Insight

Jenis-jenis dan Cara Memilih Mesin Pembuat Kopi yang Berkualitas

Jenis-jenis dan Cara Memilih Mesin Pembuat Kopi yang Berkualitas

Saat ini coffee shop tengah menjadi bagian dari gaya hidup manusia modern.  Oleh karena itu, banyak orang  sudah mulai tertarik untuk belajar membuat kopi di rumah sendiri menggunakan coffee maker. Coffee maker atau mesin pembuat kopi adalah alat yang digunakan untuk proses pembuatan kopi dari biji kopi yang sudah dihaluskan.

Untuk membantu  Anda dalam memilih coffe maker yang akan dibeli, tim Indotrading News akan memberikan deskripsi terlebih dahulu tentang jenis-jenis coffee maker dan juga informasi tentang hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli coffee maker.

Namun sebelum Anda membaca lebih jauh, Anda  dapat menemukan berbagai pilihan coffee maker untuk keperluan bisnis Anda di Indotrading.

Proses Pengolahan Biji Kopi

Jenis-jenis dan Cara Memilih Mesin Pembuat Kopi yang Berkualitas

Untuk mendapatkan minuman kopi dengan rasa yang lebih enak, kopi terlebih dahulu melewai beberapa proses pengolahan. Pengolahan kopi biasanya dilakukan dari hulu ke hilir. Adapun pengolahan kopi yang umumnya dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Proses Penyangraian

Penyangraian adalah termasuk proses yang penting pada pembuatan kopi bubuk. Proses penyangraian dengan menggunakan mesin sangrai kopi bertujuan untuk menurunkan kadar air biji sampai di bawah 4% dan dapat membentuk aroma dan citarasa khas kopi. Proses penyangraian ini dapat menyebabkan perubahan fisik dan kimiawi yaitu penguapan air dari dalam biji, penguapan senyawa volatil, serta proses pirosilis atau pencoklatan pada biji kopi.

2. Proses Penghalusan

Proses penghalusan biji kopi dilakukan dengan mesin giling kopi. Pada proses penghalusan ini bertujuan agar kopi menjadi bubuk dengan ukuran partikel tertentu. Butiran bubuk kopi yang sudah halus tersebut memiliki senyawa  yang membentuk citarasa mudah larut ke dalam air panas.

Jika Anda membutuhkan mesin penghalus kopi, Anda dapat menemukan berbagai pilihan  berkualitas di Indotrading.

Jenis-Jenis Mesin Pembuat Kopi

Setelah dilakukan proses tersebut biasanya kopi yang sudah dihaluskan akan dikemas dan bisa dibuat menjadi minuman kopi dengan coffee maker, mesin pembuat kopi sendiri terbagi menjadi dua, yaitu coffee maker manual dan coffee maker otomatis. Keduanya memiliki jenis dan kelebihanya sendiri-sendiri.

1. Mesin Pembuat Kopi Manual

Mesin Pembuat Kopi Manual

 

Coffee maker manual atau coffee maker tanpa listrik tergolong  mesin pembuat kopi dengan harga yang lebih terjangkau dan mudah dibawa ke mana-mana. Selain itu, cara penggunaan coffee maker manual ini juga cukup mudah dipelajari khususnya bagi yang ingin membuat kopi sendiri di rumah. Berikut ini adalah beberapa jenis coffe maker manual:

V60 Coffee Maker

Mesin Pembuat Kopi V60

Coffee maker ini dapat menghasilkan kopi yang memiliki rasa dan aroma yang gurih, oleh karena itu semua detail dari rasa kopi tersebut dapat dirasakan. Adapun cara menggunakan mesin kopi ini adalah dengan memasukan bubuk kopi ke dalam saringan kertas, sehingga saringan ini mampu mengurangi endapan bubuk kopi yang larut.

Frenchpress

Mesin Pembuat Kopi Frenchpress

Selanjutnya adalah frenchpress. Frenchpress sendiri merupakan mesin pembuat kopi yang mudah dipakai, juga mudah sekali dibersihkan serta mudah dibawa traveling. Selain itu, alat kopi ini  terbuat dari saringan yang terbuat dari logam. Saringan logam inilah yang akan membuat kandungan minyak dalam kopi keluar secara maksimal.

Aeropress

Mesin Pembuat Kopi Aeropress

Alat pembuat kopi berikutnya adalah aeropress. Tampilan alat aeropress ini terlihat seperti suntikan besar, karena terdapat tuas besar di bagian atas yang mirip dengan suntikan. Biasanya, coffee maker ini menghasilkan kopi espresso yang sangat halus. Selain itu, mesin kopi ini mudah digunakan dan praktis dibawa kemanapun.

Alat Kopi Vietnam

 

Mesin Pembuat Kopi Vietna

Alat kopi Vietnam biasanya digunakan untuk membuat kopi Vietnam. Cara penggunaan alat ini juga sangat mudah. Saringan logam yang ada dari alat ini bisa digunakan untuk menempatkan biji kopi yang sudah digiling. Setelah itu, kemudian tuangkan air panas agar cairan kopi kentalnya menetes ke bawah, dan kopi siap disajikan.

Moka Pot

Mesin Pembuat Kopi Mokapot

Moka Pot bisa menjadi alternatif yang murah untuk membuat espresso. Adapun cara kerja dari moka pot ini memanfaatkan tekanan uap untuk menghasilkan espresso. Moka pot juga dimasak diatas kompor, sehingga biasanya orang yang memiliki kegiatan di luar ruangan akan menyukai alat ini.

2. Mesin Pembuat Kopi Otomatis

Mesin Pembuat Kopi Otomatis

Coffee maker jenis ini biasa disebut juga dengan mesin pembuat kopi elektrik. Biasanya, coffee maker ini dilengkapi dengan jumlah rasio yang jelas agar kopi yang dihasilkan akan menjadi lebih enak. Berikut ini adalah beberapa jenis coffee maker otomatis:

Drip Coffee Maker

Mesin Pembuat Kopi Drip

Coffee maker ini tergolong dalam mesin pembuat kopi yang paling popular, baik untuk standar yang digunakan di rumah-rumah, atau juga perkantoran. Penggunaan mesin drip ini sangat mudah, dan harganya pun terjangkau. Jika Anda membutuhkan drip coffee maker, Anda bisa menggunakan mesin pembuat kopi Sharp yang bisa ditemukan di Indotrading.

Mesin espresso

Coffee maker ini tergolong cukup mahal, akan tetapi alat ini juga mampu meghasilkan espresso yang sangat kuat. Alat ini biasanya terbagi menjadi dua jenis  yakni mesin yang sebagian otomatis atau mesin yang sepenuhnya otomatis.

Baca Juga: Perbedaan Mesin Kopi Espresso Manual dan Otomatis

Tips Memilih Mesin Pembuat Kopi Sesuai dengan Kebutuhan

Setelah mengetahui berbagai macam jenis mesin pembuat kopi tersebut, ada beberapa hal yang juga perlu dipertimbangkan saat membeli coffee maker.

1. Ukuran

Biasanya, ini berkaitan dengan kapasitas out put mesin pembuat kopi yang akan digunakan, cara memilihnya adalah dengan menghitung jumlah keluarga yang mengonsumsi kopi. Jika hanya ada satu atau dua orang, maka bisa memilih ukuan Single Serve Coffee Makers.

2. Fitur

Anda bisa memilih fitur apa yang diinginkan dalam coffee maker yang akan Anda beli. Fitur-fitur yang ada dalam alat pembuat kopi misalnya fitur pengatur waktu (timer), fitur penggiling (grinder), fitur untuk memudahkan pembersihan (easy cleaning), atau fitur yang lain.

3. Brand

Dalam membeli coffee maker, pertimbangan terhadap merek atau brand tertentu dari suatu suatu produk yang sudah mempunyai reputasi di dalamnya juga perlu. Mesin kopi ternama biasanya memiliki harga yang relatif lebih mahal.

Itulah pembahasan mengenai jenis-jenis mesin pembuat kopi dan hal-hal apa saja yang perlu kiranya diperhatikan ketik Anda akan membelinya. Jika Anda tertarik untuk membeli coffee maker, Anda bisa menemukan berbagai jenis Coffe Maker berkualitas dari supplier terpercaya di Indotrading.

Baca Juga: Jenis Gelas Plastik dan Tips Memilih untuk Kebutuhan Bisnis

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top