Insight

10 Keunggulan Genteng Metal yang Perlu Anda Ketahui

keunggulan genteng metal

Atap menjadi hal yang krusial bagi sebuah rumah. Bagaimana tidak, atap rumah tak hanya berfungsi sebagai pelindung dari hujan dan panas, atap juga dapat meningkatkan estetika sebuah rumah. Oleh karena itu, pemilihan genteng merupakan perkara yang sangat menentukan. Jika Anda cukup kebingungan karena banyaknya jenis genteng yang tersedia di pasaran, genteng metal bisa Anda jadikan opsi lho! Apa keunggulan genteng metal sebagai atap rumah Anda? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya!

Apa Itu Genteng Metal?

keunggulan genteng metal

Sesuai dengan namanya, genteng metal adalah jenis genteng yang terbuat dari bahan metal. Jenis genteng ini dibuat dari berbagai macam campuran material logam di antaranya baja ringan, galvanis, dan zincalume. Pada umumnya, genteng ini berbentuk lembaran dengan ukuran lebar dengan panjang dan ketebalan tertentu. Nah, ada dua jenis genteg metal yang tersedia di pasaran. Pertama adalah genteng metal berpasir, dan jenis yang kedua adalah genteng metal polos.

Keunggulan Genteng Metal

Bagi Anda yang masih ragu untuk memilih genteng metal sebagai andalan atap rumah, penjelasan mengenai keunggulan genteng metal berikut ini bisa Anda jadikan referensi. Penasaran apa saja keunggulan genteng metal ini? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Daya tahan tinggi

Genteng berbahan metal memang dikenal karena daya tahannya yang tinggi. Genteng ini memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap angin, hujan es, dan api. Atap metal memang dirancang untuk saling mengunci dan tumpang tindih dengan tujuan menahan angin. Teknologi pembuatannya yang modern juga menawarkan atap yang kokoh  dan anti pecah karena terbuat dari campuran bahan metal galvanis ke zincalume. Belum lagi finishing tekstur dari genteng ini yang memberikan perlindungan tambahan berkat butiran batu dan pasirnya. Berkat kelebihannya ini, genteng metal bisa bertahan hingga puluhan tahun, lho!

2. Anti Lapuk

Yang membuat genteng metal unggul dibandingkan dengan yang lainnya adalah material dari genteng ini bersifat anti lapuk. Ya, karena dibuat dari bahan metal, genteng ini dirancang untuk tahan terhadap serangan jamur dan rayap sehingga lebih awet dan tahan lama. Karena sifat ini juga lah genteng metal dinilai sangat minim bahkan bebas perawatan seperti pengecatan ulang untuk menghindari pelapukan.

3.  Bobot ringan

Genteng metal hadir dalam bentuk lembaran berukuran besar dan tebal sesuai dengan keinginan. Setiap lembaran genteng tersebut dipasang secara horizontal dan dibor pada rangka baja ringan. Dilihat dari bobot, jenis genteng ini terbilang sangat ringan dengan rata-rata bobot susunan genteng metal dengan luas sekitar 1 meter persegi adalah 7 kilogram. Angka tersebut jauh lebih ringan dibandingkan dengan material atap beton yang membutuhkan bobot 60 kilogram untuk 1 meter persegi.

4. Lebih ekonomis

Karena hadir dalam bentuk lembaran-lembaran besar, genteng metal terbilang sangat murah. Sebab, jika dibandingkan dengan jenis genteng satuan lainnya, jika angkanya diakumulasikan, lembaran genteng metal akan lebih jauh lebih murah.

5. Pemasangan mudah dan cepat

Genteng metal diproduksi oleh teknologi modern sehingga jenis atap yang satu ini dirancang sedemikian rupa oleh pabrik supaya mudah dipasang dengan mudah. Apalagi, genteng ini juga hadir dalam desain per lembar, membuat pemasangan dapat dilakukan dengan lebih cepat. Dengan begitu, bukankah pengeluaran biaya pemasangan juga akan terpangkas?

6. Ramah lingkungan

Atap berbahan metal memiliki keunggulan jika dilihat dari segi ekologis. Sebab, kebanyakan produsen genteng metal ini menggunakan bahan daur ulang untuk membuat genteng metal yang baru. Persentase bahan daur ulangnya bahkan bisa mencapai 60%. Bahkan, genteng metal yang telah mengalami kerusakan bisa digunakan kembali sebagai bahan dasar pembuatan genteng yang baru, lho! Teknologi pembuatannya pun sudah modern dan mengedepankan efisiensi.

7. Pilihan warna yang beragam

Desain atap metal ini hadir dalam beragam warna. Anda bisa memilih sendiri warna yang cocok untuk melengkapi arsitektur rumah Anda. Tips sederhana dalam memilih warna genteng adalah menyesuaikannya dengan gaya rumah.  Biasanya, rumah-rumah yang berukuran besar, bergaya tradisional memiliki atap hitam atau cenderung sangat gelap. Sementara itu, untuk rumah yang modern dan minimalis, warna pastel bisa dijadikan opsi. Nah, jika rumah Anda didominasi oleh bahan kayu, pertimbangkan warna hijau daun atau perpaduan hijau dan cokelat. Sedangkan, jika Anda memiliki rumah bertema bata merah, sebaiknya atap berwarna cokelat gelap, hitam, abu-abu atau hijau.

8. Tidak bising

Tak seperti genteng asbes yang sangat berisik jika hujan turun, genteng metal diciptakan dengan keunggulan tahan suara berisik yang berasal dari luar rumah, termasuk suara rintik hujan. Pasalnya, lapiran berpasir pada genteng metal ini berfungsi untuk meredam suara.

9. Rangka kokoh

Jangan sepelekan kekuatan dari genteng metal ini, lho! Genteng metal didukung oleh rangka yang kokoh yang saling terkunci satu sama lain sehingga tahan terpaan angin dan hujan deras. Selain itu, rangkanya yang kokoh juga tahan getaran dan goncangan sehingga cocok untuk digunakan di wilayah rawan gempa. Bayangkan saja jika Anda menggunakan genteng beton atau bata, selain mudah copot, materialnya yang keras juga bisa berbahaya jika menimpa tubuh.

10. Anti korosi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, genteng metal ini terbuat dari campuran bahan zincalume dan galvanis. Nah, keunggulan dari kombinasi kedua bahan ini mampu menghasilkan perlindungan produk dari korosi atau karat. Sangat cocok untuk digunakan di wilayah tropis dengan intensitas hujan yang tinggi.

Baca juga:Anti Api, Cek 10 Rekomendasi Stop Kontak Terbaik Untuk Tunjang Beragam Kebutuhan

Jadi, jika Anda menginginkan atap rumah yang tak hanya estetik, namun juga tahan lama, maka genteng metal bisa Anda jadikan sebagai alternatif atap rumah Anda, ya! Nah, jangan bingung mencari supplier genteng metal ataupun supplier genteng jenis lainnya karena sudah ada Indotrading.com yang siap untuk membantu Anda!

To Top