Digital Marketing

Blogger VS Worpress – Manakah yang Lebih Bagus untuk Strategi Marketing Anda?

blogger vs wordpress

Bicara tentang platform blogging terbaik, Anda pasti sudah familiar dengan blogger dan wordpress. Kedua platform ini menjadi andalan banyak pebisnis dan pemasar untuk membuat konten berkualitas yang mudah dijangkau audiens dan mudah dibuat. Tetapi, manakah yang terbaik untuk pemasaran bisnis Anda, apakah blogger atau wordpress?

Dengan ada begitu banyak platform yang tersedia, tidak ada yang bisa memastikan manakah platform blogging terbaik. Karena, bisa jadi satu platform cocok untuk satu bisnis, tetapi tidak cocok untuk bisnis yang lainnya. Jadi, jangan sakit kepala dulu dalam memilih. Anda bisa membandingkan blogger dan wordpress untuk mengetahui keunggulan masing – masing. Terlebih lagi, wordpress juga terdapat dua varian, yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Berikut adalah beberapa perbandingan blogger dan wordpress yang bisa dipertimbangkan untuk strategi marketing bisnis Anda.  

Perbandingan Blogger dan Worpress

1. Blogger.com

blogger

Blogger didirikan pada tahun 1999 oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Pada tahun 2006, setiap akun di-host langsung oleh server Google, sehingga dari segi performa, blogger menjadi platform yang jauh lebih handal. 

Para pengguna yang masih awam atau newbie, mungkin bingung apa perbedaan antara blogspot dan blogger? Pada dasarnya, keduanya masih berada dalam satu bendera Google. Blogger adalah platform penerbitan konten yang tidak berbayar atau gratis. Sedangkan, blogspot adalah penyedia layanan domain gratis. Keduanya dimiliki oleh perusahaan teknologi raksasa, Google dan digunakan bersama di atas platform Blogger.com. Begitu Anda mengetikkan URL: blogspot.com, maka pada gilirannya, laman yang terbuka adalah blogger.com. 

Ketika Anda membuat blog di platform Blogger, Anda akan secara otomatis mendapatkan domain blogspot.com. Tetapi, Anda tidak harus menggunakan domain blogspot.com, Anda masih bisa menggunakan domain alternatif yang lainnya untuk blog Anda. 

Keuntungan platform Blogger:

  • Sederhana dan mudah dibuat untuk pemula
  • Mudah digunakan dan dikelola
  • Dikelola oleh Google sehingga tidak ada masalah instalasi
  • Jangan khawatir tentang pembaruan perangkat lunak
  • Opsi untuk menghasilkan uang dengan Adsense dan mempromosikan dengan Adwords

2. WordPress.com

wordpress

Diluncurkan pada tahun 2005, WordPress.com adalah layanan blog freemium yang menggabungkan platform blogging WordPress gratis dan hosting premium dalam satu paket. WordPress.com merupakan rumah bagi semua orang, mulai dari blogger baru hingga Time, CNN, TechCrunch, dan masih banyak perusahaan ternama lainnya.

Anda bisa memulai dengan paket gratis, dan menambahkan tiga varian level premium lainnya. Semakin mahal, semakin banyak fitur dan fleksibilitas yang bisa diperoleh. 

Keuntungan WordPress.com

  • Gratis = $ 0 seumur hidup B (Paket termasuk subdomain WordPress.com, desain dasar, dan penyimpanan 3GB)
  • Pribadi = $ 2,99 per bulan, $ 36 per tahun (Paket termasuk nama domain kustom gratis, penyimpanan 6GB, dan menghapus semua iklan WordPress.com).
  • Premium = $ 8,25 per bulan, $ 99 per tahun (Paket termasuk alat desain canggih, pengeditan CSS, penyimpanan 13GB untuk audio dan video. Ditambah opsi untuk menghasilkan uang dari situs Anda dengan iklan).
  • Bisnis = $ 24,92 per bulan, $ 299 per tahun (Paket trmasuk Alat SEO, dukungan Google Analytics, Penyimpanan Tidak Terbatas. Ditambah opsi untuk menginstal tema dan plugin pihak ketiga, dan menghapus branding WordPress.com).

3. WordPress.org

worpress.org

WordPress.org didirikan pada tahun 2003 sebagai alat blogging dasar, tetapi telah berkembang menjadi CMS atau Content Management System yang lengkap. WordPress telah berkembang menjadi alat blogging mandiri terbesar di dunia, digunakan di jutaan situs dan dilihat oleh puluhan juta orang setiap hari. Sebagai bagian dari proyek Open Source, Anda bebas menggunakan perangkat lunak untuk apa pun tanpa membayar biaya lisensi kepada siapa pun.

Keuntungan WordPress.org

  • Open source dan gratis
  • Setelah diinstal, mudah digunakan dan dinavigasi
  • Lebih fleksibel dan dapat disesuaikan karena tidak ada batasan platform
  • Anda memiliki hak penuh akan situs Anda sehingga konten tidak dapat ditangguhkan atau dihapus

Bagaimana, kini Anda sudah memahami tentang perbedaan platform blogging, blogger dan wordpress. Anda perlu mempertimbangkan mana yang paling cocok untuk bisnis Anda. 

Baca juga: Cara Menemukan Niche untuk Toko Online atau Bisnis Online Anda

Pada intinya, blogger sangat bagus untuk pemula. Anda bisa langsung mulai menulis atau mem-posting konten secara gratis untuk memahami lebih dalam mengenai seperti apa dunia blogging. 

Akan tetapi, paket gratis WordPress.com juga tak kalah bagus untuk pemula atau baru belajar nge-blog. Ini akan membantu Anda memahami platform wordpress dan bloggng secara umum. Sayangnya, platform ini terbatas dan jika Anda membangun situs bisnis, Anda harus membeli paket premium (berbayar). Jangan khawatir, karena wordpress berbayar memiliki banyak keunggulan. Seperti performa tampilan lebih garang dan 34% kinerja lebih baik dari situs biasa. Paket premium wordpress juga memberi lebih banyak fitur dan opsi plus hosting yang tangguh. Tetapi, Anda masih harus mengeluarkan uang bulanan atau tahunan. 

Sedangkan, jika Anda ingin platform blogging yang lebih komplit, pilih wordpress.org. Memang, menggunakan platform ini terbilang sangat sulit, apalagi untuk pemula. Tetapi, dalam jangka panjangnya, platform blogging ini siap diandalkan untuk mengerjakan berbagai kebutuhan blogging berbasis CMS yang sempurna. 

Nah, sekarang kira-kira platform mana nih, yang cocok dengan Anda?

To Top