Bisnis

6 Hobi di Waktu Senggang Ini Berpotensi Mendatangkan Uang

Apa yang biasa rekan Indopreneurs lakukan di waktu luang? Menghabiskan waktu bersama keluarga atau sekadar menjalankan hobi yang sudah mulai jarang dilakukan? Kesibukan dalam bekerja seringkali dijadikan kambing hitam saat seseorang tidak punya cukup waktu untuk menjalankan hobinya. Meskipun setiap orang memiliki hobi dan kegemaran yang berbeda-beda, rasanya tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menjalankan hobi yang diberi imbalan uang.

Setiap orang memiliki hobi dan kegemaran yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Hobi merupakan kegiatan atau aktivitas favorit yang biasanya dilakukan di waktu senggang atau hari libur. Dalam menjalankan hobinya, terkadang seseorang harus menghabiskan banyak uang, apalagi jika hobinya itu termasuk “hobi mahal”. Meskipun bisa menguras kantong sekalipun, orang yang sudah terlanjur menggemari hobi tertentu akan berusaha agar dapat terus menjalankan hobinya. Siapa sangka, hobi yang ditekuni suatu saat bisa mendatangkan rezeki. Berikut ini kami berikan ulasan tentang 5 hobi yang berpotensi mendatangkan uang:

  1. Traveling

 

travelingApakah anda salah satu orang yang punya hobi traveling? Bagi sebagian orang, pergi menjelajahi suatu tempat merupakan kegiatan menyenangkan yang rutin dilakukan. Dengan traveling, seseorang bisa mendapatkan pengalaman baru di tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Kita dapat mengenal masyarakat setempat dan belajar budaya adat istiadat lokal. Kegiatan jalan-jalan juga dapat menghilangkan kepenatan setelah bekerja berbulan-bulan. Tak jarang, melalui traveling kita dapat bertemu teman baru.

Namun kadang, traveling juga dianggap sebagai hobi mahal yang hanya menghabiskan uang. Terlebih lagi, jika kegiatan jalan-jalan ini dilakukan ke pelosok-pelosok daerah yang belum sering terjamah atau bahkan ke mancanegara yang untuk transportasinya saja butuh banyak biaya. Akan tetapi jangan salah, jika anda betul-betul menekuni hobi satu ini, bukan mustahil uang yang lantas akan mengikuti anda. Anda dapat menuliskan pengalaman traveling anda ke blog pribadi dan menjadi seorang travel blogger.

Jika pengalaman traveling anda bisa menginspirasi orang lain, bukan tidak mungkin anda akan dibanjiri tawaran endorse produk tertentu. Selain itu, anda juga dapat membuat peluang usaha misalnya dengan membuat program open trip. Tidak hanya ikut perjalanan traveling, anda juga dapat memperoleh uang dari program open trip tersebut. Anda juga dapat mengembangkan bisnis open trip anda dengan menjadi agen tiket pesawat, tiket kereta api, atau bahkan penyewaan kendaraan roda empat. Bagaimana, berminat untuk mencoba?

Baca juga: Bisnis Pecel Lele Lela Rangga Umara Berhasil Membuat Lele “Naik Kelas”

  1. Makan

makan

Semua orang tentu butuh makan. Namun beberapa orang menganggap ritual makan tidak hanya menjadi kebutuhan formalitas tiga kali dalam sehari, melainkan kegemaran yang menciptakan rasa senang. Tren wisata kuliner yang sedang berkembang pesat akhir-akhir ini turut memberikan peluang tersendiri bagi mereka yang hobi makan.

Hobi makan kadang memiliki kesan tak penting dan tak menghasilkan uang. Untuk menjalankan hobi yang satu ini, justru seseorang harus menghabiskan sejumlah uang untuk membayar makanan. Akan tetapi, jika makan menjadi hobi anda dan anda memiliki pengetahuan yang luas tentang makanan, anda mungkin dapat menjadi seorang food reviewer seperti Bondan Winarno yang terkenal karena komentarnya yang “maknyus” itu.

Semakin sering anda makan makanan yang beragam, pengalaman dan pengetahuan anda tentang makanan tentu akan berkembang. Anda juga dapat membuat review tentang makanan di media cetak dan media elektronik. Terlebih lagi, saat ini ada banyak platform yang bisa menampung review anda tentang makanan. Jika review anda bagus, banyak orang yang akan menyimak pendapat anda. Kalau sudah begitu, jangan heran jika ada banyak tawaran voucher makan di restoran-restoran kelas menengah hingga kelas mewah untuk anda.

  1. Main Game

 

main gameKata siapa main game hanya buang-buang waktu, bikin kantong kering, dan identik dengan orang malas? Jangan salah, main game juga dapat mendatangkan rupiah ke rekening tabungan anda.  Jika anda memiliki hobi main game, cobalah untuk menekuni hobi anda tersebut.

Chip atau karakter game yang sudah tinggi levelnya dapat anda jual dengan harga ratusan ribu hingga jutaan. Selain itu, anda dapat mengikuti turnamen game seperti Turnamen Game Dota 2 yang menyediakan total hadiah 10 juta dolar. Anda juga dapat menjadi game developer seperti Arief Widhiyasa, pemiliki Agate yang awalnya memiliki hobi main Game Ragnarok Online. Profesi game developer ini pun tidak bisa dianggap sebelah mata. Anda dapat mengantongi lebih dari 900 juta rupiah setiap tahunnya dari bisnis game ini. Menggiurkan bukan?

  1. Fotografi

 

fotografiFotografi kian menjadi hobi yang banyak digemari saat ini. Seiring perkembangan dunia digital dan kemajuan teknologi, hobi yang satu ini semakin diminati. Terlebih lagi dengan adanya tren kekinian di kalangan anak muda yang hobi mengabadikan momen yang terjadi sehari-hari.

Meskipun kelihatannya sepele, hobi fotografi termasuk salah satu “hobi mahal” karena membutuhkan peralatan seperti kamera, lensa, dan aksesoris lainnya yang harganya cukup mahal. Untuk menghasilkan gambar dengan kualitas yang bagus, dibutuhkan kreativitas yang tinggi dengan didukung teknik mumpuni. Jika ditekuni dengan telaten, hobi fotografi pun bisa mendatangkan rezeki bagi diri anda sendiri. Anda bisa menjadi fotografer prewedding, acara pernikahan, acara wisuda, proyek buku tahunan sekolah, dan lain sebagainya. Selain itu, anda juga dapat menjual foto hasil karya anda di platform online sehingga orangorang dari seluruh penjuru dunia dapat melihat karya anda. Jika anda memiliki modal yang cukup besar, anda juga dapat membuat studio foto tematik untuk foto keluarga atau online shop yang akhir-akhir ini mulai banyak bermunculan. Wah, ternyata banyak juga peluang bisnis untuk hobi yang satu ini. Tertarik mencoba?

Baca juga: Ingin Investasi Logam Mulia? 4 Langkah Praktis Ini Wajib Dicoba

  1. Lari

lariAkhir-akhir ini, lari menjadi salah satu hobi yang semakin digemari oleh kalangan eksekutif muda dan kalangan menengah ke atas di sekitaran Kota Jakarta. Lari merupakan salah satu olahraga yang fleksibel dan tidak membutuhkan peralatan yang banyak. Cukup dengan baju olahraga dan sepatu lari saja anda bisa melakukan olahraga satu ini. Hobi lari biasanya dilakukan setiap hari minggu pagi di lapangan atau alun-alun kota. Saat acara Car Free Day digelar, jalan raya pun sering dipenuhi orang-orang yang ingin berlari. Meskipun demikian, pada dasarnya olahraga ini cukup fleksibel dilakukan di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja.

Tidak ada salahnya jika anda menekuni hobi yang satu ini. Jika anda konsisten melakukannya dan dapat menularkan semangat positif untuk berolahraga lari ke orang lain, anda akan semakin banyak dikenal publik. Bukan tidak mungkin, berkat olahraga lari, anda akan menjadi bintang iklan suplemen kesehatan dan kebanjiran tawaran endorse produk perlengkapan olahraga. Anda juga dapat menjadi seorang konsultan kesehatan bagi orang lain. Siapa sangka dengan hobi lari pundi-pundi kekayaan anda akan jadi makin berisi.

           6. Musik

musik

Pada umumnya, setiap orang memiliki genre musik favorit tertentu seperti pop, rock, jazz, alternative, atau bahkan dangdut. Di sekitar kita, ada banyak sekali orang yang memiliki hobi musik. Entah itu mendengarkan musik, memainkan alat musik, menciptakan lagu, atau bahkan mengaransemen ulang musik.

Hobi musik memiliki cakupan peluang bisnis yang cukup luas. Jika rekan Indopreneurs suka bernyanyi serta memiliki suara bagus yang memiliki karakter unik, mungkin anda bisa mencoba membuat video di Youtube atau menawarkan demo suara anda ke perusahan-perusahaan rekaman. Jika beruntung, anda mungkin dapat diorbitkan menjadi penyanyi solo. Anda juga dapat membuat sebuah group band dan mulai manggung di acara pentas seni sekolah, acara kampus, atau acara pernikahan teman. Selain eksis, anda juga bisa mendapatkan rupiah dari hobi yang anda gemari.

Jika anda mahir memainkan sebuah alat musik seperti piano, biola, gitar, atau drum, tak ada salahnya mencoba menawarkan diri menjadi guru les privat musik. Selain dapat memanfaatkan waktu luang, anda juga dapat meraih bayaran ratusan ribu setiap jamnya. Apabila anda seorang introvert yang sering tidak percaya diri saat berhadapan dengan orang lain namun memiliki pengetahuan musik yang luas, mungkin anda bisa mencoba menjadi kontributor untuk majalah musik. Anda dapat menulis tentang sejarah musik, penyanyi, group band, atau review mengenai album musik pendatang baru. Tak disangka, ternyata hobi yang satu ini cukup menjanjikan banyak peluang. (erlin)

Baca juga: 5 Produk Agribisnis yang Paling Diminati Pasar Global

To Top