Bisnis

Tips Mencari Pekerja Bagi Pengusaha UKM

Michael (Mike) Bloomberg dikenal sebagai miliarder AS dan mantan walikota New York City. Mike saat ini memiliki tenaga kerja hampir 19.000 orang di 200 negara.

Saat menghadiri kelulusan 10.000 pengusaha UKM Goldman Sachs, Mike bicara tentang calon pekerja yang ideal terutama bagi sekelompok pengusaha kecil (UKM).

Pernyataan ini dia lontarkan di depan milioner lainnya seperti Warren Buffet, Goldman Sach dan Jack Dorsey. Kira-kira bagaimana kriteria calon pekerja yang ideal menurut Bloomberg?

Foto Michael Bloomberg/Dok: CNN

Foto Michael Bloomberg/Dok: CNN

“Saya selalu mengatakan, saya suka orang yang ayahnya telah meninggal, yang ibunya sedang menjalani treatment pengobatan, dan dia pergi bekerja selama 3 shift (dalam seminggu) di McDonalds untuk mengurus saudara-saudaranya,” kata Bloomberg, Kamis (9/6/2016).

“Itu adalah jenis orang yang kita inginkan. Seseorang yang tidak peduli bagaimana hal-hal buruk, yang penting terlihat jelas, mengambil banteng dengan tanduk, bermodal keringat, dan di sanalah hasilnya,” tambahnya.

Dia juga mendorong pengusaha UKM agar tidak mempekerjakan teman atau keluarga. Kecuali bila benar-benar diperlukan.

“Kami memiliki kebijakan tidak ada nepotisme di perusahaan saya karena Anda tidak bisa memperlakukan orang dengan adil,” katanya.

Adapun saran lain yang diberikan Bloomberg kepada orang yang sedang berburu pekerjaan. Sarannya cukup sederhana.

“Anda harus punya jaringan,” katanya.

 

Sumber   : Business Insider

Editor      : Wiji Nurhayat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top