Digital Marketing

10 Hobi yang Dapat Menghasilkan Uang di Era Digital

10 Hobi yang Dapat Menghasilkan Uang di Era Digital

Saat ini, tidak sedikit orang memilih untuk meninggalkan hobi atau kegiatan yang mereka sukai demi bekerja dan menghasilkan uang dari pekerjaannya. Anggapan bahwa hobi tidak bisa menghasilkan uang dan mengganggu aktivitas kerja menjadi salah satu faktornya.

Padahal, ada banyak jenis hobi yang dapat menghasilkan uang dan sudah terbukti dilakukan oleh banyak orang. Jadi, anggapan bahwa hobi tidak akan mendatangkan penghasilan merupakan anggapan yang tidak benar seluruhnya. Justru, Anda bisa menjadikan kegiatan yang Anda suka sebagai strategi menghasilkan uang, lho!

Beberapa hobi yang diketahui mampu menghasilkan uang dalam jumlah yang cukup besar. Mungkin Anda tidak pernah menyadari kalau salah satu dari kegiatan tersebut adalah hobi yang Anda miliki. Berikut ini, 10 hobi yang dapat menghasilkan uang di era digital.

1. Blogging

10 Hobi yang dapat Menghasilkan Uang di Era Digital

Blogging merupakan salah satu hobi yang digemari oleh banyak orang di Indonesia, terutama untuk yang gemar berbagi informasi kepada orang lain. Bagi Anda yang berjiwa blogger, mungkin kegiatan Anda dapat dijadikan salah satu bisnis yang dapat menghasilkan uang. Iklan menjadi salah satu sumber penghasilannya. Maka dari itu, Anda dapat memulai bisnis ini dengan menerbitkan konten-konten yang berkualitas dalam blog Anda.

Setelah merasa yakin, bahwa blog memenuhi kriteria, selanjutnya tinggal mendaftarkan situs blog ke beberapa layanan yang membutuhkan publisher iklan seperti Google Adsense dan lain sebagainya. Perlu Anda ketahui, blogging sangat menjanjikan untuk Anda, karena tugas Anda selanjutnya hanyalah menerbitkan konten bermanfaat, serta melakukan promosi agar blog semakin banyak dikunjungi.

2. Memasak

10 Hobi yang dapat Menghasilkan Uang di Era Digital

Memasak pada umumnya diminati oleh para wanita, tetapi banyak juga pria yang menekuni hobi ini. Bagi Anda yang suka memasak, Anda bisa menjadikannya sebagai lahan bisnis yang sangat menguntungkan. Anda bisa menjalankan usaha makanan katering. Jika Anda, bisa berinovasi terhadap citra dan rasa masakan, maka konsumen akan datang sendiri karena makanan adalah kebutuhan pokok seluruh umat manusia.

3. Menulis

10 Hobi yang dapat Menghasilkan Uang di Era Digital

Jika Anda gemar menulis, Anda dapat menjual tulisan-tulisan yang Anda miliki kepada situs-situs yang membutuhkan. Kalangan blogger yang tidak memiliki waktu untuk menulis artikelnya sendiri, biasanya sering mencari jasa penulis artikel. Anda bisa memulai hobi Anda selain menulis untuk blog sendiri juga bisa menulis artikel untuk blog orang lain. Anda bisa mempromosikan pada startup yang menyediakan jasa layanan content writer atau penulis artikel.

4. Fotografi

10 Hobi yang dapat Menghasilkan Uang di Era Digital

Anda mungkin salah satu orang yang sangat tertarik dengan dunia fotografi. Anda dapat memanfaatkan skill Anda dalam mengambil foto dengan peralatan pendukung yang telah lengkap tersebut sebagai sarana dalam menjalankan bisnis Anda. Fotografer sangat dibutuhkan dalam kegiatan-kegiatan akbar dan kegiatan-kegiatan penting untuk dokumentasi. Anda dapat menawarkan jasa foto pre-wedding, wedding, bahkan jika mungkin Anda juga bisa memotret seorang model.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memotret beberapa objek yang unik. Jika objek tersebut bisa viral, Anda bisa menjual hasil gambar Anda kepada situs-situs yang mau membeli gambar dari Anda.

5. Gaming

10 Hobi yang dapat Menghasilkan Uang di Era Digital

Menjadi seorang gamer saat ini memang bisa dipandang buruk oleh beberapa kalangan masyarakat. Masih banyak orang beranggapan bahwa kegiatan gaming ini merupakan kegiatan yang tidak bermanfaat. Padahal, jika gamer tersebut pandai memanfaatkan peluang bisnis, kegiatan ini akan banyak memberikan keuntungan.

Jika Anda merupakan seorang gamer, Anda dapat memulai bisnis dengan memanfaatkan game itu sendiri seperti jual cash karakter, aksesoris, akun, dan lain sebagainya. Selain itu, jika Anda sangat mahir dalam beberapa game, Anda bisa menjadi joki game. Anda tidak hanya cukup puas bermain game, tetapi akan mendapatkan keuntungan dari hobi Anda.

6. Videografi

10 Hobi yang dapat Menghasilkan Uang di Era Digital

Jika Anda seorang yang memiliki hobi seperti videografi, maka Anda sangat beruntung, karena hobi ini bisa dijadikan bisnis yang sangat menguntungkan. Sumber penghasilan Anda adalah Youtube. Di sini, Anda akan mendapat kesempatan untuk mengunggah video yang Anda miliki dan program iklan seperti Adsense. Anda akan mendapatkan bayaran untuk iklan yang tampil dan program lain yang akan membayar berdasarkan viewers.

7. Desain Grafis

10 Hobi yang dapat Menghasilkan Uang di Era Digital

Hingga saat ini masih banyak orang yang membutuhkan desain untuk ilustrasi animasi, dan iklan. Anda dapat memanfaatkan hobi desain grafis yang Anda miliki sebagai salah satu bisnis yang mampu menghasilkan uang. Persaingan dalam bisnis saat ini cukup, perusahaan membutuhkan segala aset market dalam desain yang unik. Maka dari itu jasa desain grafis akan terus dicari.

Anda bisa mempromosikan bakat dan hobi Anda pada beberapa layanan platform online yang tersebar luas di Internet.

8. Traveling

10 Hobi yang dapat Menghasilkan Uang di Era Digital

Kegiatan traveling di masa lalu kebanyakan menghabiskan waktu dan uang. Tapi sekarang, hobi traveling bisa mendatangkan keuntungan. Jika Anda pandai membaca peluang, salah satu cara menghasilkan uang dari hobi traveling adalah dengan menjadi pemandu wisata untuk beberapa tempat yang sering Anda kunjungi. Selain itu, Anda bisa memotret pemandangan, kultur, atau budaya setempat kemudian Anda jual fotonya tersebut secara online. Anda juga bisa menjadi travel blogger dengan menulis segala kesan dan pengalaman pada destinasi wisata yang pernah Anda kunjungi.

Cara yang paling ampuh adalah dengan mendokumentasikan dalam bentuk video yang bisa Anda upload di Youtube. Jika video Anda menarik dan bisa menarik banyak subscriber, maka Anda akan mendapatkan banyak keuntungan.

9. Hobi Makan

10 Hobi yang dapat Menghasilkan Uang di Era Digital

Hobi makan tidaklah sekedar menghabiskan uang dan membuat badan semakin gemuk. Di zaman sekarang, hobi mencicipi berbagai macam kuliner ternyata bisa mendapatkan uang. Dengan berkunjung ke sebuah restoran atau warung makan, Anda bisa membuat ulasan atau konten untuk blog pribadi Anda.

Bahkan, Anda bisa merekam dalam bentuk video dan mengunggahnya di Youtube. Jika Anda cukup meyakinkan, maka bisa jadi beberapa restoran akan menawari Anda untuk bekerja sama.

10. Kerajinan Tangan

10 Hobi yang dapat Menghasilkan Uang di Era Digital

Jika Anda gemar membuat kerajinan, Anda bisa menjual kerajinan tangan buatan Anda dan mendapatkan banyak uang. Anda akan sangat diuntungkan dengan hobi ini, karena pada umumnya hobi ini tidak membutuhkan banyak modal. Bahkan, saat ini banyak kerajinan dari barang-barang bekas yang bisa dijual dengan harga cukup fantastis.

Ada banyak orang yang tertarik membeli berbagai barang kerajinan tangan, namun kesulitan mencari penjualnya. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan hobi ini dengan menjual hasil kerajinan tangan Anda secara online.

Hati-hati! 5 Hal ini Bisa Bikin Strategi Pemasaran Anda di Media Sosial Jadi Gagal!

Dari 10 hobi tersebut, mungkin saja salah satu adalah hobi Anda. maka dari itu, jangan sia-siakan dan mengabaikan hobi Anda karena anggapan mengganggu pekerjaan Anda. Ketahuilah bahwa pekerjaan yang menyenangkan adalah hasil yang diperoleh dari kegiatan yang disenangi.

 

To Top