Insight

Cari Tau Tips Dalam Memilih Handy Talky yang Sesuai dan Fungsi Lainnya disini!

Cari Tau Tips Dalam Memilih Handy Talky yang Sesuai dan Fungsi Lainnya disini!

Untuk dapat menghubungi pihak lain di lokasi yang sulit sinyal atau alat penghubung menggunakan pancaran radio, Anda dapat menggunakan HT. Handy talky atau yang sering disebut HT ini merupakan alat yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi.

Penggunaan HT sangat membantu pekerja yang bekerja di lokasi yang terbatas sangatlah berguna. Fungsi dan kegunaannya sangat beragam, untuk itu pada kesempatan kali ini Tim Indotrading News akan membahas fungsi handy talky dan cara memilih handy talky yang sesuai untuk Anda.

Namun sebelum membaca lebih jauh, Anda dapat menemukan berbagai Handy talky dari berbagai brand berkualitas dan terpercaya di Indotrading.

Handy Talky

Cari Tau Tips Dalam Memilih Handy Talky yang Sesuai dan Fungsi Lainnya disini!

Handy Talky atau yang lebih sering disebut HT merupakan alat komunikasi yang memanfaatkan gelombang radio untuk berkomunikasi. HT sendiri memiliki bentuk yang mudah digenggam, dan memiliki ukuran yang tidak jauh dengan ukuran handphone sehingga penggunaannya mudah dibawa kemana-mana.

Umumnya HT digunakan untuk saluran komunikasi dengan saluran khusus agar bisa langsung terhubung tanpa menggunakan sinyal jaringan seperti provider. 

Penggunaan HT sendiri hanya terbatas menerima data suara, hal tersebut karena HT terbatas hanya mengirim atau menerima data suara pada satu waktu.

Dalam penggunaannya pengirim data harus menyatakan pergantian dengan mengatakan kata ‘ganti’ atau ‘over’, untuk kemudian ditindaklanjuti oleh penerima pesan yang berganti mengirimkan pesan.

Fungsi Handy Talky

Fungsi Handy Talky

Handy talky sendiri merupakan alat komunikasi yang memiliki fungsi yang beragam, Diantaranya:

1. Menjaga Keamanan

HT adalah alat komunikasi yang umumnya digunakan oleh aparat keamanan dalam bertugas. Mulai dari petugas kepolisian Petugas pemadam kebakaran, tentara,  hingga satpam. Alat ini umumnya digunakan untuk saling berkomunikasi dua arah tanpa hambatan.

Penggunaan HT di kalangan petugas keamanan sangat familiar, hal tersebut karena HT dinilai lebih praktik, mudah dijangkau, dan dapat digunakan di lokasi yang sulit sinyal karena alat ini menggunakan gelombang radio dalam penyampaian informasi.

2. Digunakan untuk Koordinasi Antara 2 Pihak

Handy talky pada dasarnya merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk berkomunikasi di antara dua pihak. Dengan menggunakan HT ini dua orang yang berada di posisi yang berbeda dapat berkoordinasi dengan baik antar satu sama lain. Contoh penggunaan HT untuk berkoordinasi seperti penggunaan HT untuk kru event, pertandingan dan lainnya. 

3. Dapat Digunakan Saat Berada Dalam Kondisi Darurat

Mengingat HT merupakan alat komunikasi yang memanfaatkan sinyal radio dalam menyampaikan pesan, HT dinilai sangat efektif digunakan sebagai alat komunikasi dalam kondisi darurat.

Salah satu kondisi darurat yang membutuhkan HT untuk berkomunikasi adalah  seperti saat sedang terjadi bencana alam. Tak heran jika HT sangat bermanfaat dalam kondisi darurat.

4. Digunakan untuk Menjaga Kelancaran Acara

Selain digunakan untuk kebutuhan di kondisi yang sulit, HT juga merupakan alat komunikasi yang lebih efektif digunakan untuk berkomunikasi bagi para petugas event. Hal tersebut karena komunikasi yang dilakukan menggunakan HT dinilai lebih cepat, dan mudah diterima daripada alat komunikasi yang lain.

Tips Memilih Merk Handy Talky yang Bagus

fungsi handy talky

Sebelum membeli dan menggunakan Handy Talky, ada baiknya Anda mengetahui hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam membeli handy talky. Hal tersebut agar produk yang digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk memudahkan Anda mendapatkan HT yang sesuai dengan kebutuhan dan budget, berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebelum membelinya:

1. Pertimbangkan Lokasi Penggunaan

Sebelum memilih HT yang hendak digunakan, pastikan Anda mengetahui lokasi penggunaannya.

Hal tersebut karena lokasi penggunaan dapat mempengaruhi kinerja dari HT. Jika Anda membutuhkan HT untuk di kegiatan alam terbuka atau tanah lapang Anda dapat memilih produk yang sesuai dengan spesifikasi tersebut.

Dan jika Anda membutuhkan HT untuk lingkungan yang sulit dijangkau karena berbagai penghalang seperti digunakan di lokasi yang dipenuhi dengan pohon atau gedung, maka pilihlah HT yang sesuai.

2. Pilih HT yang Dapat Menyesuai jangkauan jarak panggil yang Dibutuhkan

Handy Talky sendiri merupakan alat komunikasi yang memiliki jangkauan jarak yang beragam, mulai dari jarak 100 M hingga 1 sampai 3 KM. Sehingga penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika Anda membutuhkan HT yang dapat digunakan bersama keluarga atau di dalam lingkup ruang yang kecil, Anda dapat menggunakan HT dengan jarak jangkauan 100 M.

Namun jika Anda membutuhkan HT untuk kebutuhan petugas keamanan gedung atau sejenisnya, Anda dapat menggunakan HT yang memiliki jangkauan jarak 1 KM hingga 3 KM.

3. Pilih Berdasarkan Tipenya

Fungsi Handy Talky

HT yang dijual dan tersedia saat ini terdiri dalam berbagai tipe. Untuk HT yang memiliki tipe daya rendah, biasanya memiliki output transmisi sekitar 10 mW. HT yang memiliki daya rendah ini umumnya dibandrol terjangkau dan digunakan untuk ruang lingkup jangkauan yang kecil.

Selain itu, ada juga HT yang memiliki tipe nirkabel digital dengan daya watt 5 W. Output transmisi yang dihasilkan dari HT dengan tipe nirkabel digital ini bisa dibilang cukup besar. Anda dapat menggunakan alat ini dalam rentang jarak sekitar 500 meter di area perkotaan yang terhalang banyak gedung. Serta juga dapat berkomunikasi dengan lawan bicara di area terbuka atau alam bebas dalam rentang beberapa kilometer.

4. Pertimbangkan Fitur yang Ditawarkan

HT yang beredar saat ini umumnya memiliki fitur pendukung yang berbeda-beda. Walaupun produsen menyediakan fitur andalan, Anda tetap perlu mempertimbangkan fitur yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan fitur pendukung pada HT yang digunakan sesuai dengan kebutuhan yang hendak digunakan.

5. Perhatikan Garansi yang Ditawarkan

Penggunaan Handy Talky di ruang terbuka memiliki resiko kerusakan cukup tinggi. Oleh karena itu Anda perlu mempertimbangkan membeli produk yang menawarkan garansi. Dengan adanya garansi dapat membantu dalam menghemat biaya ketika terjadi kerusakan.

Sehingga apabila HT yang sudah dibeli dan digunakan rusak, Anda dapat memanfaatkan garansi dalam memperbaiki kerusakan yang terjadi.

6. Pertimbangkan Kemudahan Penggantian Daya

HT sendiri memiliki dua tipe penggantian daya, yaitu HT dengan baterai kering dan baterai cas (rechargeable battery). Untuk penggunaan HT yang akan digunakan di medan yang sulit dapat akses listrik ataupun untuk kegiatan lapangan, HT dengan baterai kering merupakan pilihan yang tepat. Karena HT dengan baterai kering tidak banyak mengkonsumsi daya.

Sedangkan untuk HT penggunaan singkat seperti digunakan oleh petugas keamanan acara ata gedung, HT dengan baterai cas dinilai lebih cocok. Hal tersebut karena HT dengan daya cas memiliki output yang besar, dan konsumsi daya yang besar.

Itulah pembahasan mengenai fungsi Handy Talky dan tips dalam memilih Handy Talky yang sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda membutuhkan Handy talky, pastikan untuk menggunakan Handy Talky yang berkualitas. Anda dapat menemukan berbagai Handy Talky berkualitas dari Supplier terpercaya di Indotrading.

To Top