Tips & Tricks

Tiga Cara ini Perlu Diperhatikan UKM Handicraft Sebelum Masuk Pasar Australia

Masyarakat Australia dikenal sebagai penggemar seni dan kerajinan tangan (handicraft). Bentuk seni yang paling populer di Australia adalah film dan konser musik populer. Masyarakat Australia juga rela menghabiskan banyak waktu untuk pergi ke galeri seni dan kerajinan tangan hanya untuk sekedar melihat-lihat produk kerajinan tangan hingga membeli.

Nah, untuk menerobos pasar Australia, yang perlu dilakukan pengusaha UKM kerajinan tangan asal Indonesia adalah tentu saja membina hubungan dengan beberapa retailers di Australia. Inilah salah satu cara Anda memiliki link (jaringan) untuk masuk lebih dalam ke pasar Australia.

Namun ternyata selain link, setidaknya ada tiga kunci utama lain yang perlu diperhatikan oleh Anda agar bisa memasarkan produknya di Australia, berikut ulasannya, Rabu (22/6/2016).

1. Berani Tampil Beda
Carilah model/desain sendiri dan pelajari selera pasar. Hal itu penting sekali dilakukan agar produk handicraft Anda laku di pasar Australia. Salah satu kendala dalam handicraft Indonesia adalah kurangnya kreatifitas. Pengrajin Indonesia enggan mencari desain baru dengan alasan menguras biaya untuk research & development

Namun perlu dicatat, untuk mengikuti berbagai pameran internasional, tentunya Anda butuh biaya banyak apalagi untuk proses trial & error hingga mendapatkan desain yang cocok dengan selera pasar. Yang terjadi saat ini adalah, produk yang dihasilkan para pengrajin sebagian besar hanya berkutat pada desain tradisional. Padahal dari segi
material, Indonesia tidak kalah dari negara-negara lain.

2. Ubah Mindset
Cara berpikir (mindset) yang maju dan terbuka agar dapat menjalin hubungan jangka panjang dengan pelanggan penting dilakukan. Saat ini banyak pengusaha UKM Indonesia yang masih berpikir pada keuntungan jangka pendek. Kendala yang dihadapi adalah proses produksi dan distribusi yang tidak pernah dikonsultasikan pada konsumen. Sampai akhirnya barang tersebut ditolak karena kualitasnya buruk atau terlambat dikirim. Jelas hal ini akan mengurangi kepercayaan konsumen ke depannya.

Konsumen di luar negeri diketauhi lebih menghargai bila Anda memberitahu kalau ada masalah. Namun tentunya harus diimbangi dengan inisiatif memberikan solusi dan kesediaan berdiskusi dengan konsumen.

3. Memiliki Kemampuan Administrasi
Memiliki kemampuan administrasi yang memadai wajib Anda miliki. Contoh, bila Anda sudah memiliki website sebaiknya terus diperbarui dengan katalog produk-produk terbaru. Buat website Anda dengan tampilan yang menarik dan informatif.

Calon konsumen Australia perlu diberikan informasi terkini mengenai kategori, harga serta cara perawatan produk. Jangan sampai sudah memiliki website, tetapi Anda tidak pernah memperbarui selama bertahun-tahun.

 

Penulis   : Wiji Nurhayat

Editor     : Wiji Nurhayat

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
WordPress Image Lightbox Plugin