Economy and Business

Jadikan Peluang Bisnis Sektor Solar Energi, GEM Indonesia Gelar Solartech Exhibition 2022

Jadikan Peluang Bisnis Sektor Solar Energi, GEM Indonesia Gelar Solartech Exhibition 2022

Perubahan iklim dan menipisnya sumber daya alam yang ada tentu berdampak bagi sekitar. Oleh karena itu, manusia berupaya untuk mencari sumber-sumber alternatif yang bersifat terbarukan dan ramah lingkungan (Renewable Energy). Energi terbarukan tersebut adalah energi yang berasal dari sumber alamiah seperti sinar matahari, angin, hujan, geothermal, dan biomassa. Di Indonesia sendiri, renewable energy yang mulai berkembang adalah Solar Cell atau sinar matahari yang dikonversi menjadi arus listrik, Solar Panel, dan lain-lain.

Saat ini, kapasitas Solar Cell yang ada di seluruh Indonesia baru mencapai 170 MW. Adapun target dari pemerintah pada tahun 2025 adalah 3.6 GW. Sehingga ini merupakan tantangan tersendiri untuk mengejar target itu. Tentu dengan kontribusi pembangunan industri baik dari segi investasi, Solar PV, baterai, inverter, supporting accessories dan equipment serta kontraktor yang harus dikembangkan jumlahnya. Hal ini juga sangat menuntut adanya sumber daya manusia multi bidang yang mumpuni.

Sebagai upaya untuk mengejar ketertinggalan kapasitas Solar Cell tersebut, GEM Indonesia menyelenggarakan pameran bisnis dengan tajuk Solartech Exhibition Indonesia 2022 yang diadakan pada 17-19 Maret 2022 di JIExpo Kemayoran. Acara ini didukung oleh Kementrian Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia, APERLINDO (Asosiasi Industri Perlampuan Listrik Indonesia), APAMSI (Asosiasi Pabrikan Modul Surya Indonesia), Gamatrindo (Gabungan Industri Manufaktur Lampu Terpadu Indonesia), dan lain sebagainya.

Peluang Bisnis Sektor Solar Energi

Jadikan Peluang Bisnis Sektor Solar Energi, GEM Indonesia Gelar Solartech Exhibition 2022

Solartech Indonesia 2022 adalah pameran ke tujuh yang diselenggarakan oleh GEM Indonesia. GEM Indonesia sendiri merupakan penyelenggara acara perdagangan khusus Internasional yang berbasis di Indonesia. Pameran tersebut diyakini akan menghadirkan lebih dari 650 perusahaan dan 25.000 ribu pengunjung perdagangan dalam waktu tiga hari. Oleh sebab itu pameran bisnis ini menjadi salah satu perhelatan yang prospektif di ASEAN untuk industri tenaga surya.

Saat ini, pemerintah juga mendorong program dedieselisasi, yang mana adalah  konversi dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel ke pembangkit listrik dengan energi terbarukan yang termasuk di dalamnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Oleh sebab itu, acara-acara yang ada juga sangat potensial menjadi ajang peluang bisnis.

Kini juga banyak masyarakat yang mulai memahami tentang manfaat dari tenaga surya. Hal tersebut akan meningkatkan produk-produk solar dan produk lainnya yang memanfaatkan tenaga surya. Berbagai perusahaan juga dapat eksis langsung di perhelatan ini untuk memasarkan keunggulan produk dan inovasi terbarunya terkait Solar Cell secara langsung. Solartech Indonesia 2022 juga diharapkan bisa menjadi momentum untuk membangun kembali branding perusahaan yang terdampak akibat pandemi.

Indonesia Solar Energy Conference 2022

Jadikan Peluang Bisnis Sektor Solar Energi, GEM Indonesia Gelar Solartech Exhibition 2022

Salah satu rangkaian acara dalam Solartech Exhibition adalah Indonesia Solar Energy Conference yang diadakan pada tanggal 17 Maret 2022. Sebagai salah satu pameran dagang terbesar di ASEAN untuk Solar Power dan PV Teknologi, tidak heran jika konferensi ini dihadiri oleh panelis terbaik yang dibagi dalam tiga sesi acara.

Beberapa panelis yang menjadi speaker di konferensi ini juga memiliki peran kunci dalam perindustrian bidang kelola energi surya. Seperti Ibu Ir. Reni Yanita, M.si sebagai Direktur Jendral Kementrian Perindustrian, lalu ada juga Ibu Andriah Feby Misna, ST., MT sebagai Direktur Kementrian ESDM, Ibu Cita Dewi sebagai Executive Vice President Rewenable Energy dari PT. PLN (Persero), dan masih banyak lagi.

Konferensi ini bertajuk “Powering Indonesia Investment Opportunities in Solar Energy Sektor”. Adapun hal-hal yang dibahas dalam acara ini yaitu energi matahari sebagai investasi, strategi, peta jalan, serta masa depan Indonesia. Serta membahas tentang peluang bisnis Solar Pv, sebuah tren dan teknologi baru. Selain itu, diskusi panel yang diadakan dalam konferensi ini juga sangat menarik. Yakni tentang bagaimana regulasi baru ESDM tentang Rooftop Solar, apakah ini menjadi sebuah peluang atau tantangan.

Keuntungan Mengunjungi Solartech Exhibiton 2022

Jadikan Peluang Bisnis Sektor Solar Energi, GEM Indonesia Gelar Solartech Exhibition 2022

Pameran yang di adakan oleh GEM Indonesia tersebut menjadi satu-satunya pameran perdagangan internasional. Fokus dari pameran ini adalah pada teknologi Tenaga Surya dan PV di Indonesia. Dengan menghadiri acara tersebut, Anda juga bisa mendapat beberapa keuntungan, yaitu bertemu dan menjalankan bisnis dengan kolega bisnis kelas dunia. Selain itu, menghadiri dan mengikuti rangkaian acara dari Solartech Exhibition 2022 akan menjadi langkah awal Anda untuk mengetahui lebih banyak tentang informasi, minat pasar, dan peluang bisnis lain yang berkaitan dengan teknologi tenaga surya. Hal ini juga dapat menjadikan bisnis yang berkaitan dengan tenaga surya tersebut menjadi bisnis yang menguntungkan untuk Anda.

Tujuan dari bisnis ini juga untuk  memberikan dampak yang baik bagi lingkungan, dan energi global berkelanjutan, sehingga tentu harapannya akan memberikan dampak untuk Indonesia ke depan serta membantu mengurangi permasalahan iklim dunia.

Baca Juga: Kembali Gelar Pameran Bisnis, FLEI Expo 2022 Optimis Catat Pertumbuhan Ekonomi Sektor Usaha Waralaba

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top