Insight

Wajib Tau! apa itu Gate Valve Serta Cara Perawatan dan Perbaikannya

gate valve

Bagi pemilik usaha pada bidang industri, biasanya tidak asing dengan Katup Valve. Salah satu jenis Katup Valve yang sering digunakan adalah Gate Valve. Untuk memudahkan anda mengetahui lebih jauh jenis katup valve ini, kali ini Tim Indotrading News akan membahasnya lebih lanjut.

Penggunaan Gate Valve tak hanya untuk kegiatan sektor industri saja, katup valve jenis ini juga dapat digunakan untuk memudahkan mobilitas kegiatan sehari hari. Anda dapat menemukan banyak pilihan Gate Valve terbaik dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

Apa itu Gate Valve

Gate Valve adalah jenis katup valve yang digunakan untuk membuka aliran dengan cara mengangkat gerbang penutupnya. Biasanya gerbang penutup Gate Valve berbentuk bulat atau persegi panjang. Jenis katup valve ini merupakan jenis yang sering digunakan pada sistem perpipaan, biasanya sebagai pembuka atau penutup aliran.

Jenis Katup valve ini biasanya sering digunakan untuk kegiatan industri pertambangan, pembangkit listrik, pengolahan air, dan aplikasi lepas pantai.

gate valve

Pemasangan dan Cara Kerja Gate Valve

Dalam pemasangannya jenis gate valve cukup sederhana. Dengan menggunakan dua konektor berulir atau dengan menggunakan dua flange yang disambungkan ke sistem pipa.

Sedangkan cara kerja gate valve, saat pegangan (handle) diputar maka stopper bergerak naik ke atas konektor dengan area stopping wedge merubah dengan memaksa gerakan menjadi naik dan turun. Handle yang menaikkan dan menurunkan stopper menempati ruang bonnet.

valve jenis ini bisa dikenali berdasarkan tinggi rendahnya handle (pegangan). Jika posisi handle rendah berarti valve dalam kondisi terbuka, dan jika handle tinggi maka valve dalam kondisi tertutup.

Baca Juga: Ketahui Jenis-jenis Valve Beserta Fungsinya dalam Instalasi Perpipaan

Keuntungan Menggunakan Gate Valve

Meskipun Gate Valve masuk ke dalam jenis katup valve, Jenis katup valve ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis katup valve lainnya sebagai berikut:

a. Low pressure drop waktu buka penuh

b. Amat ketat dan cukup baik ketika digunakan dalam waktu penutupa penuh

c. Bebas kontaminasi

d. Sebagai gerbang penutup penuh, sehingga tidak ada tekanan lagi. Sehingga cocok apabila akan melakukan servis atau perbaikan pada pipa.

Kekurangan Gate Valve

Meskipun Gate Valve memiliki beragam keuntungan, salah satu jenis katup valve ini juga memiliki kekurangan sebagai berikut:

a. Mudah Berkarat

Sayangnya Meskipun menjadi salah satu katup valve yang paling banyak digunakan, Gate Valve mudah berkarat. karat pada Gate Valve dapat muncul apabila saat selesai digunakan tidak dapat tertutup atau terbuka dengan sempurna. Korosi yang tinggi pada gagangnya (stem) dapat menyebabkan rusak, kalau sudah seperti ini ia tidak dapat dioperasikan lagi.

b. Tidak Cocok di Pakai untuk Separuh Terbuka

Gate Valve tidak cocok untuk dipakai dalam keadaan separuh terbuka, karena akan menimbulkan turbulensi sehingga bisa mengakibatkan erosi dan perubahan posisi gate pada dudukan.

Perawatan Manual Gate Valve

gate valve

Agar Kekurangan dari Gate Valve dapat diatasi, berikut cara perawatan dan pemeliharaan agar gate valve Anda dapat digunakan dalam jangka waktu lebih lama:

a. Lakukan pemeriksaan dan troubleshooting secara periodik, terutama jika gate valve tersebut selalu digunakan

b. Biasanya trouble shooting dilakukan pada saat valve sedang beroperasi

c. Pada setiap pemeriksaan pastikan tidak ada kebocoran pada bagian-bagian yang penting pada valve tersebut

d. Bila diperlukan pemeriksaan atau perbaikan gate, seat atau packing box, maka proses operasional harus dihentikan atau dilakukan blok di sekitar valve yang akan di perbaiki

e. Pada media dengan fluida gas, pendeteksian kebocoran bisa dilakukan dengan bantuan Sniffer

f. Bila terjadi kebocoran pertama lakukan pengencangan baut yang sesuai dengan prosedur

g. Bila kebocoran masih tetap terjadi kemungkinan berasal dari gasket, packing yang sudah haus, terdapat kotoran  atau mengalami kerusakan pada Gate Valve.

Jika Anda mencari jenis Katup Valve lainnya, bisa anda dapatkan dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

Tips Dalam Memperbaiki Gate Valve

Apabila dalam pemeliharaan ada bagian dari Gate Valve terjadi kerusakan mendadak, berikut tips cepat memperbaiki Gate Valve yang bermasalah :

a. Identifikasi Gate Valve

Pertama Anda perlu mengidentifikasi permasalahan yang muncul di Gate Valve Anda. Dengan begitu Anda bisa melanjutkan tahap perbaikan selanjutnya. Biasanya masalah yang muncul pada gate valve diantaranya valve tidak menutup dengan benar, leak pada stem baut valve kendor, seat sulit dikeluarkan, kerusakan pada poros valve dan sebagainya.

b. Menyiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Selanjutnya, setelah mengidentifikasi, pastikan Anda menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan dalam proses perbaikan tersedia. Diantara peralatan yang dibutuhkan tersebut adalah kunci ring, kunci pipa, snapper, alat perkakas tukang seperti palu obeng, tang, minyak karat atau oli dan pelumas, amplas, dan alat pendukung lainnya.

c. Bongkar Gate Valve

Setelah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, Anda dapat langsung melakukan perbaikan Gate Valve dengan tahap awal membongkarnya. Pada tahap ini Anda bisa melepaskan dan membongkar bagian-bagian valve. Setelah semua bagian valve terlepas, Anda perlu membersihkan bagian-bagian tersebut. Selanjutnya Anda bisa memperbaiki area fokus masalah pada bagian valve tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai hal-hal yang perlu anda ketahui mengenai Gate Valve, serta bagaimana perawatan dan perbaikan  Gate Valve yang merupakan salah satu jenis katup valve yang sering digunakan, baik untuk sektor industri maupun sektor rumah tangga.

Anda bisa temukan berbagai produk Gate Valve dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

banner seller
To Top