Economy and Business

Ingin Sukses Bisnis Minuman Boba? 6 Tips Ini Wajib Anda Coba!

bisnis boba

Belakangan ini, bisnis minuman boba sedang booming di Indonesia. Trend ini tidak hanya didominasi oleh brand minuman boba yang sudah besar namanya, tetapi brand-brand baru juga terus bermunculan. Bahkan di satu mall, satu brand minuman boba dapat membuka beberapa outlet dan setiap outlet tersebut hampir tidak pernah sepi.

Begitu banyak peminat minuman boba, maka tidak heran jika sekarang banyak orang mulai merancang strategi bisnis dari minuman ini. Bisnis minuman boba merupakan potensi yang cukup menjanjikan. Jika Anda tertarik untuk melakukan bisnis ini, berikut ini tips-tips yang harus Anda lakukan ketika memulai bisnis minuman boba.

1. Merancang Konsep Bisnis

bisnis boba

Tahap awal yang harus Anda lakukan sebagai pebisnis minuman boba adalah dengan merancang konsep bisnis. Anda sudah tahu produknya, yaitu minuman boba, tetapi cara yang lain belum dipertimbangkan. Maka dari itu, Anda mulai melakukan perancangan mengenai konsepnya. Anda bisa memiliki konsep self-service, tempat nongkrong, atau khusus takeaway.

Elemen-elemen tersebut perlu Anda tentukan karena akan sangat membantu Anda dalam mengambil keputusan ke depannya. Dengan konsep bisnis yang kuat, maka Anda akan lebih mudah melakukan pengembangan bisnis minuman boba nantinya.

2. Menentukan Lokasi Paling Tepat

Dalam melakukan bisnis, lokasi tentu tidak bisa disepelekan, begitu juga untuk bisnis minuman boba. Lokasi menjadi salah satu faktor paling penting yang harus Anda perhatikan dalam memulai bisnis ini. Faktor lokasi masih berhubungan dengan konsep bisnis yang sudah Anda tentukan misalnya jika Anda sudah berencana membangun bisnis minuman boba dalam bentuk kafe, maka pilihlah lokasi dengan traffic tinggi dan area parkir luas. Namun, jika Anda telah memutuskan untuk menjalankan bisnis minuman boba dengan konsep food truck, maka Anda harus mencari tahu tempat-tempat yang bisa didatangi dan waktu yang tepat untuk berjualan di lokasi tersebut.

3. Mengembangkan Menu

Bubble tea secara umum merupakan produk yang cukup spesifik, namun masih banyak varian dan rasa yang harus Anda tentukan. Jadi, sebelum membuka bisnis minuman boba, Anda harus memikirkan menu-menu yang akan Anda tawarkan. Anda bisa menyediakan minuman boba dalam berbagai rasa teh buah, milk tea, atau brown sugar.

Anda harus dapat melakukan riset terhadap menu yang ditawarkan kompetitor, namun jangan mencontohnya. Anda bisa mengembangkan menu-menu tersebut untuk membuat bisnis Anda berbeda dan menjadi jauh lebih unggul dari kompetitor Anda. Selain itu, saat mendesain buku menu, pastikan jika Anda menerapkan desain yang memudahkan para pengunjung untuk membaca tulisan pada menunya.

4. Mencari Sumber Bahan-bahan

bisnis boba

Setelah menentukan menu yang cocok dan layak untuk dijual, Anda harus mencari  bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman boba. Berhubung minuman boba berasal dari Negara Taiwan, mungkin Anda bisa menyuplai bahan-bahan dari negara tersebut secara langsung. Namun, jika Anda merasa terlalu jauh, cukup melakukan riset untuk mencari supplier yang menawarkan bahan-bahan berkualitas tinggi dan tapi tetap dengan harga yang terjangkau.

Bahan-bahan yang harus Anda sediakan antara lain pearls, sirup aneka rasa, es batu, air mineral, krim, gula, teh, dan aneka topping lain. Selain itu, Anda harus menyediakan peralatan penting seperti cup plastik, penutup cup, dan sedotan dengan lubang besar agar boba bisa dinikmati dengan nyaman oleh para pelanggan.

5. Pertimbangkan Kompetitor Yang Sudah Ada

Saat ini, popularitas minuman boba sangat tinggi, sehingga bukan hanya peminat atau konsumennya saja yang banyak, tapi juga pelaku bisnisnya semakin bertambah. Dengan demikian, ada banyak kompetitor yang harus Anda lawan agar Anda sendiri bisa sukses berbisnis minuman boba.

Maka dari itu, Anda harus tahu apa yang dilakukan kompetitor Anda. Cobalah untuk mencari tahu mengenai menunya, konsepnya, dan harga minuman boba yang dijual. Anda bisa tahu hal-hal yang sekiranya belum atau kurang maksimal untuk dilakukan oleh kompetitor. Dengan demikian, Anda bisa mengisi kekosongan tersebut dan mencuri hati para konsumen agar memilih brand minuman boba dari Anda.

6. Melakukan Promosi Secara Online

bisnis boba

Mungkin Anda sudah mendapatkan lokasi usaha yang strategis, sudah melakukan riset, dan menggunakan kemasan yang menarik. Namun, nyatanya belum tentu mampu mendatangkan banyak pembeli. Maka dari itu, Anda harus gencar melakukan promosi secara online. Cobalah untuk menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis minuman boba Anda.

Jika perlu, Anda juga bisa mengundang influencer atau food blogger untuk mencicipi minuman Anda. Dengan melakukan promosi di media sosial dan mendapatkan review yang cukup baik, Anda bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan keuntungan bisnis bisa berlipat ganda.

Baca juga: Kisah Inspiratif Ashraf Sinclair: dari Aktor hingga Menjadi Investor

Itulah beberapa tips bisnis minuman boba yang bisa Anda lakukan ketika Anda ingin terjun menggeluti usaha tersebut. Tetap bersungguh-sungguh, kreatif, inovatif, dan berikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan.

 

To Top