan untuk pijakan kaki saat berada di bagian atas.
8. Main Frame, merupakan bagian yang berfungsi penyekat horizontal bagian tengah.

Berapa harga sewa Scaffolding ?

Jika kamu masih penasaran dengan berapa harga sewa steger / scaffolding per bulannya, kamu bisa mengetahui informasi yang kami rangkum untuk update terbaru rata-rata harga sewa per item / komponennya. Lebih jelasnya kamu bisa lihat di bawah ini :

KomponenRata2 Harga Sewa Perbulan
Main Frame 190 cmIDR 10.000 /Part
Main Frame 170 cmIDR 10.000 /Part
Leader  90 cmIDR 9.500 /Part
Crose Brase 220cmIDR 8.500 /Part
Crose Brase 190 cmIDR 8.500 /Part
Join PintIDR 5.000 /Part
Jack Base 40 cmIDR 9.000 /Part
Jack Base 60 cmIDR 10.000 /Part
Pipa SupportIDR 49,000 /Part
U-Head 40 cmIDR 8.500 /Part
U-Head 60 cmIDR 10.000 /Part
CatwalkIDR 44.000 /Part
Clam DiaIDR 6,000 /Part
Roller Catter/RodaIDR 34.000 /Part
Stair Frame/TanggaIDR 49.000 /Part

 

*Harga dirangkum dari beberapa sumber jasa penyewaan steger di wilayah Jakarta. Mungkin di beberapa lokasi bisa berbeda-beda.

Dari beberapa informasi update terbaru harga sewa steger masing-masing komponen atau satu set seperti pada tabel diatas, mudah-mudahan bisa membantu kamu untuk mendapatkan referensi harga yang sesuai untuk mendapatkan jasa penyewaan perancah termurah dan terbaik di lokasi terdekatmu. Sehingga setiap bisnis proyek konstruksi atau pembangunan rumah kamu bisa lebih efisien dalam pengeluaran anggaran belanja.

To Top