Review Produk

Kabel Data iPhone Cepat Rusak? Mungkin Ini Penyebabnya

Keberadaan smartphone pada saat ini rasanya tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari. Hadirnya beragam merk smartphone yang menawarkan fitur-fitur mumpuni membuat kita semakin tergiur dengan kecanggihannya. Contohnya saja iPhone, smartphone lahiran negara California ini termasuk merk yang cukup populer di Indonesia. Ia begitu disukai karena mampu mengusung konsep touch-screen yang fungsional, desain minimalis nan berkelas, dan tentunya bekal aplikasi yang sangat canggih. Namun sayangnya, tak sedikit para konsumen yang mengkhawatirkan durabilitas aksesoris iPhone terutama pada kabel data. Ya, pasalnya kabel data iPhone terkenal mudah rusak dan tidak awet. Banyak konsumen yang berasumsi bila kondisi ini memang disengaja oleh pihak Apple itu sendiri untuk menunjang profit penjualan produk. Apalagi harga kabel data iPhone memang terkenal selangit. 

Lalu, apa yang menyebabkan kabel cas iPhone mudah rusak dan bagaimana langkah prevensi yang bisa Anda lakukan? Yuk, simak bersama ulasan lengkapnya berikut ini!

Kabel Casan iPhone dengan Label PVC-free

Saat Anda membeli hp iPhone baru, coba perhatikan bagian box kemasannya. Kemungkinan besar Anda akan menemukan label yang bertuliskan PVC-free, yang diartikan bila komponen iPhone benar-benar terbebas dari material plastik PVC (Polyvinyl Chloride) atau dikenal sebagai material dengan tingkat durabilitas tinggi, bersifat padat dan tentu tahan lama. Akan tetapi, saat ini Apple sepenuhnya mendukung gerakan “ramah lingkungan” yang dirancang oleh organisasi aktivis lingkungan yakni Greenpeace, dengan menghindari segala jenis material yang tidak dapat terurai (terdegradasi). Maka itu, tidak mengejutkan bila kabel charger iPhone sekarang rentan tidak awet. 

Desain Kabel Charger yang Kurang Baik

Nah, dikarenakan Apple tidak lagi memproduksi aksesoris kabel data berbahan PVC, sebagai gantinya Ia menggunakan material plastik yang lebih tipis dan ringan. Jelas saja, kualitas pada kabelnya menjadi sensitif baik saat dilipat maupun tidak. Kemudian pada bagian ujung kabel charger iPhone yang bernama Strain Relief, dimana berperan sebagai pelindung kabel tidaklah mampu melindungi secara penuh. Karena Apple pun menggunakan bahan Strain Relief yang begitu tipis dan mudah patah. Solusinya, mau tak mau Anda harus membeli merk kabel data lain yang diproduksi oleh pihak ketiga Apple. Namun masalahnya, harga jual kabel data pihak ketiga biasanya dibandrol 30% lebih tinggi dibanding kabel asli produksi Apple itu sendiri. 

Penggunaan Kabel yang Kurang Berhati-Hati

Poin ketiga tentunya berasal dari pemakaian kita sendiri yang tidak berhati-hati. Seperti saat menggulung, menyimpan dan mencabut ujung kabel secara sembarangan. Dengan begitu, lakukanlah secara cermat saat menggunakan kabel cas iPhone agar bisa bertahan lama. 

Baca juga: 3 Hal yang Dapat Mendatangkan Banyak Profit dari Internet

Langkah Mudah Merawat Charger iPhone Agar Tetap Awet

Rasanya memang kurang memuaskan bila kita menggunakan aksesoris smartphone yang bukan dari label resminya. Begitupun pada pemakaian charger iPhone yang populer dengan harga yang tidak tanggung-tanggung. Nah, supaya kabel Anda bisa tetap awet, ini dia beberapa tips perawatan yang bisa diikuti: 

  • Setiap selesai menggunakan, gulunglah kabel dengan benar. Hindari menekuk pada bagian yang berdekatan dengan konektor.
  • Supaya lebih aman, Anda bisa menggunakan aksesoris tambahan untuk pelindung kabel seperti per pulpen atau cable protector yang sudah banyak terjual di pasaran.
  • Hindari pemakaian handphone saat pengisian daya baterai. Hal ini memungkinkan kondisi kabel yang mudah terlilit dan patah.
  • Bila sudah selesai mengisi daya, tarik bagian konektor kabel secara perlahan dan jangan menarik bagian kabel atau Strain Relief.

Bagaimana? Cukup mudah untuk diikuti bukan? Yang pasti Anda sangat perlu untuk disiplin saat memakai aksesoris smartphone agar tidak terjadi kerusakan secara dini. 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top