Insight

Intip Kelebihan Material Rockwool dan Harga Terbarunya di Sini!

Menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan di berbagai industri, rockwool memainkan peranan penting yang sering dicari. Kelebihan dan harganya yang relatif terjangkau menambah daya tarik bahan material ruangan yang satu ini. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai kelebihan material rockwool dan harga terbarunya.

Anda bisa dapatkan material rockwool dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

Baca Juga : Apa itu Rockwool Hidroponik? Ketahui juga Penggunaannya

Apa Itu Rockwool?

Rockwool merupakan bahan material konstruksi yang terbuat dari serat mineral yang sudah dirancang khusus untuk dapat memiliki ketebalan yang bermanfaat untuk meredam suara. Untuk itu, dalam dunia konstruksi rockwool banyak digunakan sebagai bahan material peredam ruangan.

Sebab memiliki serat dengan ketebalan tertentu yang sudah dirancang khusus, rockwool juga tidak hanya sebatas digunakan sebagai peredam suara pada suatu konstruksi atau ruang bangunanm rockwool juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan material media tanam dan pelindung beberapa barang.

Biasanya rockwool memiliki ketebalan standar 25 cm sampai dengan 100 cm dengan permukaan standar 30 g per meter sampai dengan 100 g per meter.

Kelebihan Material Rockwool

Menjadi salah satu bahan material serbaguna yang banyak digunakan dalam dunia konstruksi bangunan ataupun lainnya, rockwool memiliki kelebihan tersendiri yang menjadi daya tarik nya. Lebih lengkap lagi, berikut diantara kelebihan material rockwool.

1. Tingkat Kekedapan Suara Sangat Baik

Meskipun memiliki karakteristik yang ringan dan praktis, bahan material yang satu ini memiliki tingkat kemampuan kedap suara yang baik.  Sebab rockwool telah dirancang dengan ketebalan standar yang mampu meredam suara.

Umumnya, bahan material rockwool dapat meredam suara hingga 95%. Dengan begitu dipastikan suara tidak bocor keluar ruangan. Sebab itu material ini banyak digunakan di Industri yang memiliki tingkat kebisingan tinggi.

2. Ramah Lingkungan

Kelebihan selanjutnya yang menjadi daya tarik rockwool adalah sifatnya yang ramah lingkungan. Sebab rockwool dibuat dan dirancang dari bahan sintetis mineral alami yang telah disesuaikan dengan ketebalan yang dibutuhkan.

Rockwool juga dapat digunakan dalam kurun waktu lama, dengan begitu rockwool tidak banyak menyumbang limbah pada lingkungan.

Hal ini juga yang kemudian menjadi daya tarik banyak penggunanya, terlebih bagi mereka yang memiliki kecintaan terhadap lingkungan.

3. Mudah Digunakan

Bahan material ini juga mudah digunakan. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu memotong lembaran tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lalu hanya perlu menempelkannya ke seluruh ruangan ataupun media pasangnya dengan menggunakan lem khusus dinding ataupun paku.

4. Tahan Segala Kondisi

Tidak hanya praktis dan mudah digunakan, rockwool juga banyak digunakan karna kelebihannya yang tahan terhadap segala kondisi. Baik suhu panas tinggi api, ataupun suhu basah karena air, rockwool mampu mengatasinya.

Hal tersebut juga yang menjadi daya tarik banyak industri untuk menggunakannya. Sebab, rockwool termasuk bahan material yang memiliki tingkat perlindungan tinggi.

5. Tidak Berjamur

Rockwool juga memiliki karakteristik yang tahan jamur. Hal tersebut karena rockwool memiliki kemampuan menyerap air yang baik dibandingkan bahan kedap lainnya. Selain itu proses pembuatannya yang memelalui tahap pemanasan hingga 300 derajat celcius juga menambah daya tahan rockwool terhadap jamur.

6. Harga Terjangkau

Sudah menjadi rahasia umum jika rockwool merupakan salah satu material serbaguna yang memiliki harga terjangkau. Selain itu, rockwool juga tidak memiliki proses perawatan khusus sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan anggaran lebih untuk material yang bisa digunakan di banyak media ini.

Baca Juga : Mengulas Bisnis Hidroponik yang Semakin Banyak Dilirik

Kekurangan Material Rockwool

Meskipun memiliki kelebihan yang menjadi daya tariknya, rockwool juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda perhatikan. Tujuannya adalah agar Anda dapat menyesuaikan penggunaan rockwool tersebut, sehingga penggunaannya lebih tepat guna.

Adapun kekurangan yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut :

1. Mudah rontok

Meskipun memiliki ketahanan yang kuat terhadap beberapa kondisi dan awet, namun rockwool memiliki kekurangan pada sifatnya yang mudah rontok dan tidak bisa disimpan lama.  Hal tersebut juga dapat menurunkan kualitas kemampuan dari rockwool tesebut.

Untuk itu, sebelum Anda membeli rockwool, pastikan Anda memperhitungkan dengan betul berapa jumlah rockwool yang Anda butuhkan sehingga dengan begitu Anda bisa memastikan tidak ada rockwool yang tersisa dan tidak terpakai.

2. Efek Kurang Bagus Untuk Kesehatan

Selain itu, meskipun rockwool bersifat ramah lingkungan, namun rockwool juga memiliki efek tinggi untuk pernafasan yang harus Anda pertimbangkan.

Sebab, rockwool memiliki serpihan kecil yang cukup tajam yang berbahaya bagi pernapasan. Untuk itu, dalam pemasangannya Anda diwajibkan memakai masker, dan kacamata safety jika perlu.

3. Iritasi Kulit

Selain memiliki resiko penyebab gangguan pernapasan tinggi, penggunaan rockwool juga dapat menyebabkan iritasi kulit dari tajamnya serpihan rockwool tesebut. Sebab itu, Anda juga perlu memperhatikan teknik pemasangan rockwool agar tidak melukai kulit Anda.

Juga dalam pemasangannya, Rockwool perlu dilapisi pelindung lainnya yang lebih aman dan halus seperti ambal kain ataupun sejenisnya.

Harga Terbaru Material Rockwool

Menjadi bahan material serbaguna yang banyak digunakan, rockwool memiliki kisaran harga yang relatif terjangkau. Untuk mendapatkannya, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak pengeluaran anggaran.

Harga rockwool umumnya dijual per lembaran ataupun per gulungan rockwool tersebut. Adapun pembeda harga dari lembaran rockwool tersebut biasanya ada pada merk nya. Beda merk, pastinya akan menawarkan harga dan kualitas yang berbeda pula.

Namun secara umum, berikiut harga rockwool terbaru yang bisa Anda jadikan estimasi atau pekiraan sebelum membelinya.

Nama ProdukUkuran / BeratHarga
Rockwool Blanket Karet 25 mm x 50 mmRp. 12.345,-
Peredam Rockwool Tombo25 mmRp. 48.000,-
Rockwool Pipa50 mmRp. 113.000,-
Rockwool Safe n ‘Silent’– Rp. 66.000,-
Rockwool PT. Gema Teknik Perkasa25 kgRp. 999.999,-

Demikianlah pembahasan mengenai kelebihan rockwool dan harga terbarunya yang bisa Anda jadikan refrensi informasi sebelum memebelinya.

Di Indotrading, Anda bisa temukan berbagai jenis rockwool dengan  kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indonesia.

Baca Juga : Cara Tepat Merawat Karpet Rumput Sintetis agar Awet

banner seller
To Top