Digital Marketing

Begini Cara Mendapatkan Uang Tambahan dari Internet

cara mendapatkan uang tambahan

Saat ini, segala informasi bisa diperoleh dengan mudah hanya dengan mengetikkan keyword pada mesin pencari. Tapi, bagi sebagian orang internet bisa digunakan untuk mencari uang. Bahkan, beberapa orang berhasil mendapatkan penghasilan yang menggiurkan melalui internet. Ada banyak cara mendapatkan uang tambahan dari internet, mulai dari yang paling mudah hingga yang membutuhkan skill khusus, seperti jasa pembuatan website.

Jika mau ditekuni dengan serius, ada banyak cara mendapatkan uang tambahan dari internet, bahkan bisa memberikan keuntungan setara atau bahkan melebihi upah minimum regional (UMR). Apalagi, banyak yang bisa dilakukan dengan gratis atau tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Setiap orang bisa mencoba asalkan punya koneksi internet yang memadai.

Berikut ini, Indotrading  memberikan informasi mengenai beberapa cara mendapatkan uang tambahan dari internet yang hits di tahun 2020 yang bisa Anda coba.

Captchatyper dan Captcha Clicker

Captchatyper merupakan cara mendapatkan uang tambahan yang bisa Anda pilih. Khususnya bagi yang kurang memiliki skill dan hanya bisa mengetik. Captchatyper adalah pekerjaan mengetik captcha berupa image yang disediakan oleh perusahaan captcha. Anda bisa langsung mendaftar di beberapa startup captcha company seperti Kolotibablo, Megatypers, Captchatypers, 2captcha, dan Qlinkgroup. Hasil yang diperoleh variatif, berkisar antara $0,3 hingga $0,8 per 1000 captcha.

Selain itu, captcha company tersebut menyediakan pekerjaan captcha clicker. Captcha ini menggunakan sistem kerja mengklik dari 8 atau 9 pilihan gambar yang sesuai dengan gambar yang diminta. Biasanya dari 9 gambar, worker diminta untuk mengklik 3 atau 4 gambar yang benar. Captcha semacam ini disebut dengan google image. Untuk pembayaran, worker akan mendapatkan $1 hingga $1,7 setiap 1000 google image.
Captchatyper merupakan perusahaan asing, sehingga pembayarannya dilakukan melalui Perfect Money, Webmoney, Paypal, atau Payza.

Freelancer Desain Grafis

Jika Anda memiliki skill dalam bidang grafis, sekarang Anda bisa dengan mudah memanfaatkan skill untuk mendapatkan uang tambahan. Anda bisa menjadi freelancer dan menawarkan jasa Anda melalui internet. Anda bisa menggunakan website sendiri atau memanfaatkan platform yang mengumpulkan para freelancer untuk memasang iklan layanan jasa desain grafis Anda. Salah satu platform terbaik di Indonesia dalam bidang desain grafis adalah sribu.com. Anda bisa bergabung dengan mudah melalui platform tersebut.

Anda bisa menentukan sendiri jenis layanan yang sesuai dengan bakat, seperti desain spanduk, desain kartu nama, desain undangan pernikahan, desain company profile, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menentukan tarif sendiri sesuai dengan perhitungan dan kebijakan Anda.

Freelancer Website Development

Jika Anda memiliki skill IT dan dan Website, maka menjadi freelancer untuk website development adalah cara mendapatkan uang tambahan dari internet yang menjanjikan saat ini. Secara umum, Anda menawarkan jasa untuk pembangunan dan pengembangan website secara lepas. Saat ini, hampir setiap perusahaan bahkan perorangan memiliki website.

Anda bisa menggunakan berbagai macam layanan seperti jasa desain website, jasa maintenance website, jasa pembuatan website, dan lain sebagainya. Untuk mempromosikan skill yang Anda miliki, Anda bisa menggunakan website Anda secara pribadi atau bergabung dengan startup sribu.com.

Menulis artikel SEO

Cara mendapatkan uang tambahan dari Internet bisa Anda lakukan dengan menulis artikel SEO. Cara ini cocok bagi yang gemar menulis dan memiliki kemampuan menulis yang baik. Beberapa situs yang menawarkan pekerjaan dan proyek penulisan artikel SEO contohnya sribu.com atau sribulancer.

Secara sederhana, artikel SEO merupakan artikel dengan topik yang diupayakan agar dapat muncul pada halaman pertama di mesin pencarian Google. Tujuannya selanjutnya adalah kemungkinan pengunjung membaca artikel tersebut, sehingga potensi ketertarikan orang terhadap brand yang ditawarkan oleh perusahaan terkait semakin tinggi.

Menerbitkan Buku Digital Hasil Tulisan Sendiri

Saat ini, ada berbagai cara untuk menerbitkan buku, termasuk self-publishing. Self-publishing merupakan menerbitkan buku sendiri tanpa bantuan penerbit. Bahkan Anda bisa mengatur serta mengedit sendiri naskah, layout, dan judulnya. Self-publishing sangat populer belakangan ini, sehingga memungkinkan Anda akan menghadapi banyak kompetitor atau saingan untuk jenis usaha ini. Tapi, jika Anda berkomitmen untuk menulis buku dengan konten yang berkualitas, sudah pasti Anda bisa sukses hanya dengan melakukan self-publishing.

Menerbitkan buku digital sendiri terdapat berbagai aspek yang harus ditangani oleh Anda sendiri. Anda bertanggung jawab terhadap penulisan, penyuntingan, penyusunan, pembuatan sampul atau cover, pemasaran, hingga penjualan melalui situs-situs seperti Amazon.

Mengelola Akun Media Sosial

Sudah dipastikan saat ini setiap orang akan meluangkan lebih banyak waktu untuk aktif di media sosial. Kebiasaan ini sebenarnya bisa digunakan untuk cara mendapatkan uang tambahan. Misalnya dengan menawarkan jasa pengelola akun media sosial.

Pekerjaan seperti ini tidak begitu sulit, apalagi bagi yang sudah sangat familiar dengan media sosial dan paham tentang seberapa besar pengaruhnya. Anda hanya perlu meyakinkan orang-orang, terlebih yang sudah terkenal, untuk menyewa Anda sebagai pengelola akun media sosial.

Blogging

Blogging merupakan cara mendapatkan uang tambahan yang jitu dan dapat dilakukan dengan mudah. Anda bisa mendapat keuntungan yang lumayan. Pekerjaan ini sangat cocok untuk mahasiswa. Blogging memerlukan uang yang sedikit, hanya sekitar Rp 100.000,00 untuk membeli domain dan server.
Kunci utama blogging ada pada sebuah konten. Maka dari itu, konten yang Anda buat harus informatif dan berguna supaya pengunjung selalu hadir ketika Anda menulis konten yang baru.

Dropshipping

Dropshipping merupakan sebuah bisnis dengan metode menjual barang tanpa memiliki barang tersebut. Artinya, Anda tidak perlu mempunyai modal banyak untuk memulai bisnis ini, bahkan bisa jadi tanpa modal sama sekali. Dropshipping bisa Anda manfaatkan mendapatkan uang tambahan. Anda cukup memilih produk dan niche yang benar.

Dropshipper bisa dilakukan setiap saat dan di setiap tempat. Bahkan Anda bisa melakukan dropshipping hingga ke luar negeri. Anda bisa langsung mencari beberapa situs dropshipping yang ada di internet.

Survey Berbayar

Cara mendapatkan uang tambahan bisa Anda lakukan dengan mengerjakan survey online. Survey online dikelola oleh perusahaan yang akan menanyakan opini Anda tentang produk agar perusahaan bisa meningkatkan kinerja penjualan. Untuk mengikuti survey ini, Anda bisa mencoba beberapa website Indonesia seperti surveiberbayar.com dan in.tinjauperbandingan.net.

Jasa Joki Game Online

Ternyata, bagi yang hobi main game online juga bisa jadi cara mendapatkan uang tambahan dari internet. Jasa joki game online sangat dibutuhkan oleh para pecinta game untuk menaikkan peringkat/level akunnya secara manual dan cepat. Gamer yang memiliki peringkat tinggi pada akunnya, tentu saja akan tampak hebat di antara para gamer lainnya. Peringkat akun akan menjadi gengsi untuk para pemain game online.

Biasanya, dalam ajang kompetisi game online menerapkan syarat berupa pencapaian level tertentu kepada para gamers ikut serta untuk lolos ke babak kualifikasi. Sedangkan untuk dapat meningkatkan level satu akun, setidaknya dibutuhkan waktu 3 hari bahkan lebih. Pecinta game online yang memiliki kesibukan lain tentu saja tidak akan mencapai level dengan mudah.

Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan keadaan ini dengan menawarkan jasa joki game online. Banyak jenis game online yang diminati saat ini, seperti Mobile Legend, PUBG, Dragon Ball dan lain sebagainya. Setiap game menawarkan harga yang berbeda selain disesuaikan dengan jenis game, tentu disesuaikan juga dengan level, misi, dan kualifikasi yang ada pada akun game tersebut.

Baca juga: 10 Situs Freelancer Paling Populer di Indonesia

Selain 10 cara di atas, masih banyak cara mendapatkan uang tambahan dari internet, apalagi di tahun 2020 ini, sudah semakin banyak dikembangkan teknologi internet dan komputer. Anda bisa memilih cara yang cocok dan sesuai dengan skill Anda. Tentu saja yang paling utama adalah tekun, sabar, dan tidak mudah menyerah.
Semoga cara mendapatkan uang tambahan dari internet bisa memberikan solusi untuk keuangan Anda.

banner seller
To Top