Insight

Manakah dari Kedua Jenis Mikropipet Berikut yang Paling Bagus?

jenis-jenis mikropipet

Alat-alat laboratorium seperti mikropipet adalah alat yang banyak dicari dan digunakan untuk berbagai keperluan, tidak hanya untuk penelitian, tetapi juga dalam rangka pengembangan dan uji kualitas. Anda tidak perlu kesulitan lagi dalam mencari alat-alat laboratorium karena ada kami, Indotrading yang memiliki ratusan supplier yang siap menyediakan alat-alat laboratorium termasuk jenis-jenis mikropipet sesuai keperluan Anda.

Mengapa Menggunakan Indotrading

Alat-alat laboratorium seperti Mikropipet merupakan sebuah alat yang banyak digunakan untuk melakukan pengujian terutama mengambil cairan dengan jumlah yang sangat sedikit. Sayangnya, supplier yang menyediakan alat laboratorium tersebut tersebar luas di Indonesia. Dengan bantuan sebuah marketplace seperti Indotrading, kini Anda bisa dengan mudah mencari supplier yang siap membantu Anda menyediakan alat-alat laboratorium.

Indotrading adalah sebuah website marketplace penyedia jasa terlengkap untuk berbagai kebutuhan Anda, termasuk menyediakan berbagai supplier untuk kebutuhan alat-alat laboratorium. Anda kini tidak perlu lagi pergi berpanas-panasan ke toko-toko alat laboratorium. Cukup duduk di depan komputer dan cari berbagai supplier terpercaya di tempat kami.

Apa Itu Mikropipet?

Mikropipet atau pipet mikro merupakan sebuah alat laboratorium yang cukup umum digunakan. Alat-alat seperti ini banyak digunakan baik untuk keperluan akademis maupun keperluan komersil perusahaan. Sama halnya dengan pipet yang sudah sering kita dengar, pipet mikro bertujuan untuk mengambil larutan, tetapi dalam ukuran volume kecil hingga dalam ukuran mikro.

Manfaat Menggunakan Pipet Mikro

jenis-jenis mikropipet

Adanya alat-alat bantu dalam laboratorium dapat membantu Anda dalam melakukan berbagai pekerjaan yang tidak Anda lakukan secara langsung seperti pengambilan cairan dalam jumlah kecil. Untuk itu, Anda membutuhkan bantuan alat berbentuk pipet canggih berukuran mikro. Alat tersebut juga memiliki manfaat lainnya yang membantu Anda melakukan pekerjaan di laboratorium seperti berikut.

1. Memindahkan Cairan dalam Jumlah Kecil secara Akurat

Mikropipet bermanfaat untuk membantu melakukan pemindahan cairan dalam jumlah kecil hingga ukuran mikro. Pemindahan cairan dalam jumlah kecil ini bisa dalam rangka pengambilan sampel uji berbentuk cairan atau juga ketika ingin melakukan reaksi kimia. Pemindahan cairan dengan jumlah yang sangat sedikit tentu bukanlah hal yang mudah.

Agar dapat melakukan pekerjaan itu, Anda bisa menggunakan alat laboratorium seperti mikropipet. Alat laboratorium berbentuk panjang itu dilengkapi dengan lubang untuk proses keluar masuknya cairan. Selain itu, dilengkapi juga dengan tampilan berbentuk digital yang memudahkan Anda untuk mengetahui jumlah volume secara akurat.

2. Mudah Dikalibrasi

Kalibrasi merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengembalikan kondisi alat agar tetap akurat. Tingkat keakuratan sebuah alat akan terus menurun seiring dengan seringnya penggunaan alat tersebut. Padahal, pekerjaan dalam laboratorium merupakan jenis pekerjaan yang sangat membutuhkan ketelitian dan keakuratan yang tinggi. Oleh sebab itu, setiap alat bantu laboratorium haruslah dikalibrasi.

Begitu pula dengan pipet, sebuah alat laboratorium yang sangat dibutuhkan tingkat keakuratannya. Untuk melakukan kalibrasi pada alat laboratorium tersebut sangat mudah dengan desain khusus yang sudah tersemat di dalamnya. Sebagai marketplace penyedia alat-alat laboratorium, supplier yang bekerja sama dengan kami memiliki alat laboratorium canggih sehingga memudahkan Anda melakukan kalibrasi.

3. Alat Canggih Mudah Digunakan

Suatu pengujian dalam laboratorium, Anda akan diharuskan untuk mengambil cairan dalam jumlah kecil, bahkan hingga dalam ukuran mikro. Anda tidak bisa melakukan hal tersebut menggunakan alat laboratorium lainnya seperti gelas ukur atau pipet biasa. Untuk melakukannya, Anda perlu menggunakan pipet yang mampu mengambil cairan dalam ukuran mikro.

Indotrading, sebagai marketplace terlengkap memiliki berbagai supplier terbaik yang menyediakan pipet khusus yang mampu membantu Anda mengambil cairan dalam ukuran mikro. Pipet tersebut sudah memiliki tombol otomatis yang mampu menyedot cairan sesuai dengan ukuran yang Anda sudah diatur menurut kebutuhan. Tak hanya itu, pipet mikro canggih juga menggunakan display digital yang membuat Anda mengetahui volume larutan yang diambil.

Jenis-Jenis Mikropipet

Berdasarkan rentang volume yang bisa diambil, terdapat dua jenis pipet mikro yang bisa digunakan untuk mengambil cuplikan dalam bentuk larutan sesuai dengan volumenya. Pipet pertama disebut dengan Fixed Volume Pipet sementara pipet kedua disebut dengan Variable Volume Pipet. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis mikropipet yang perlu Anda ketahui:

1. Fixed Volume Pipet

jenis-jenis mikropipet

Pada jenis Fixed Volume, Anda tidak bisa mengubah-ubah ukuran volume yang ingin Anda ambil. Masing-masing pipet sudah memiliki ukuran khusus yang tetap. Sehingga volume yang terambil oleh pipet jenis ini selalu tetap. Dengan menggunakan pipet jenis ini, Anda tidak perlu repot-repot lagi mengatur volume yang ingin Anda ambil setiap kali melakukan pengujian.

Anda bisa mengurangi kesalahan dalam pengambilan larutan berukuran mikro dengan Fixed Volume Pipet. Sehingga bila Anda ingin mengambil volume secara tetap, Anda bisa menggunakan pipet jenis ini. Kekurangannya adalah, Anda membutuhkan pipet dengan jumlah banyak bila ingin melakukan variasi volume pada cairan yang ingin Anda cuplik.

2. Variable Volume Pipet

jenis-jenis mikropipet

Sebaliknya, bila Anda ingin mengambil volume cairan berukuran mikro dengan berbagai macam variabel volume, Anda bisa menggunakan Variable Volume Pipet. Pada jenis ini, pipet memiliki berbagai rentang ukuran volume yang bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan. Namun sayangnya, Variable Volume Pipet kurang ideal karena memiliki tingkat error yang lebih tinggi dibandingkan Fixed Volume Pipet.

Namun, kelebihan Variable Volume Pipet adalah Anda tidak memerlukan pipet dalam jumlah banyak ketika melakukan proses pengambilan cairan. Anda cukup memiliki satu buah Variable Volume Pipet yang bisa digunakan untuk mengambil cairan dengan berbagai ukuran volume, bahkan mencapai ukuran mikro sekalipun. Cukup membeli Variable Volume Pipet yang sesuai dengan rentang yang Anda inginkan.

Baca juga: Uji Ketahanan Produk Rubber Anda dengan Rheometer

Jasa Marketplace Pipet Mikro Canggih Terlengkap

Untuk mendapatkan pipet mikro volume yang canggih, Anda tidak perlu pergi dari ke toko laboratorium. Kami merupakan marketplace yang menyediakan jenis-jenis mikropipet terlengkap di seluruh Indonesia. Kami bekerja sama dengan banyak supplier yang akan membantu menyediakan pipet mikro untuk kebutuhan Anda.

To Top