Insight

10 Rekomendasi Tachometer Terbaik untuk Ukur Kecepatan Rotasi

rekomendasi tachometer terbaik

Pada abad modern ini segala sesuatu dirancang secara praktis dan lebih efisien. Sistem konvensional yang sudah dari dahulu dianut manusia lambat laun mulai tergantikan dengan sesuatu yang lebih praktis dan digital. Kini kendaraan telah dilengkapi piranti digital seperti tachometer. Tachometer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan putaran dari piringan atau poros engkol pada motor atau mesin lainnya. 

Biasanya, tachometer menampilkan Revolutions Per Menit (RPM) dalam sebuah pengukur skala analog. Tetapi, versi terbaru dengan tampilan digital juga sudah tersedia. Pemasangan Tachometer pada kendaraan berfungsi agar pengendara bisa memantau rotasi dan pemakaian mesin secara efektif dan efisien.

Bagi Anda yang terbiasa dengan mesin-mesin kendaraan, tentu sudah memahami ada begitu banyak merek tachometer di pasaran. Dari segi harga dan kualitasnya juga tidak boleh dipandang sama, lho! Nah, untuk itu Indotrading akan membahas mengenai 10 rekomendasi tachometer terbaik yang bisa Anda pilih berikut ini ya!

1. Datcon 111566

rekomendasi tachometer terbaik

Tachometer Datcon 111566 merupakan salah satu rekomendasi tachometer terbaik digital yang hadir dengan 5 digit skala RPM. Produk dari Meksiko ini memiliki spesifikasi skala rpm dari  0 sampai 65.535 RPM. Kemampuan dalam memberikan tegangan pencahayaan sendiri 12/24. Serta, menggunakan skala voltage 9V DC sampai 32V DC. Desain dari tachometer ini menggunakan pilihan satu warna, yaitu hitam untuk memaksimalkan pencahayaan yang dikeluarkan pada layar (display).

 

2. Veethree 080820 

rekomendasi tachometer terbaik

Tachometer Veethree 080820 termasuk dalam jenis tachometer digital dengan skala RPM 0 – 4000 RPM. Desain dari tachometer ini berbentuk lingkaran dengan diameter 8,5 cm. Spesifikasi lain berupa kebutuhan tegangan (voltage) dalam dua pilihan, yaitu 12 V atau 24 V. Tachometer veethree ini memiliki ukuran yang cukup kecil, namun display yang dimiliki sangat menarik dan sangat jelas dalam menampilkan skalanya.

 

3. SKF TKRT Series

rekomendasi tachometer terbaik

Tachometer SKF TKRT Series sangat user-friendly dan akurat karena menggunakan laser atau kontak untuk mengukur kecepatan rotasi dan linear. Alat ini dilengkapi dengan laser dan adaptor kontak sehingga menawarkan fleksibilitas pengukuran kecepatan yang sangat baik dalam berbagai mode.

Keunggulan tachometer ini terletak pada sistem optik lasernya yang memungkinkan pengukuran non-kontak dengan mudah dan cepat pada jarak yang aman. Rentang sudut lebar lebih kurang 80° ke arah target. Tachometer ini memberikan fasilitas pengukuran yang mudah di area pada akses garis lurus yang pada umumnya cukup sulit dilakukan. 

Tachometer SKF TKRT juga menampilkan banyak pilihan satuan ukur seperti RPM, RPS, M, FT, YDS per menit, atau YDS per detik. Desain yang sederhana dan efisien membuat alat ini mudah digunakan dan dioperasikan secara one hand.

 

4. Hioki FT3405

rekomendasi tachometer terbaik

Tachometer Hioki FT3405 menerapkan konsep digital contactless portable yang  menggunakan cahaya spektrum pantulan untuk mengukur kecepatan dari objek yang berputar pada benda yang telah ditempelkan pita reflektif. 

Keunggulan tachometer ini adalah memastikan keamanan dan ketenangan pikiran ketika mengukur benda-benda berputar yang tersembunyi di dalam peralatan atau yang gerakannya menimbulkan bahaya. 

Spesifikasi yang dimiliki adalah rentang pengukuran Non-kontak (AVG) 30 rpm hingga 199,99 rpm dan jangkauan deteksi pengukuran non-kontak sejauh 5 cm hingga 50 cm. Tachometer portable ini menggunakan dengan nilai konsumsi 0,5 VA. Dimensi 7,1 x 18,6 x 3,8 (dalam cm) dan beratnya adalah 230 gram sudah dengan baterai di dalamnya.

 

5. HT Italia HT2234N

rekomendasi tachometer terbaik

Tachometer HT Italia HT2234N menjadi tachometer terbaik digital dengan fitur layar LCD yang cukup besar, kawat skala pengukur, dan hadir dengan resolusi tinggi. Tachometer ini memberikan pengukuran yang sangat akurat dan anti error. 

Selain itu, tersedia fitur penyimpanan untuk melihat kembali pengukuran yang dilakukan setiap saat. Spesifikasi Tachometer ini yaitu tampilan skala 5 digit dengan range 2,5 sampai 99,999 rpm. Dengan keakuratan pengukuran +0,05%, serta terdapat pilihan skala otomatis. Dimensi ukuran 12,1 x 7 x 3,8 (dalam cm), konsumsi arus 35 mA (LED) + 30mA (laser), dan menggunakan baterai 9V.

 

6. Amprobe TACH-10

rekomendasi tachometer terbaik

Tachometer Amprobe TACH-10 juga termasuk dalam deretan rekomendasi tachometer terbaik. Sebab, tachometer digital ini bisa mengukur secara tepat, bahkan untuk putaran yang sangat cepat. Satuan ukur yang disediakan bisa diganti sendiri oleh pengguna, seperti  RPM, m/min, ft/min, dan yd/min. 

Fitur yang tersedia antara lain digital display,  auto power-off function, easy to select units and mode functions. Spesifikasi dari alat ini adalah menggunakan skala rotasi 10,0 rpm sampai 99,999 rpm. Ukuran LCD 1,5 x 3,3 (dalam cm), menggunakan baterai 9v, dan kebutuhan arus sebesar 18mA.

 

7. Smart Sensor AR926

rekomendasi tachometer terbaik

Sesuai dengan namanya, tachometer digital Smart Sensor AR926 ini memiliki fitur yang sangat cerdas. Didesain dengan bahan yang kuat dan ringan, yaitu menggunakan bahan plastik ABS.

Diklaim sebagai smart tachometer karena pada layar LCD yang cukup lebar bisa memberikan solusi pengukuran bagi penggunanya. Keunggulan dari alat ini adalah mudah dibaca, indikasi fungsi baterai yang rendah, dan memiliki fungsi penyimpanan data. 

Spesifikasi yang ada pada alat ini yaitu penggunaan 3 baterai 1,5 V. Dimensi yang cukup nyaman digenggam oleh tangan, yaitu 15 x 5,6 x 3,1 (dalam cm). Skala pengukuran yang digunakan mulai dari 2,5 rpm sampai 99999 rpm.

 

8. Extech 461880

rekomendasi tachometer terbaik

Sementara itu, Tachometer Extech 461880 menawarkan kombinasi antara tachometer dan vibrator sekaligus. Alat ini dapat mengukur dengan skala putar 10 rpm sampai dengan 99,999 rpm. Kecepatan resistensi yang dimiliki adalah 20 cm/detik dan percepatan maksimum resistensinya 2000 cm/s persegi. 

Ukuran dari alat ini 18,8 x 7,55 x 4,68 (dalam cm) dengan berat 507 gram. Sebagai 2 alat yang dikombinasikan dalam satu fungsi, tachometer ini tersedia dengan software yang compatible dengan windows XP. 

Desain layar LCD sangat unik, karena bisa menampilkan hasil dengan keadaan terbalik. Fitur yang tersedia yaitu RMS atau peak value measurement modes, data hold and auto power off features, dan manual/auto store/recall up to 1000 readings. 

 

9. Lutron VB-8204

rekomendasi tachometer terbaik

Tachometer Lutron VB-8204 juga merupakan kombinasi dengan vibration meter. Satuan yang digunakan m/min, ft/min, dan inch/min. Alat ini membutuhkan konsumsi 4 baterai bertenaga 1,5 V. Fitur yang disediakan adalah data logger, tampilan komputer RS-232, serta data hold and record, hingga professional vibration sensor yang inovatif.

 

10. TYPE-R 5 R4in1

rekomendasi tachometer terbaik

Meski analog, namun Tachometer Type-R paling umum dijumpai dan banyak diminati. Salah satu yang terbaik adalah TYPE-R 5 R4in1. Alat ini banyak digunakan untuk kendaraan seperti jeep, truck, pick up, sedan, dan sebagainya. 

Selain itu, beberapa mesin industri banyak yang memilih menggunakan tachometer jenis ini. Keunggulan dari tachometer ini adalah ukuran hanya 5 inci dengan layar kontras yang cukup tinggi. Tersedia fungsi recall yang memungkinkan pengguna untuk meninjau RPM puncak setelah mesin beroperasi. 

Desain yang digunakan berbasis microController pengukuran skala 0 rpm sampai dengan 11000 rpm. Tersedia lampu shift eksternal dengan panel kontrol yang akan bekerja dari 1000 RPM sampai dengan 11000 RPM melalui tombol adjust.

Baca juga: 10 Penangkal Petir Terbaik, Buat Hunian Anda Lebih Aman

Itulah 10 rekomendasi tachometer terbaik yang bisa dipilih. Anda bisa mendapatkannya dari supplier tachometer terpercaya yang ada di platform supplier tachometer terbaik di Indonesia, yaitu indotrading.com!

 

 

To Top