Insight

Ketahui Jenis Jenis Pallet Plastik yang Sesuai Untuk Kebutuhan Pergudangan dan Logistik Anda

pallet plastik adalah

Dalam Jalur perdagangan atau logistik barang, penggunaan pallet sangat dibutuhkan. Salah satu jenis pallet yang paling umum digunakan sebagai alas penyimpanan atau wadah untuk menampung barang yang hendak di distribusikan adalah Pallet plastik.

Penggunaan pallet yang satu ini lebih banyak digunakan dari jenis pallet lainnya. Hal tersebut karena penggunaannya dinilai lebih praktis. Selain jenis pallet yang satu ini dinilai lebih beragam serta perawatannya yang cukup mudah.

Untuk memudahkan Anda mengetahui jenis plastik yang umum digunakan untuk pallet, serta bagaimana tips dalam merawatnya, Pada kesempatan kali ini Tim Indotrading News akan membahas Pallet Plastik lebih dalam.

Sebelum membaca lebih jauh, Anda dapat menemukan Pallet plastik terbaik dan berkualitas di Indotrading.

Pallet Plastik

pallet plastik adalah

Pallet Plastik Adalah salah satu jenis pallet yang dibuat menggunakan bahan dasar plastik yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk meletakkan barang-barang dengan tujuan untuk memudahkan dalam proses penyimpanan, perhitungan, dan transportasi.
Jenis pallet ini banyak dipakai untuk membantu kinerja operasional di pergudangan, pabrik, pengiriman barang, juga industri. Dalam proses memindahkan dan mengangkat pallet, biasanya menggunakan alat bantu angkat seperti hand pallet, hand stacker ataupun forklift.

Jenis Material plastik yang Umum Digunakan untuk Pallet

Pallet plastik sendiri umumnya memiliki karakteristik yang berbeda beda. Hal tersebut karena material plastik yang digunakan dalam pembuatan pallet dapat mempengaruhi cara penggunaan dan pengaplikasiannya. Untuk memudahkan Anda, berikut beberapa jenis plastik yang umum digunakan sebagai bahan pembuatan pallet:

1. Polyvinyl Chloride

Polyvinyl Chloride (PVC) merupakan salah satu termoplastik yang umum digunakan sebagai material pembuatan pallet. Jenis plastik ini sangat padat, keras, dan memiliki tensile strength yang sangat baik. PVC juga cenderung mudah untuk dimodifikasi– dengan menambahkan aditif untuk membuatnya menjadi kaku atau fleksibel sesuai kebutuhan.

Meskipun memiliki beragam fitur yang memudahkan dalam logistik atau pergudangan, PVC cenderung menjadi rapuh pada suhu rendah, sehingga pallet yang terbuat dari bahan ini tidak cocok digunakan untuk mengirim logistik produk yang membutuhkan suhu dingin.

2. Acrylonitrile Butadiene Styrene

Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS) merupakan jenis plastik yang sangat kuat, sehingga jenis plastik ini sangat cocok digunakan sebagai material bahan pembuatan pallet plastik.

Meskipun bahan ini dinilai sangat kuat dan tahan terhadap benturan, jenis plastik ini tidak cocok diaplikasikan untuk produk kontainer atau kemasan yang berkontak langsung dengan makanan.

3. Polyethylene

Polyethylene (PE) adalah material plastik yang paling umum digunakan untuk berbagai kebutuhan. Jenis plastik ini merupakan salah satu plastik paling sederhana dan memiliki densitas yang variatif.

PE sendiri merupakan salah satu material pembuatan pallet yang juga sangat kuat, dan stabil pada suhu tinggi maupun rendah. Sehingga jenis plastik ini cocok digunakan sebagai pilihan untuk pallet berkualitas tinggi karena kekuatannya, stabilitasnya di rentang suhu yang luas, juga kemudahannya untuk didaur ulang.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Harus Memilih Pallet Plastik Untuk Menunjang Kebutuhan Pabrik

Jenis Jenis Pallet Plastik

Pallet plastik sendiri memiliki beragam jenis untuk memudahkan dalam penggunaan dan penyimpanan. Untuk memudahkan Anda, berikut pembahasannya:

1. Nestable

PALLET plastiK Nestable

Jenis pallet ini merupakan pallet yang memiliki kaki atau atau penyangga pallet agar tidak langsung bersentuhan dengan alas. Umumnya bentuk kaki pallet ini menyerupai mangkok, yang diatasnya kaki tersebut terdapat ruang kosong. Ruang kosong tersebut bertujuan untuk menghemat ruang penyimpanan. Sehingga ketika jenis pallet ini tidak digunakan, pallet ini bia ditumpuk, dan kaki pallet bisa saling masuk.

Umumnya jenis pallet ini digunakan sebagai tatakan untuk kegiatan distributor logistik maupun sebagai tatakan untuk produk dalam gudang.

2. One Way Series

pallet plastik One Way Series

Jenis pallet yang satu ini adalah jenis pallet yang paling banyak digunakan untuk pengemasan untuk kebutuhan cargo. Penggunaannya banyak dipilih karena jenis pallet ini memiliki daya tahan yang cukup tinggi, akan tetapi tidak dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga penggunaannya tidak terlalu kuat,

Pallett yang satu ini juga umum digunakan untuk mendistribusikan perangkat elektronik, makanan, hingga pendistribusian obat-obatan.

3. Medium Duty Series

pallet plastik Medium Duty Series

Berbeda dengan jenis pallet sebelumnya, jenis pallet yang satu ini merupakan jenis pallet yang sangat umum digunakan untuk penyimpanan barang di pergudangan.

Jenis pallet ini dapat digunakan untuk racking dan flat stacking. Penggunaannya cocok untuk penyimpanan produk elektronik, kelistrikan, petrokimia, hingga penyimpanan produk makanan dan minuman. Penggunaan pallet ini cukup mudah karena memiliki alas yang kuat anti slip, serta mudah digunakan.

4. Heavy Duty Series

pallet plastik HEAVY DUTY SERIES

Jenis palet ini merupakan jenis pallet yang paling kuat karena dapat digunakan untuk produk yang total beratnya mencapai 15.000 kg. Ukuran dari pallet ini juga cukup besar yaitu 1.5 X 1.2 meter.

Pallet yang satu ini banyak digunakan untuk penyimpanan atau pendistribusian barang yang cukup berat seperti spare part untuk alat berat, bahan baku pupuk, hingga produk tambang.

5. Hygiene Series

pallet plastik Hygiene Series

Jenis Pallet yang satu ini merupakan jenis pallet yang identik dengan barang yang perlu ruang bersih, dan higienis. Umumnya pallet jenis ini digunakan untuk penyimpanan, atau pendistribusian makanan dan obat-obatan.

Yang membedakan pallet ini dengan jenis pallet lainnya adalah dari tampilan atas pallet yang terlihat rata dan tanpa lubang-lubang, sehingga jenis pallet ini lebih mudah dibersihkan.

Itulah pembahasan mendalam mengenai pallet plastik yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya. Jika Anda telah menentukan jenis pallet apa yang hendak digunakan untuk , Anda dapat menemukan berbagai pilihan Pallet Plastik berkualitas dari Supplier terpercaya di Indotrading.

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top