Insight

Ingin Membeli Mesin Absensi Fingerprint? Simak Terlebih Dahulu Hal-Hal Berikut Ini!

Ingin Membeli Mesin Absensi Fingerprint? Simak Terlebih Dahulu Hal-Hal Berikut Ini!

Mesin absensi fingerprint dibutuhkan sebagai alat untuk mendata kehadiran karyawan. Mesin ini juga dijadikan sebagai salah satu pilihan mesin absen yang banyak digunakan, karena dianggap lebih akurat dan aman. Bahkan mesin ini juga digunakan oleh perusahaan-perusahaan dengan skala besar. Harga dan jenisnya pun beragam sesuai dengan kebutuhan yang akan dibeli.

Pada kesempatan kali ini, tim Indotading akan membahas lebih lanjut mengenai mesin absensi fingerprint mulai dari pengertian, jenis-jenis, serta bagaimana cara memilih mesin yang tepat.

Namun sebelum itu, Anda bisa juga bisa membaca lebih lanjut mengenai Rekomendasi Mesin Absensi Fingerprint yang bisa dijadikan salah satu opsi dalam memilih mesin tersebut.

Anda juga bisa mendapatkan mesin absensi fingerprint terbaik di Indotrading, dengan supplier yang ada dari seluruh Indonesia.

Mengenal Apa itu Mesin Absensi Fingerprint

Mesin absensi sidik jari (fingerprint) adalah sebuah teknologi biometrik yang berfungsi untuk merekam pola sidik jari. Pola tersebut nantinya akan disimpan dan digunakan untuk keperluan identifikasi. Nantinya, mesin ini akan mencocokkan data sidik jari yang telah disimpan, dengan sidik jari yang akan digunakan sehari-hari untuk keperluan absensi.

Perekaman sidik jari ini berfungsi mengurangi potensi adanya kecurangan absensi. Karena sidik jari manusia sendiri berbeda-beda, sehingga karyawan tidak bisa melakukan absensi selain dengan sidik jarinya sendiri.

Jenis Mesin Fingerprint

Fingerprint absensi memiliki beberapa jenis berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan suatu perusahaan. Perbedaan ini khususnya pada fitur-fitur seperti kapasitas sidik jari hingga kemampuan portabilitas.

1. Fingerprint Absensi Standalone

Mesin ini merupakan mesin yang dapat digunakan tanpa software sehingga pemasangannya mudah dan penggunaannya juga mudah. Namun, standalone ini dibatasi secara kapasitas sidik jari dan akses admin.

Proses transfer datanya juga dilakukan secara manual. Sehingga mesin ini cocok digunakan untuk perusahaan yang baru saja memulai penerapan absensi dengan mesin fingerprint karena mudah digunakan serta harganya lebih terjangkau.

2. Fingerprint Absensi Software

Kapasitas yang ada dalam mesin ini lebih besar dibandingkan dengan mesin standalone, sehingga cocok digunakan oleh perusahaan dengan jumlah karyawan yang banyak. Selain itu, perekaman sidik jari dengan mesin ini juga lebih baik karena data sidik jari secara otomatis diolah melalui software.

3. Mesin yang dilengkapi dengan Facial Recognition

Seiring berkembangnya zaman, fingerprint absensi juga dilengkapi dengan facial recognition. Dengan fitur tersebut, proses absensi karyawan dapat dilakukan dengan aman dibandingkan hanya menggunakan sidik jari. Namun, harga mesin ini relatif lebih mahal dibandingkan dengan mesin absensi fingerprint yang lain.

Kelebihan dan Kekurangan Fingerprint Absensi

1. Kelebihan

Mesin ini memiliki beberapa kelebihan yang perlu kita ketahui, diantaranya adalah:

  • Penggunaannya lebih akurat, karena data yang digunakan adalah identitas sebenarnya dari karyawan
  • Mesin juga bekerja dengan cepat dan minim error dibandingkan dengan mesin absensi berbasis kartu
  • Dengan menggunakan mesin ini juga akan mengurangi risiko kecurangan absen, karena sidik jari karyawan tentu berbeda-beda

2. Kekurangan

Terlepas dari kelebihan tersebut, mesin ini juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  • Ketepatan dan kemampuan perekaman sidik jari sangat bergantung pada kondisi mesin
  • Beberapa mesin yang mengalami error akan mengakibatkan data absensi juga hilang
  • Mesin ini tidak terintegrasi dengan kebutuhan lainnya seperti kerja remote atau penjadwalan shift kerja

Cara Memilih Fingerprint Absensi yang Tepat

Setelah mengetahui pengertian, jenis, serta kelebihan dan kekurangan dari mesin ini. Anda juga perlu mengetahui cara memilih mesin absensi yang tepat.

1. Kenali kebutuhan kantor

Dalam membeli mesin absen, hal pertama yang harus diketahui adalah kenali kebutuhan kantor Anda. Apakah kiranya membutuhkan mesin untuk mencatat daftar kehadiran saja atau menghitung daftar karyawan secara detail. Sehingga nantinya pembelian mesin absensi akan tepat dan sesuai.

2. Perhatikan jumlah karyawan

Selanjutnya, menghitung jumlah karyawan yang ada di kantor Anda merupakan hal penting. Karena mesin absensi ini memiliki kapasitas penampung data. Pastikan  membeli mesin yang mampu menampung seluruh data karyawan perusahaan Anda.

3. Perhatikan fitur yang ada

Setelah mengetahui kebutuhan kantor dan jumlah data karyawan yang ada, Anda juga perlu memperhatikan fitur-fiturnya. Salah satu fitur yang ada dalam mesin absensi fingerprint ini adalah koneksivitas mesin.

Koneksi dengan mesin absen sangat dibutuhkan untuk merekapitulasi hasil absen karyawan setiap bulan. Fitur koneksi yang ada pada mesin adalah sistem koneksi USB, kabel serial, dan TCP/IP.

4. Sesuaikan dengan Budget

Langkah terakhir dalam memilih fingerprint absensi yang tepat adalah sesuaikan dengan budget. Pilih dengan harga fleksibel sesuai dengan anggaran kantor dan sesuai dengan kebutuhannya.

Itulah pembahasan lebih lanjut mengenai mesin absensi fingerprint baik dari pengertian, jenis, kekurangan dan kelebihan, serta bagaimana cara memilihnya.

Anda bisa mendapatkan mesin absensi fingerprint berkualitas terbaik di Indotrading, dengan supplier dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: 8 Tips Membuat Karyawan Semangat Mengejar Deadline

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top