Digital Marketing

10 Dompet Digital/E-Wallet yang Paling Populer di Indonesia

dompet digital

E-wallet atau dompet elektronik merupakan aplikasi atau fitur yang dikembangkan untuk memudahkan pengguna melakukan berbagai transaksi dan pembayaran. Dompet digital  semakin populer di Indonesia setelah banyak perusahaan startup yang mengembangkan bisnis berbasis transaksi secara online. Sistem dari dompet digital adalah mengharuskan para nasabah untuk menaruh sejumlah uang ke dalam akun yang nantinya saldo/uang tersebut bisa langsung digunakan untuk belanja di merchant yang sudah bekerjasama dengan pihak pengembang dompet digital.

Pengguna dompet digital semakin meningkat selain karena kemudahan layanan juga karena ada banyak promo yang ditawarkan dari aplikasi dompet digital. Dengan segala kemudahan yang diperoleh, maka para pengguna e-wallet/dompet digital merasa tidak ada ruginya menggunakan fasilitas untuk berbelanja dan melakukan pembayaran. Saat ini, ada beberapa aplikasi dompet digital yang cukup populer di Indonesia. Berikut in, 10 e-wallet atau dompet digital yang populer di Indonesia.

1. Gojek (Go-Pay)

gopay

GO-PAY merupakan nama baru yang digunakan untuk mengganti nama Go Wallet. GO-PAY pada awalnya dikhususkan untuk layanan dompet virtual dalam menyimpan GOJEK Credit penggunanya. Namun, saat ini sudah bisa digunakan untuk membayar transaksi-transaksi yang berkaitan dengan layanan di dalam aplikasi GOJEK. Agar dapat menggunakan layanan GO-PAY, Anda harus memastikan bahwa saldo di dalam GO-PAY Anda mencukupi. GO-JEK juga menyediakan layanan pembayaran parsial, yaitu bisa membayar dengan saldo GO-PAY, lalu sisanya bisa dibayarkan dengan uang tunai.

Saat ini GO-PAY sudah terintegrasi dengan bank-bank besar yang di Indonesia demi kemudahan para kliennya untuk melakukan isi saldo ke dalam GO-PAY. Beberapa bank besar yang telah menjadi mitra GO-JEK dalam layanan GO-PAY antara lain BCA, Bank Mandiri, Bank BRI, Danamon, BNI, dan lain sebagainya.

2. OVO

ovo

OVO merupakan aplikasi smart yang memberikan kesempatan untuk Anda untuk lebih besar mengumpulkan poin di banyak tempat. Anda bisa menggunakan OVO untuk bertransaksi di semua merchant yang bertanda OVO Accepted Here. Anda akan mendapatkan poin dari setiap transaksi dengan OVO dan menggunakan OVO points tersebut di merchant bertanda  OVO Zone. Secara umum, OVO Cash dapat digunakan untuk berbagai macam pembayaran pada merchant atau startup yang telah bekerjasama dengan OVO. Kemudahan transaksi tanpa mengharuskan nasabah membawa cash terlalu banyak merupakan alasan orang memilih OVO sebagai dompet digital untuk berbagai keperluan transaksi dan pembayaran.

3. DANA

Dana

DANA merupakan aplikasi untuk layanan dompet digital (e-wallet) yang telah memperoleh izin dari pihak Bank Indonesia (BI) sebagai Lembaga Keuangan Digital (LKD), penggunaan e-money, dan penggunaan e-wallet. DANA sedikit berbeda karena aplikasi terhubung dengan pihak kependudukan dan pencatatan sipil. Dengan demikian, masa approval-nya bisa dipersingkat. Aplikasi DANA bisa digunakan untuk membayar tagihan dan berbelanja di berbagai merchant atau marketplace. Selain itu, aplikasi ini sudah terhubung dengan ATM Bersama dan serta BPJS Kesehatan. Maka dari itu, alasan orang menggunakan DANA karena bisa dibilang aplikasi e-wallet ini berbeda dan lebih fleksibel.

4. LinkAja

linkaja

LinkAja merupakan produk yang dibangun oleh pihak Telkomsel sebagai dan merupakan gabungan dari layanan e-Cash milik Bank Mandiri. Sebelumnya e-Cash bernama tCash. Layanan ini berupa aplikasi yang bisa digunakan untuk bertransaksi seperti menggunakan uang tunai di merchant yang menjadi rekanan Bank Mandiri dan Telkomsel. Selain itu, nasabah juga bisa melakukan keperluan lainnya seperti transfer, tarik tunai, dan bertransaksi secara offline dengan cara tap atau scan. Nasabah Bank Mandiri, sangat tertarik untuk menggunakan layanan LinkAja karena lebih praktis dan bisa dikelola dalam satu rekening.

5. i.saku

I.saku merupakan layanan dompet digital yang dikembangkan oleh Indomaret. Untuk melakukan top up saldo, Anda dapat melakukannya di gerai Indomaret. Aplikasi i.saku memungkinkan Anda untuk bertransaksi di Indomaret secara non tunai. Layanan dari i.Saku tidak jauh berbeda dengan e-wallet lain pada umumnya, yaitu top-up saldo, transaksi merhcant, transfer dana, dan tarik tunai.

6. Jenius

Jenius Pay merupakan cara baru melakukan transaksi secara online menggunakan $Cashtag sebagai identitas pembayaran. Pembayaran online sudah pasti tanpa perlu kartu debit atau kredit. Anda cukup melalui dua langkah sederhana, yaitu Request ( mengirim permintaan uang) dan Pay (membayar permintaan uang). Anda bisa lebih cepat melakukan transaksi hanya dengan memasukkan informasi $Cashtag.

7. Go Mobile CIMB Niaga

Layanan Go Mobile CIMB Niaga diluncurkan khusus untuk nasabah CIMB Niaga agar lebih mudah dalam melakukan berbagai kegiatan perbankan. Layanan ini memungkinkan nasabah dapat melakukan transaksi secara mudah, cepat, dan efektif.

8. Paytren
paytren

Paytren merupakan perangkat lunak berupa aplikasi untuk pembayaran dalam jaringan, seperti tagihan rutin, pembelian pulsa elektrik, dan tiket perjalanan. Pengguna paytren disebut sebagai Mitra yang akan digolongkan pada 2 jenis mitra yaitu mitra pengguna dan mitra bisnis. Mitra pengguna dapat memanfaatkan layanan aplikasi paytren secara gratis tanpa perlu membeli lisensi. aplikasi yang digunakan oleh mitra pengguna disebut paytren e money. Sedangkan mitra bisnis merupakan mitra pengguna yang telah terdaftar dan melakukan upgrade status dari mitra pengguna dengan cara membeli lisensi oleh PT Veritra Sentosa Internasional (Treni) melalui mitra bisnis lain yang bertindak sebagai sponsor.

9. SAKUKU

SAKUKU merupakan aplikasi untuk layanan dompet digital yang dikeluarkan oleh BCA untuk mempermudah nasabah melakukan transaksi digital maupun perbankan tanpa membawa uang tunai. Dengan menggunakan aplikasi SAKUKU, nasabah bisa melakukan berbagai jenis transaksi seperti pembayaran belanja, pengisian pulsa, serta transaksi perbankan lainnya.

10. DOKU Wallet

doku

DOKU Wallet merupakan sebuah layanan dompet digital yang dikeluarkan oleh PT. Nusa Satu Inti Artha. DOKU Wallet dilengkapi dengan fitur penghubung ke kartu kredit dan uang elektronik/cash wallet. Melalui DOKU Wallet, nasabah bisa dengan mudah berbelanja secara online maupun offline di berbagai merchant yang telah terhubung dengan layanan DOKU Wallet.

Baca juga: Mengupas Manfaat Marketing Campaign Bagi Kelangsungan Bisnis Anda

Dari sekian brand yang ada, itulah beberapa 10 dompet digital yang cukup populer di Indonesia. Anda juga mungkin menggunakan salah satunya. Namun, meskipun tidak menyentuh uang secara fisik, dompet digital tetap berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan Anda. maka dari itu, pastikan Anda menggunakan layanan dompet digital dengan bijaksana.

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top