Digital Marketing

Definisi, Sejarah, Kegunaan, dan Cara Membuat Gravatar

https://news.indotrading.com/10-marketing-trends-2020-yang-perlu-anda-ketahui/

Jika Anda memiliki website WordPress, tentu Anda sadar ketika meninggalkan komentar pada sebuah artikel. Anda akan melihat kotak kecil di samping nama pengguna yang Anda akses. Pada umumnya, pengguna yang tidak mengganti foto profilnya hanya akan melihat ikon berwarna abu-abu. Kotak berwarna abu-abu disebut dinamakan Gravatar. Berikut ini akan diulas mengenai definisi, sejarah, kegunaan, dan cara membuat gravatar.

Definisi Gravatar

gravatar

Gravatar sebenarnya sebuah singkatan dari istilah “Globally Recognized Avatar” yang bisa Anda pakai hanya dengan menggunakan email. Fitur ini sama saja dengan avatar biasa, namun Gravatar di-host di single server dan kemudian bisa digunakan di berbagai website selama Anda menggunakan alamat e-mail yang sama dengan e-mail yang digunakan untuk mendaftarkan Gravatar.

Beberapa website yang menggunakan layanan CMS WordPress sudah memiliki fitur built-in support untuk Gravatar. Jadi, ketika seorang pengguna meninggalkan komentar di website dengan menggunakan e-mail terdaftar di Gravatar dan website yang dikunjungi juga mendukung penggunaan Gravatar, maka foto profil Anda akan ditampilkan di sebelah komentar yang Anda buat. Gravatar akan berguna sebagai alat identifikasi untuk para pengguna internet.

Sejarah Gravatar

gravatar

Layanan Gravatar yang sangat unik ini merupakan sebuah representasi grafis seorang pengguna internet. Gravatar bisa digunakan untuk menunjukkan jati diri pengguna secara online. Internet zaman dulu masih lebih anonim daripada sekarang karena orang-orang menggunakan ikon sebagai alat identifikasi, terutama di forum diskusi online. Namun, sekarang pengguna sudah bisa menambahkan informasi selain dari ikon.

Sejak internet semakin berkembang, website dan blogger menjadi semakin mainstream dengan kemampuan mengenal atau mengidentifikasi subjek hanya dari ikon saja dianggap sangat sulit. Maka dari itu, sekarang Anda harus melakukan registrasi akun untuk bisa berinteraksi dengan orang-orang lain di suatu website.

Anda tidak perlu melakukan login berkali-kali untuk meninggalkan komentar di sebuah website atau blog namun cukup menggunakan Gravatar

Kegunaan Gravatar

gravatar

Gravatar tidak hanya memberikan kemudahan, namun memiliki beberapa kegunaan lain. Kegunaan Gravatar antara lain:

  • Cukup memiliki satu akun untuk semua website aktif yang digunakan.
  • Bisa membangun personal branding karena mudah dikenal.
  • Bisa membantu meningkatkan traffic website
  • Membantu pengguna internet untuk mengidentifikasi identitas dan pengguna yang ada di balik akun tersebut.

Cara Membuat Gravatar

Jika Anda tertarik untuk memiliki Gravatar, Anda bisa membuat sendiri dengan mudah karena cara melakukannya sangat umum digunakan oleh startup lainnya. Berikut ini tahap-tahap yang perlu Anda lakukan untuk membuat Gravatar.

1. Sign in atau Sign up

gravatar

Pertama-tama, Anda harus mengunjungi website Gravatar terlebih dulu dan melakukan sign-in menggunakan akun WordPress. Jika belum pernah mempunyai akun WordPress, Anda bisa memilih untuk login dengan akun Google, Apple, atau membuat akun baru.

gravatar

Untuk membuat akun baru, Anda memilih Create New Account, cukup masukkan alamat e-mail-mu, username yang diinginkan, dan password sebelum kamu mengklik tombol Sign Up. Setelah itu, Anda akan mendapatkan link verifikasi di akun e-mail. Buka e-mail Anda dan lakukan verifikasi.

Selanjutnya, kembali ke website gravatar dan pilih sign in untuk masuk ke akun gravatar.

2. Unggah Foto

gravatar

Setelah masuk ke akun Gravatar, Anda bisa mengunggah foto dengan mengklik tool “Add New Image”.

Pada layar berikutnya, Anda bisa memilih gambar yang ada di drive komputer (upload new), dari internet (from URL), mengunggah gambar dari webcam (from webcam), atau menggunakan salah satu gambar yang pernah diunggah sebelumnya (post uploads) jika Anda pernah menggunakan Gravatar sebelumnya.

gravatar

Jika foto sudah dipilih, maka  klik next. Selanjutnya, Anda diminta untuk memilih rating untuk foto Anda.

3. Melengkapi Profil

Usai mengunggah foto, Anda perlu mengisi profil agar orang-orang bisa mengetahui deskripsi singkat tentang Anda dan mengunjungi website Anda jika mereka tertarik. Anda bisa mengisi link website dengan mengklik pilihan “my profile” dan pilih “website” di sebelah kanan halaman.

gravatar

Anda juga bisa melengkapi beberapa informasi lain seperti nama, lokasi, informasi kontak, informasi singkat tentang diri Anda, menambah dan menyimpan beberapa foto. Setelah merasa cukup, Anda bisa klik simpan dan Gravatar Anda sudah bisa digunakan.

Baca juga: 10 Marketing Trends 2020 yang Perlu Anda Ketahui!

Gravatar berguna untuk menambahkan gambar visual yang unik sehingga memungkinkan orang lain mengenali Anda lebih dekat melalui internet. Jika Anda mencoba membangun personal brand, Anda bisa menambahkan foto profil dengan brand Anda. Dengan demikian, tentu akan sangat membantu dalam membangun kredibilitas secara instan.

Jika Anda seorang pebisnis yang ingin membuat profil brand secara online, Anda bisa menggunakan logo perusahaan untuk lebih meyakinkan calon konsumen. Itulah informasi seputar Gravatar berupa definisi, sejarah, kegunaan, dan cara membuatnya. Anda bisa melakukan sendiri dan memanfaatkan layanan Gravatar dengan bijaksana.

To Top