Insight

Ketahui Lebih Lanjut Jenis-jenis Lampu Taman yang Cocok untuk Taman Anda

lampu taman

Ketika Anda membuat taman pada hunian ataupun bangunan, penggunaan lampu taman hias sangatlah penting. Selain digunakan untuk penerangan di malam hari, lampu taman juga dapat menambah nilai estetika dari taman itu sendiri.

Jenis dari lampu taman hias saat ini beragam, sehingga penggunaannya dapat di sesauikan dengan ukuran, serta desain dari taman itu sendiri. Untuk itu pada kesempatan kali ini, Tim Indotrading News akan membahas tips dalam memilih Lampu Taman dan jenis jenisnya.

Namun sebelum membaca lebih lanjut, Anda dapat menemukan berbagai lampu taman hias berkualitas di Indotrading.

Lampu Taman Hias

Lampu taman hias merupakan jenis lampu yang digunakan untuk penerangan taman ataupun outdoor. Selain digunakan untuk penerangan, lampu taman juga dapat menciptakan kesan yang menarik sehingga dapat menambah nilai seni atau keindahan dari suatu taman.

Jenis dari lampu taman hias saat ini tersedia dalam berbagai bentuk dan model. Agar penggunaan lampu taman maksimal, Anda perlu membuat perencanaan taman dengan jenis lampu taman yang hendak digunakan. Anda dapat membuat sketsa rencana taman dengan jenis lampu yang dibutuhkan untuk kebutuhan taman atau, serta tentukan fitur apa yang memerlukan lampu yang berbeda seperti area pohon, pinggir taman, tangga ataupun kolam.

Sehingga dengan rancangan tersebut Anda dapat menentukan besaran watt lampu yang paling cocok untuk taman.

Jenis Jenis Lampu Taman Hias

Setelah Anda mengetahui tips pemasangan lampu taman hias yang sesuai, Anda dapat memilih jenis lampu taman. Beberapa jenis lampu taman yang bisa Anda jadikan referensi untuk taman Anda, diantaranya:

1. Path Lighting

Path Lighting lampu hias taman

Jenis lampu taman ini merupakan jenis lampu yang digunakan untuk penerangan bagi pejalan, umumnya jenis lampu ini digunakan di jalur jalan yang ada di taman. Bentuk dari path lighting sendiri seperti tonggak dengan tinggi sekitar 50 cm sampai 75 cm.

Jenis lampu taman ini umumnya sudah menggunakan baterai tenaga surya sehingga lebih hemat. Penggunaan lampu taman jenis ini sangat cocok untuk sisi jalan karena dapat memberikan pencahayaan hingga 360 derajat. Namun perlu diketahui, penggunaan jenis lampu taman ini kurang cocok untuk taman berukuran kecil karena membuat area akan terlihat lebih sempit.

2. Down Lighting

Down Lighting lampu hias taman

Down lighting merupakan jenis lampu taman yang dapat digunakan di area tinggi dengan pencahayaan ke bawah. Jika ditempatkan dengan sesuai, lampu taman ini dapat memberikan kesan point of view karena dapat memberikan penerangan yang fokus terhadap objek yang ada dibawahnya.

Jenis lampu taman ini juga dapat digunakan untuk penerangan elemen hardscaping. Jenis lampu taman ini juga ditempatkan di pohon, jika dipasang miring ke bawah dapat membuat penerangan seperti cahaya bulan, sehingga dapat mempercantik tampilan taman di malam hari.

3. Spot lighting

Spot lighting lampu taman hias

Spot lighting atau lampu sorot merupakan jenis lampu yang memiliki sorot pencahayaan cahaya cenderung sempit dan lebih terfokus pada titik tertentu. Jenis lampu taman ini cocok untuk ditempatkan di taman yang kecil atau outdoor yang membutuhkan cahaya pada titik tertentu, karena jenis lampu ini hanya terfoks pada titik tertentu sehingga membuatnya cocok untuk menyorot firu tertentu yang ada pada taman Anda.

Jenis lampu spot light ini tersedia dalam berbagai warna sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu jenis lampu spot lighting ini terdapat dua jenis, yaitu well light dan pond light.

4. Flood Light

Flood Light lampu hias taman

Jenis lampu flood light ini hampir mirip dengan jenis lampu taman spotlight karena menyorot satu titik fokus. Akan tetapi, jenis lampu ini memiliki pencahayaan lebih luas dan memiliki intensitas cahaya yang cukup terang. Sehingga jenis lampu taman ini cocok digunakan untuk taman yang berukuran luas. Selain itu jenis lampu ini juga cocok untuk ditempatkan di lapangan olahraga.

5. Shadow Lighting

Shadow Lighting lampu hias taman

Jenis lampu ini merupakan jenis lampu taman yang lebih menonjolkan keindahan, sehingga dapat menambah nilai estetika taman. Lampu taman ini merupakan jenis lampu yang menghasilkan cahaya dengan efek menarik dari bayangan yang dihasilkan.

Umumnya jenis lampu taman ini digunakan di dekat dinding atau pohon agar bayangan yang dihasilkan lampu ini dapat terpancar dengan baik. Jenis dari bayangan yang dihasilkan oleh shadow lighting ini beragam sehingga Anda dapat menyesuaikan bayangan yg diinginkan dengan taman.

6. Deck and Step Lights

Deck and Step Lights lampu hias taman

Jenis lampu taman ini cukup berbeda dengan jenis lampu taman lainnya, karena Deck and Step Lights digunakan untuk area tangga taman. Model lampu taman ini berfungsi untuk menunjukan area jalan dan memfokuskan untuk menonjolkan desain arsitektur taman.

7. In Ground Light atau Uplighters

In Ground light lampu tanam hias

Jenis lampu taman yang satu ini merupakan jenis lampu taman yang dipasang di dalam tanah. Sehingga cahaya yang dipancarkan mengarah ke atas permukaan. Model lampu taman ini umumnya di pasang didalam paving block atau decking block,

Selain dipasang di area tanah, jenis lampu taman ini juga dapat dipasang di area tangga dan dinding. Untuk pemasangannya, pastikan untuk menggunakan penutup lensa dan trim untuk mencegah air atau genangan air masuk kedalam lampu.

Namun, jika Anda ingin menggunakan lampu taman ini pastikan tempat pemasangannya tidak di area yang rawan genangan air ataupun banjir agar tidak terjadi korsleting listrik.

8. Pier Mount Light

Pier Mount Light lampu hias taman

Jenis lampu taman ini merupakan jenis lampu taman model klasik yang memiliki desain unik, dan tidak terlalu mengutamakan pencahayaan. Umumnya Pier Mount Light dipasang di pintu masuk taman atau di sisi pagar taman. Selain digunakan untuk taman, jenis lampu ini juga umum digunakan untuk exterior rumah dengan gaya klasik.

9. String Light

String light lampu hias taman

String light merupakan jenis lampu pencahayaan yang tersusun dari lampu bohlam kecil yang dipasang berderet pada sebuah senar, benang atau tali. Jenis lampu ini sangat cocok untuk dekoratif, terutama untuk dekorasi acara pesta.

Umumnya jenis lampu string light ini memiliki banyak cahaya dengan pencahayaan yang tidak terlalu tinggi, sehingga cocok untuk dipasang di sepanjang dinding, pagar, cabang pohon, hingga gazebo.

Itulah pembahasan mengenai jenis jenis lampu taman hias yang bisa Anda pilih untuk penerangan taman Anda. Jika Anda tertarik menggunakan Lampu Hias taman, Anda dapat menemukan berbagai jenis Lampu Taman Hias terbaik dan berkualitas dari Supplier terpercaya di Indotrading.

Baca Juga: 6 Inspirasi Desain Rooftop Keren Gaya Minimalis Hingga Tropis

To Top