Digital Marketing

10 Tips Belanja Online yang Aman, Nyaman, dan Menyenangkan

online shop

Industri e-commerce saat ini tumbuh dengan pesat, salah satunya ditandai dengan kian banyaknya  toko online atau online shop. Kemudahan mengakses internet dari berbagai perangkat seperti desktop, laptop, tablet, dan smartphone, memungkinkan pembeli untuk belanja dari mana saja tanpa harus mengunjungi tokonya secara langsung, membuat online shop lebih digandrungi ketimbang belanja secara konvensional.

Namun, dibalik banyaknya kemudahan yang didapat dari online shop ternyata terdapat juga kekurangan yang perlu Anda waspadai. Anda harus ekstra waspada terutama dalam hal keamanan saat ingin belanja online. Pasalnya, banyak terjadi penipuan berkedok online shop yang telah menyebabkan banyak kerugian. Tentu, Anda sendiri tidak mau mengalaminya, bukan? Oleh karena itu, untuk menghindari konsekuensi terburuk dari belanja online, simak beberapa tipsnya berikut ini!

1. Meneliti Website Online Shop

online shop

Saat akan berbelanja di sebuah web online shop, Anda harus meneliti terlebih dahulu website tersebut. Lihatlah tampilan situs, khususnya pada desain yang digunakan. Online shop terpercaya tentu akan membuat situs toko online-nya terlihat menarik dengan desain yang profesional. Bahkan, sebagian marketplace ternama dan terpercaya akan memiliki aplikasi khusus yang bisa Anda download di Google Playstore.

Selain itu, Anda bisa melihat dari segi produk update, stok, biaya pengiriman, perubahan harga, dan lihat pula deskripsi produk. Anda juga perlu memeriksa nama domain dari online shop tersebut. Pastikan bahwa domain yang digunakan adalah domain berbayar, bukan gratisan.

2. Perhatikan Kelengkapan Informasi

online shop

Andah harus mencari informasi penjual atau pemilik toko di halaman online shop tersebut. Lihat secara detail mengenai kontak yang bisa dihubungi baik itu nomor telepon yang tertera, Pin BBM, Messenger, WA, atau live chat. Anda juga harus mencari informasi nomor rekening, alamat toko real atau kantor dari toko online tersebut. Pastikan semua jelas sehingga informasi tersebut cukup bagi Anda untuk melakukan transaksi.

3. Bacalah Kebijakan Online Shop

online shop

Online shop terpercaya pasti akan mempunyai kebijakan situs, tapi meskipun Anda menemukan halaman kebijakan situs, Anda tetap harus membaca dengan teliti dan jangan sampai ada beberapa poin yang merugikan Anda sebagai pembeli.

Bacalah juga kebijakan tentang pengembalian barang, karena dalam belanja online  barang yang dibeli tidak bisa Anda lihat secara fisik. Maka dari itu, pada kebijakan tersebut harus ada garansi jika barang tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, semisal barang cacat atau berbeda ukuran.

4. Periksa Keamanan Website

online shop

Anda harus melihat keamanan website tersebut, dengan melihat tanda berupa gambar gembok di bagian alamat situs pada di url browser Anda. Ketika Anda diminta untuk memasukkan informasi nomor kartu kredit, lihat alamat website tersebut, HTTP, SHTTP, HTTPS. Jika Anda melihat alamat menjadi https maka informasi pembayaran tersebut telah dienkripsi dan aman buat Anda.

5. Manfaatkan Google

online shop

Untuk memastikan website online shop tersebut adalah website yang benar-benar terpercaya, Anda harus melakukan penelitian melalui mesin pencarian seperti google. Anda bisa mengetik di google terkait toko online tersebut seperti “Toko A penipu, Toko A Scam, Toko A Terpercaya” dan lain sebagainya. Dengan demikian, jika ternyata Anda menemukan informasi dari pembeli lain yang ternyata memiliki pengalaman buruk tentang online shop tersebut, Anda harus waspada dan jangan melakukan transaksi.

Baca juga: Ingin Sukses Bisnis Minuman Boba? 6 Tips Ini Wajib Kamu Coba!

6. Optimalkan Keamanan PC Anda

Selain melihat keamanan dari website online shop yang Anda kunjungi, sebaiknya Anda mengoptimalkan keamanan PC atau perangkat Anda. Pastikan Anda selalu melakukan update software antivirus dan antispyware secara rutin. Saat ini, banyak program jahat yang secara eksplisit dirancang untuk mengambil keuntungan dari kerentanan keamanan di sistem operasi dan website browser. Maka dari itu, Anda harus tetap menjaga browser dan sistem operasi yang Anda gunakan dan pastikan selalu up-to-date. Anda juga tidak dianjurkan untuk menggunakan software layanan VPN gratisan untuk mengakses akun penting yang berhubungan dengan keuangan Anda. VPN gratisan bisa berakibat fatal pada kehilangan informasi atau bahkan uang Anda.

7. Mencetak dan Menyimpan Bukti Transaksi Anda

online shop

Setiap melakukan transaksi, pastikan Anda mencetak dan menyimpan bukti transaksi pemesanan tersebut. Menyimpan bukti pembayaran setiap Anda melakukan pembelian adalah cara yang baik, karena dengan menyimpan dokumentasi pembelian online akan menyelamatkan Anda jika terjadi permasalahan di kemudian hari. Kebanyakan sistem penjualan online akan mengirimkan link menuju e-mail Anda yang berisikan rujukan ke halaman website dan meminta Anda untuk melakukan konfirmasi pembelian.

8. Gunakan Password yang Kuat

Setiap keamanan yang berhubungan dengan akun online maka harus diambil tindakan keamanan dengan membuat password yang kuat. Password merupakan pertahanan keamanan terbaik yang Anda miliki tetapi jika password Anda tidak dibuat dengan tepat dan kuat, hacker dapat dengan mudah menebak password tersebut. Untuk setiap akun belanja online yang Anda miliki, pastikan Anda selalu membuat password yang kuat, unik, dan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Sebaiknya Anda secara rutin mengganti password akun Anda.

9. Gunakan Kartu Kredit

online shop

Kartu kredit dapat menjadi pilihan yang lebih aman untuk belanja online, karena kartu kredit memiliki batas pengeluaran. Berbeda dengan kartu debit yang akan secara langsung terkait dengan akun bank Anda.

10. Belanja di Online Shop yang Sudah Terkenal

Jika Anda ragu untuk melakukan pembelian di online shop yang belum cukup Anda kenal dengan baik, sebaiknya Anda memilih berbelanja di online shop yang sudah ternama dan familiar dengan Anda. Jangan pernah tergoda dengan harga murah yang tidak wajar yang ditawarkan oleh online shop yang kurang dapat dipercaya. Jangan mudah percaya pula dengan orang-orang yang menawarkan barang melalui akun media sosial seperti facebook, Instagram, dan lain sebagainya. Bertanyalah pada forum-forum atau pada teman Anda yang lebih berpengalaman mengenai belanja online di online shop tersebut sebelum melakukan transaksi.

Semoga dengan tips aman bertransaksi di online shop di atas, bertransaksi di dunia maya menjadi pengalaman menyenangkan.

To Top