Digital Marketing

10 Manfaat Penerapan Gamification dalam Perusahaan

gamification

Permainan atau game secara umum dipandang sebagai hiburan untuk menghilangkan stres dan penat setelah melakukan pekerjaan berat atau sekadar untuk mengisi waktu luang ketika santai. Namun, permainan memiliki andil yang cukup besar dalam membangun sebuah perusahaan yang sehat. Metode permainan tersebut dikenal dengan nama gamification atau gamifikasi. Gamifikasi merupakan sistem pengonversian prestasi kerja dan mengukurnya berdasarkan parameter yang sudah ditentukan layaknya level-level di dalam sebuah permainan. Banyak manfaat yang akan diperoleh perusahaan ketika memanfaatkan strategi gamification, lho! Penasaran, apa saja manfaatnya? Yuk, baca tulisan di bawah ini!

1. Memproyeksikan Tujuan di Masa Mendatang

gamification

Pada dasarnya, gamification sangat efektif digunakan sebagai teknik untuk memproyeksikan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di masa mendatang. Perusahaan dapat melakukan gamifikasi dengan cara-cara unik atau menerapkan aturan permainan untuk konteks non-permainan. Melalui sebuah permainan, perusahaan dituntut untuk menyampaikan tujuan atau proyek yang akan dilakukan terhadap tenaga kerja atau sumber daya manusia yang tersedia,

2. Menghilangkan Stress dan Penat

gamification

Dalam sebuah kegiatan di perusahaan, adakalanya harus dilakukan dengan serius sehingga membuat kondisi para pekerja menjadi stress dan penat. Mungkin terlalu serius menyikapi permasalahan yang dibahas, sehingga masing-masing merasakan sebuah ketegangan. Hal seperti ini sering terjadi ketika dalam kegiatan rapat perusahaan. Selaku orang yang bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan tersebut, bisa memanfaatkan gamification di tengah rapat, misalnya pada waktu setelah break. Dengan demikian, semua pihak yang terlibat dalam rapat kembali fresh dan semangat untuk melanjutkan kegiatan.

3. Sebagai Strategi Melatih Kerjasama Tim

Dalam menerapkan gamification, ada beberapa prosedur yang harus dipenuhi. Gamifikasi harus meliputi segala aspek yang pada mulanya sulit dijalankan menjadi lebih mudah diselesaikan. Untuk melakukan strategi tersebut, maka dibutuhkan kerjasama tim. Dengan demikian, tim yang dibentuk dalam perusahaan semakin siap untuk bekerja sama dengan baik.

4. Melatih untuk Berpikir Kritis

Untuk mendapatkan ide permainan yang sesuai dengan proyek dan tujuan bisnis bukanlah tindakan yang mudah. Perlu berpikir keras untuk menentukan konsep permainan, perencanaan, hingga aturan-aturan yang diberlakukan dalam permainan tersebut. Namun, jika Anda berhasil melakukannya, maka Anda telah mampu berpikir kritis untuk permasalahan-permasalahan rumit yang Anda hadapi.

5. Lebih Menjangkau Pengguna dan Konsumen

gamification

Konsumen merupakan faktor yang paling penting bagi sebuah perusahaan. Konsumen merupakan tulang punggung perusahaan yang berdampak bagi perusahaan untuk bisa tetap berjalan atau harus terhenti. Semakin dekat interaksi perusahaan dengan konsumen, maka tingkat loyalitas dari konsumen bisa semakin tinggi. Khususnya untuk konsumen baru yang belum mengerti dan merasakan secara langsung brand yang ditawarkan.

Kesuksesan dalam menjangkau konsumen menggunakan teknik gamification merupakan sebuah prestasi yang sangat luar biasa. Salah satu contoh gamification adalah GOJEK yang memiliki GO-POINTS. Fitur yang dimiliki mengajak para pengguna untuk sering bertransaksi lewat GO-PAY. Semakin banyak melakukan transaksi, semakin banyak pula poin yang diperoleh. Semakin banyak poin diperoleh, semakin besar peluang mendapatkan hadiah-hadiah tertentu.

6. Membantu Perancangan Strategi Perusahaan

Teknik gamification bisa membantu perusahaan dalam merancang strategi branding bisni. Perusahaan dapat mengajak karyawan untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi oleh perusahaan di masa-masa kritis dan cara untuk meningkatkan penjualan dengan melakukan negosiasi dengan calon konsumen yang potensial.
Seorang pimpinan perusahaan akan mendapatkan gambaran mengenai langkah yang harus dijadikan strategi selanjutnya dalam keberlangsungan dan perkembangan perusahaan. Strategi pemecahan masalah dan negosiasi sering menjadi materi dalam peningkatan kapasitas dalam sebuah perusahaan.

7. Memotivasi karyawan

gamification

Strategi dari gamification juga berguna untuk memotivasi karyawan dalam sebuah perusahaan. Sebagai teknik yang jitu untuk mengelola sumber daya manusia terutama meningkatkan kinerjanya. Gamification dapat dilakukan dengan mengelola sumber daya manusia atau karyawan dengan cara yang lebih efektif dibandingkan dengan cara lama seperti memberikan arahan yang cenderung membosankan.

8. Mampu Menumbuhkan Inovasi Baru

Gamification merupakan salah satu cara yang mampu menumbuhkan inovasi dan kreativitas bagi diri karyawan sebuah perusahaan. Untuk memanfaatkannya secara optimal, maka sebagai pemimpin perusahaan harus melakukan setidaknya tiga cara seperti memanfaatkan permainan untuk mendapatkan ide baru, melakukan simulasi game untuk kreativitas, dan memahami karakteristik lain yang ada. Teknik gamifikasi  adalah bermain sebagai kunci untuk mencapai kesuksesan, yang bisa berupa game konsol dan game-game lainnya.

9. Proses Perekrutan

gamification

Teknik gamification juga berguna untuk talenta terbaik. Cara unik seperti ini pernah dilakukan oleh biro intelijen dan keamanan di Inggris GCHQ. Perusahaan tersebut membuat kode pesan misterius saat merekrut mata-mata terbaik. Para kandidat harus mengetahui isi pesan tersembunyi tersebut agar bisa melanjutkan proses seleksi ke tahap selanjutnya. GCHQ dapat menentukan kandidat terbaik melalui tes dan permainan tersebut.

10. Melakukan Pelatihan Lebih Mudah

gamification

Wide Angle View Of Busy Design Office With Workers At Desks

Perusahaan besar yang memanfaatkan gamifikasi untuk pelatihan adalah Daiichi Sankyo. Dalam pelatihan karyawannya, perusahaan farmasi di Jepang ini mendesain permainan yang mengusung sebuah cara menangani pasien diabetes. Kesabaran dan keuletan karyawan akan diuji dalam strategi gamifikasi, sehingga nantinya akan menjadi karyawan yang tekun dan tangguh ketika bekerja di perusahaan.

Baca juga: 10 Dompet Digital/E-wallet yang Paling Populer di Indonesia

Setelah mengetahui ulasan di atas, bisa diambil sebuah kesimpulan bahwa gamification adalah strategi yang cukup unik dalam meningkatkan kinerja dan membuat perusahaan menjadi lebih baik di masa depan.

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top