Tips dan Trik

Ketahui Lebih Lanjut apa itu Penangkal Petir dan Jenis-jenis Sistemya!

jenis sistem penangkal petir

Penggunaan penangkal petir pada gedung atau rumah sangatlah penting pada suatu bangunan. Semakin tinggi bangunan yang digunakan , maka semakin tinggi juga resiko tersambar petir.

Hal ini dikarenakan petir mengandung tegangan listrik yang cukup tinggi, sehingga dapat membahayakan nyawa dan merusak lingkungan. Sehingga sangat penting memiliki penangkal petir.

Jika anda tertarik membeli produk penangkal petir, anda bisa klik disini! untuk mendapatkan produk penangkal petir berkualitas dan terpercaya. agar anda tak salah dalam membeli penangkal petir, tim Indotrading news akan membahas lebih dalam mengenai Penangkal Petir. Berikut pembahasannya:

Apa itu Penangkal Petir

Penangkal petir merupakan rangkaian jalur yang berfungsi sebagai jalan untuk petir menuju permukaan bumi tanpa merusak benda yang dilewatinya.

penangkal petir

Terdapat tiga komponen utama pada penangkal petir yaitu Air Terminal (Head), kawat konduktor, dan grounding atau tempat pembumian. Ketiga komponen inilah yang berperan menghantarkan arus listrik pada petir ke permukaan bumi.

a. Air Terminal (Head)

Air terminal adalah komponen penangkal petir yang ada pada bagian ujung atas. Umumnya bentuk dari air terminal ini menyerupai ujung tombak. Pada penangkal elektrostasis, Air Terminal head cenderung lebih besar dan lebar menyerupai payung.

Fungsi air terminal adalah untuk menjadi sasaran sambaran petir. Sehingga petir bisa langsung diproses.

b. Konduktor

Merupakan kabel bagian dari komponen penangkal petir yang berupa jalinan kawat tembawa. Biasanya jalinan kabel ini berdiameter 1cm hingga 2.cm

Kabel konduktor sendiri berfungsi untuk meneruskan aliran muatan listrik ke tanah. Kabel konduktor ini biasanya di pasang pada dinding bagian luar bangunan atau gedung.

c. Grounding

Grounding merupakan bagian penangkal petir yang berada di dalam tanah. Untuk pembuatan serta penempatannya pun tak boleh berada terlalu dekat dengan rumah.

Hal ini guna menjauhkan bahaya tegangan listrik yang sampai pada aliran grounding. inilah yang menyebabkan kontruksi bangunan membutuhkan penangkal petir, guna menghindari petir  yang membawa tegangan listrik.

Setelah mengetahui komponen yang ada pada penangkal petir, berikut Jenis-jenis sistem penangkal petir yang wajib anda ketahui!

Jenis Sistem Penangkal Petir

a. Sistem Penangkal Petir Komponen Alami

Jenis penangkal petir ini menggunakan bagian dari struktur atau bangunan yang dapat berpartisipasi dalam perlindungan eksternal untuk menangkap sambaran petir atau mengalirkan arus petir. Mereka dapat digunakan untuk mengganti semua atau sebagian konduktor down atau sebagai tambahan untuk instalasi eksternal.

Komponen-komponen yang digunakan sebagai penangkal petir komponen alami tidak boleh tersentuh langsung oleh pengguna gedung karena dapat menimbulkan efek yang buruk pada tubuh.

Biasanya, sistem ini terdiri dari bingkai konstruksi logam, pelapis logam dari dinding atau kelongsong logam, pipa atau tangki logam dan lain sebagainya.

Semua elemen tersebut harus memenuhi persyaratan ketebalan, penampang dan kontinuitas sehingga dalam penggunaannya tidak menjadi masalah yang sulit,

Kelebihan dari penangkal petir alami ini adalah sederhananya metode pemasangan dan rendahnya biaya yang dikeluarkan dari jenis sistem lainnya.

Namun penangkal petir ini tetap memiliki kekurangan yaitu harus melakukan pemeriksaan rutin listrik, identifikasi bagian-bagian struktur yang terlibat dalam perlindungan, dan kemungkinan penghapusan sebagian atau total elemen yang berpartisipasi dalam perlindungan saat bangunan dimodifikasi

b. Sistem Penangkal Petir Faraday

Penangkal petir faraday atau proteksi petir sangkar ini terdiri dari konduktor bertautan yang menutupi atap, dan dinding bangunan yang akan dilindungi.

Sistem ini memiliki terminal berupa tiang-tiang penangkal yang kecil dengan diposisikan di sekitar tepi atap, dan titik-titik tertinggi bangunan. Sistem ini juga dilengkapi dengan elemen transversal serta jaringan konduktor yang mengikuti parimeter eksternal atap.

Untuk jarak antar terminal pada sistem faraday ini berkisaran antara 5 meter hingga 20 meter sesuai dengan efektivitas yang dibutuhkan. Sedangkan jarak antara dua konduktor yaitu sekitar 10 meter sampai 20 meter sesuai dengan tingkat proteksi petir yang diperlukan.

Biasanya jenis sistem faraday ini diaplikasikan pada gedung bertingkat, hotel ataupun mall yang area bangunannya cukup luas.

Kelebihan dari sistem ini adalah jangkauan sistem yang berdiameter cukup besar. Namun, kekurangannya adalah butuhna cangkup ruang yang besar dinilai sulit untuk dilakukan mengingat wilayah yang semakin terbatas.

Baca juga: 10 Penangkal Petir Terbaik, Buat Hunian Anda Lebih Aman!

c. Sistem Penangkal Petir Kawat Catenary

Serupa dengan prinsip sistem penangkap petir Faraday, sistem ini terdiri dari mesh konduktor tetapi pada jarak yang cukup jauh dari bangunan yang akan dilindungi. Tujuannya adalah untuk menghindari arus petir yang bersentuhan langsung dengan bangunan.

Jenis sistem  ini mensyaratkan studi mekanis tambahan yaitu ketahanan material untuk tiang, tekanan tanah yang harus memenuhi syarat, ketahanan terhadap angin serta cuaca dan lain-lain.

Biasanya jenis sistem Canetary ini digunakan untuk melindungi area terbuka seperti taman terbuka, pusat olahraga terbuka, objek wisata terbuka, pantai dan lain sebagainya.

Kelebihan yang terdapat pada sistem ini adalah perlindungan zona terbuka, sehingga jika berada tersebut aman dari sambaran petir. Namun kekuranngannya adalah Kabel catenary dapat menjadi bahaya dalam menangani area di mana peralatan pengangkat digunakan, Serta tidak estetis karena memiliki kompleksitas pada struktur.

d. Sistem Penangkal Petir Franklin

Sistem ini ditemukan oleh Benjamin Franklin pada 1753. Konduktor petir ini terdiri dari batang logam runcing setinggi 2 meter hingga 8 meter yang berada dipuncak struktur.

Produk ini dilindungi serta terhubung ke minimal dua konduktor yang mengalirkan dua sistem grounding.

Dikarenakan radius perlindungan ini cukup kecil, yaitu sekitar 30 meter, biasanya sistem franklin hanya digunakan pada struktur bangunan kecil seperti rumah ataupun area yang dibawah radius 30 meter.

Kelebihan dari sistem ini adalah mudahnya pemasangan, ekonomis, dan dapat diintegrasikan dengan mulus secara rapi dalam struktur bangunan. Namun kekuranngannya adalah radius penjagaan dari penangkal petir ini hanya beradius 30 meter.

Itulah ke empat sistem penangkal petir yang harus diketahui sebelum membeli. Pastikan produk yang anda pilih sesuai dengan budget dan kebutuhan anda.

Rekomendasi Penangkal Petir Terbaik

Setelah mengetahui komponen dan jenis-jenis sistem pada penangkal petir, berikut beberapa produk penangkal petir rekomendasi dari Indotrading  yang bisa anda jadikan referensi dalam membeli.

a. Penangkal Petir Kurn

Siapa yang tak kenal produk penangkal petir dari kurn? memiliki kualitas terbaik, penangkal petir Kurn merupakan unit penangkal petir lokal dari Indonesia yang mempunyai sertifikasi standar keamanan sambaran petir nasional.

penangkal petir kurn Memiliki beragam jenis produk penangkal petir yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Selain itu, Keunggulan lain dari penangkal petir ini adalah memiliki objektivitas perlindungan yang cukup luas dan mudah diinstalasikan.

Jika anda tertarik membelinya, anda dapat mendapatkan produk penangkal petir Kurn terbaik dari Indotrading

b. Penangkal Petir Viking

Produk penangkal petir viking juga menjadi produk yang bisa anda jadikan referensi.  Penangkal petir viking memiliki banyak tipe yang memiliki spesifikasi kinerja yang berbeda sesuai dengan fitur-fitur perlindungan yang disediakan.

Namun, secara umum produk penangkal petir dari Viking umumnya berbahan stainless steel yang sangat cocok untuk setiap lingkungan korosif. Selain itu produk dari viking dirancang untuk kedua petir positif dan negatif, kehandalannya telah diuji di laboratorium tegangan tinggi dengan LMK.

Jika anda tertarik membelinya anda dapat mendapatkan produk penangkal petir viking yang berkualitas, dan terpercaya di  Indotrading.

Itulah rangkuman pembahasan mengenai penangkal petir, pastikan untuk menyesuaikan bangunan dengan jenis penangkal petir yang hendak dibeli. Jika anda tertari membeli berbagai penangkal petir terbaik dari supplier terpercaya, anda dapat melihatnya di Indotrading.

banner seller
To Top