Insight

Penting! Begini Cara Pasang Aki Mobil yang Baik dan Benar

Meskipun kelihatannya sangat rumit, namun siapa sangka kalau ternyata cara pasang aki mobil sangatlah sederhana. Anda bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa perlu membawanya ke bengkel.

Meskipun begitu, dalam proses pelepasan dan pemasangannya Anda harus sangat berhati-hati karena apabila terjadi kesalahan, maka bisa berimbas kerusakan pada sistem mobil.

Aki / baterai adalah salah satu komponen paling utama dalam sistem mobil. Aki memainkan peran penting sebagai penyalur arus listrik di kendaraan.

Apabila aki semakin lemah, maka beberapa komponen seperti klakson dan lampu dapat terganggu. Oleh sebab itulah, mengganti aki secara rutin (maksimal 2 tahun sekali) sangat dianjurkan kepada pemilik kendaraan roda empat jenis mobil.

6 Cara Pasang Aki Mobil Tanpa Perlu Dibawa ke Bengkel

  1. Mesin Mobil dalam Kondisi Mati

cara pasang aki mobil 1

Hal pertama yang wajib diperhatikan saat hendak mengganti aki mobil adalah dengan memastikan bahwa mesin dalam kondisi mati. Selain itu, kunci kontak juga berada pada posisi OFF.

Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya error maupun kerusakan di bagian Electronic Control Unit / ECU yang merupakan bagian dari komponen utama sistem mobil.

Setelah mesin dimatikan, sebaiknya tunggu hingga beberapa menit guna memastikan kalau semua komponen listrik pada mobil sudah mati total. Sebab dikhawatirkan masih ada arus listrik yang dapat menimbulkan percikan api.

  1. Melepaskan Terminal Negatif Aki

cara pasang aki mobil 2

Langkah selanjutnya adalah membuka bagian kap mobil, kemudian lepaskan bagian kabel terminal negatif supaya tidak terjadi percikan api.

Jadi, pertama-tama longgarkan baut terminal dengan kunci pas dan lakukan hal yang sama di terminal positif. Pastikan keduanya tidak tertukar karena dapat menyebabkan sistem kelistrikan rusak parah.

  1. Mencabut Aki

cara pasang aki mobil

Setelah memastikan semua kabel terminal terlepas, berikutnya adalah mencabut aki mobil. Harap berhati-hati dalam proses pengangkatan aki karena beratnya bisa sampai lebih dari 20 kg.

Pastikan ada orang yang dapat dimintai bantuan di sekitar Anda saat proses melepaskan maupun memasang aki agar lebih cepat selesai.

Baca juga : 10 Rekomendasi Merk Aki Mobil yang Awet dan Powerful

  1. Membersihkan Kabel Terminal dan Tempat Dudukan Aki

cara pasang aki mobil 4

Sebelum memasukkan aki yang baru, ada baiknya membersihkan karat yang biasanya menempel di bagian dudukan aki dan kabel terminal terlebih dahulu.

Anda bisa menggunakan peralatan berupa sikat gigi bekas, dan baking soda secukupnya. Kalau masih belum bersih, maka bisa mencoba dengan sikat dari kawat supaya karat cepat hilang.

Selanjutnya, keringkan kedua bagian yang dibersihkan tersebut di atas dengan lap kain sampai tidak menyisakan air sedikitpun. Lalu lumasi terminal menggunakan jeli petroleum supaya nanti proses pemasangan aki baru menjadi lebih gampang.

  1. Memasang Aki Baru

Proses selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memasang aki baru kedudukannya. Pastikan kalau kapasitas dan ukuran aki yang dipasang sesuai dengan standar pabrik. Setelah itu, pasang bagian terminal positif, kemudian terminal negatif (kebalikan proses mencabut aki). Ingat, jangan sampai posisi kutub yang dipasang terbalik.

Apabila terbalik, maka bisa berdampak fatal pada komponen ECU, yang mana memiliki peran sangat penting dalam kelistrikan mobil. Kalau ECU rusak, maka akan ada banyak bagian yang mobil yang terganggu fungsinya.

  1. Reset ECU

Rangkaian dari cara pasang aki mobil yang terakhir adalah dengan mereset ECU. Namun hal ini tidak perlu diaplikasikan pada semua merk mobil.

Karena reset ECU biasanya hanya dilakukan pada kondisi tertentu, seperti apabila power window, central lock, dan takometer bermasalah, sehingga ECU harus di reset oleh pihak bengkel resmi.

Apakah Aki Boleh Diisi Ulang?

Pertanyaan ini sering kali dilontarkan oleh orang-orang yang baru membeli mobil. Seperti diketahui, kalau jasa pengisian aki ini ada dimana-dimana.

Tapi, apakah aki yang sudah tidak berfungsi maksimal dianjurkan untuk diisi ulang? Apalagi, tidak sedikit pemilik mobil yang melakukannya untuk menambah daya sehingga aki lama bisa difungsikan kembali seperti sedia kala.

Jadi, sebenarnya mengisi ulang daya aki bukanlah sesuatu yang dilarang. Hanya saja, meskipun daya telah diisi tapi kinerja aki tidak akan pernah semaksimal sebelumnya (sebelum soak).

Hal tersebut dikarenakan adanya beberapa bagian dari sel baterai sudah tidak berfungsi. Terlebih lagi, apabila usia pemakaiannya memang terbilang sudah cukup lama, misalnya lebih dari 2 tahun.

Oleh sebab itu, jika aki sudah melebihi masa pakai dianjurkan untuk menggantinya dengan yang baru. Dengan begitu, maka fungsi aki juga lebih maksimal saat diaplikasikan di mobil. Meskipun harganya cukup mahal, namun sangat worth it dengan keuntungan yang akan didapatkan.

Baca juga : Aki Mobil Tekor? Begini Cara Jumper Aki Mobil yang Aman

Temukan Produk Aki Terbaik di Indotrading

Anda kesulitan menemukan produk aki mobil di toko online maupun toko offline sekitar Anda? Jangan panik, karena Anda bisa langsung ke situs Indotrading.

Ada ribuan distributor dan supplier aki mobil yang dapat Anda beli disini. Penawaran harganya juga sangat variatif jadi tinggal di sesuaikan saja dengan budget.

Harga masih kurang murah? Tidak perlu khawatir karena di Indotrading Anda bisa melakukan penawaran langsung kepada penjual. Untuk masalah kualitas, Anda tidak perlu merasa ragu.

Karena bisa membeli produk dengan model dan merek terbaik langsung dari produsennya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi situs penjual aki terpercaya Indotrading sebagai solusi membeli aki bagus.

Setelah mengetahui cara pasang aki mobil dengan baik dan benar, maka Anda tidak perlu lagi menggunakan jasa teknisi. Namun, untuk mendapatkan hasil optimal, pastikan hanya membeli produk aki terbaik di toko terpercaya.

Karena bagaimanapun, aki berkualitas biasanya memiliki usia penggunaan yang lebih lama. Jadi, bisa menghemat anggaran keluar untuk mobil.

To Top