Insight

5 Alasan Kenapa Harus Memilih Pallet Plastik Untuk Menunjang Kebutuhan Pabrik

pallet plastik

Dalam dunia perdagangan dan logistik, pallet plastik merupakan benda yang sudah tidak asing lagi. Pasalnya, pallet yang terbuat dari plastik ini digunakan sebagai alas untuk menyimpan persediaan barang di gudang atau sebagai wadah menampung produk saat didistribusikan. Penggunaan pallet ini sangatlah penting karena dapat memberikan kemudahan dalam proses logistik.

Saat ini, pallet berbahan plastik lebih populer jika dibandingkan dengan pallet kayu. Banyak sekali pabrik dan perusahaan yang menggunakan benda ini sebagai alas untuk menyimpan komoditas industri mereka. Selain lebih praktis, ada beberapa keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan benda ini untuk menunjang kinerja operasional industri Anda, lho! Yuk, cari tahu alasan kenapa Anda harus menggunakan pallet yang terbuat dari plastik untuk kebutuhan pabrik Anda melalui artikel berikut!

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis jangkar Kapal dan Kegunaannya

5 Alasan Kenapa Harus Memilih Pallet Plastik

pallet plastik

1. Alas yang kuat dan aman untuk menyimpan barang

Pallet plastik memang diciptakan untuk memudahkan kegiatan operasional pabrik-pabrik. Benda ini dapat menyimpan tumpukan barang maupun produk bahkan dengan beban yang berat sekalipun. Pada umumnya, satu pallet ini bisa menampung 2 hingga 3 karton horizontal, dan dengan tinggi hampir mencapai 9 sampai dengan 10 karton secara bertumpuk.

Selain kuat untuk dijadikan alas, permukaannya yang datar juga menjadikan pengemasan lebih terjaga dan barang-barang atau produk tersusun lebih rapi. Pallet ini juga menjaga agar kondisi kemasan produk lebih stabil sehingga terhindar dari kemasan penyok ataupun berubah bentuk karena tertindih-tindih.

2. Lebih awet dan tahan lama

Keunggulan yang dimiliki pallet plastik tentu saja lebih awet dan tahan lama jika dibandingkan dengan pallet kayu. Pallet kayu cenderung lebih cepat mengalami kerusakan. Hal tersebut dikarenakan pallet kayu lebih rawan dimakan serangga atau lapuk karena kondisi gudang yang terlalu lembap. Lain halnya dengan bahan plastik yang tidak terpengaruh oleh cuaca dan temperatur, serta  juga anti serangga sehingga memiliki daya tahan yang lebih lama. Rata-rata, pallet ini memiliki daya tahan hingga 10 tahun lho!

Selain itu, perawatan pallet plastik juga terbilang sangat mudah jika dibandingkan dengan pallet kayu. Pallet yang terbuat dari plastik hanya perlu diseka dengan lap dan dicuci sampai bersih setelah digunakan. Berbeda halnya dengan pallet kayu yang membutuhkan usaha yang lebih untuk membersihka noda-noda yang telah menyerap ke dalam serat-serat kayu.

3.  Mempermudah pemindahan barang

Pallet plastik dirancang untuk memudahkan proses logistik di pabrik-pabrik. Dengan adanya pallet ini, pemindahan barang dan produk dalam jumlah yang besar akan lebih mudah dan cepat. Pasalnya, produk yang telah dikemas tinggal diangkat menggunakan alat berat sehingga pemindahan barang bisa lebih banyak dalam waktu yang lebih cepat.

4. Lebih Hemat

Keuntungan yang akan Anda rasakan dengan menggunakan benda ini selanjutnya adalah bisa lebih menghemat. Meskipun harganya terbilang lebih mahal dibandingkan dengan pallet kayu, namun karena pallet yang terbuat dari plastik lebih tahan lama, maka ini bisa menjadi investasi bagi perusahaan. Anda bisa menggunakan pallet berbahan plastik berkali-kali bahkan dalam kurun waktu 5 sampai dengan 10 tahun lho! Tentu saja, secara otomatis hal ini dapat mengurangi biaya pengeluaran atau biaya produksi non rutin yang dilakukan oleh pabrik atau industri.

Selain itu, Anda juga akan menghemat biaya pengeluaran distribusi apabila menggunakan benda ini karena memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan pallet kayu sehingga biaya pengiriman pun akan berkurang.  Bagaimana, lebih hemat, bukan?

5. Menghemat area penyimpanan

Terkadang, jumlah produksi seringkali berbanding terbalik dengan ketersediaan area/space. Nah, untuk menghemat ruang penyimpanan, Anda bisa menggunakan benda ini! Sebab, alas ini dapat menampung tumpukan produk di tempat yang berdekatan tanpa memakan banyak tempat.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan jika menggunakan pallet dari plastik untuk menunjang kebutuhan pabrik Anda. Kunjungilah Indotrading untuk menemukan produk pallet plastik  dari supplier, distributor, dealer, agen, importir, dan semua penjual terpercaya di Indotrading dengan penawaran harga dan kualitas terbaik.

To Top