Insight

Simak Jenis dan Cara Memilih Tangga Lipat Aluminium yang Sesuai Disini

Tangga Lipat Aluminium

Tangga lipat aluminium merupakan jenis tangga yang selalu dibutuhkan untuk pekerjaan yang berada ditempat yang tidak terjangkau dengan berdiri normal. Jenis dan kegunaan tangga aluminium pun beragam, sehingga penggunaan tangga ini bisa disesuaikan dengan jenis pekerjaan ataupun kebutuhan yang digunakan. Mengingat jenisnya yang beragam, kali ini Tim Indotrading News akan membahas jenis-jenis tangga lipat aluminium dan tips dalam memilihnya agar sesuai untuk kebutuhan Anda.

Namun sebelum membaca lebih jauh, Anda dapat menemukan berbagai jenis tangga lipat aluminium berkualitas dan terpercaya di Indotrading

Tangga Lipat Aluminium

Tangga lipat aluminium adalah salah satu jenis tangga yang terbuat dari bahan aluminium yang ringan dan kuat untuk menopang beban tubuh hingga ratusan kilogram. Umumnya jenis tangga ini digunakan oleh para teknisi kelistrikan, tukang bangunan dan bahkan juga digunakan di banyak keperluan rumah tangga yang digunakan sebagai tangga darurat yang bisa digunakan sewaktu-waktu saat genteng bocor atau memperbaiki bagian rumah lainnya.

Jenis tangga ini cukup menguntungkan untuk digunakan karena material aluminium merupakan jenis material yang tidak mudah mengalami korosi. Sehingga jenis tangga ini aman digunakan diberbagai jenis cuaca, dan tidak mudah terbakar.

Tips Memilih Tangga Aluminium

Tangga Lipat Ganda aluminium

1. Pastikan Kegunaannya

Dalam memilih tangga aluminium pastikan sudah menentukan kegunaanya, baik untuk kegunaan skala rumah, outdoor, ataupun pembangunan gedung. Hal tersebut karena, jenis dari tangga aluminium cukup beragam. Sehingga tiap jenisnya memiliki fungsi dan keunggulan yang berbeda.

2. Ketahui Ketinggian yang dibutuhkan

Tangga aluminium memiliki tinggi yang beragam, umumnya tangga aluminium memiliki jangkauan tinggi hingga 3 meter. Namun ada juga beberapa brand ataupun jenis tangga aluminium yang tidak memiliki jangkauan tinggi tidak lebih dari 3 meter. Variasi tinggi sebuah tangga aluminium memang perlu Anda cari tau sebelum digunakan. Sebab, jenis dan varian tinggi sebuah tangga aluminium beragam karena dapat disesuaikan untuk kebutuhan. Baik kebutuhan tangga untuk pribadi ataupun untuk pekerjaan.

3. Memiliki Kunci Pengaman

Agar tangga lipat aluminium aman digunakan, penting untuk mengetahui salah satu komponen pelengkap tangga tersedia lengkap. Komponen tersebut adalah kunci pengaman, keberadaan kunci pengaman pada tangga lipat sangat penting guna memastikan aspek keamanan saat digunakan.

4. Sudah Memiliki Standar Nasional

Mengingat tangga aluminium digunakan sebagai perangkat pertukangan hingga pekerjaan industrial, penggunaan tangga aluminium harus dipastikan memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI). Dengan sudah memiliki SNI yang sesuai, dapat meyakinkan Anda bahwa penggunaan tangga lipat yang digunakan aman dan sudah sesuai dengan standar mutu yang berlaku.

Jenis-jenis Tangga Lipat Aluminium

Setelah mengetahui tips agar mendapatkan tangga lipat  aluminium yang sesuai dengan kebutuhan, Anda dapat memilih tangga yang sesuai. Berikut jenis-jenis tangga aluminium yang banyak digunakan, diantaranya:

1. Tangga Lipat Ganda

Tangga Lipat Ganda aluminium

Tangga lipat ganda merupakan jenis tangga yang memiliki tampilan berupa tangga yang menyerupai huruf A. Jenis tangga lipat aluminium yang satu ini merupakan jenis tangga lipat yang paling banyak digunakan, pasalnya jenis ini dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, pertukangan, hingga kebutuhan industri.

Tangga lipat ganda ini memiliki dua sisi pijakan sejajar yang dapat berdiri sendiri tanpa sandaran dengan dasar pijakan lebar di puncak tangga. Ukuran dan ketinggian dari tangga lipat ini beragam. Mulai dari jangkauan ketinggian 3 meter hingga 6 meter, dengan lebar standar 25 sampai 30 cm. Umumnya tangga lipat ini dijual dengan warna keseluruhan silver, sama seperti warna aluminium.

2. Tangga Lipat Step Ladder

Tangga Lipat Step Ladder aluminium

Tangga lipat step ladder merupakan satu jenis tangga lipat aluminium kedua yang banyak digunakan. Jenis tangga lipat yang satu ini banyak dipilih karena penggunaannya dapat dipindahkan secara praktis, serta ukurannya lebih kecil dari tangga lipat ganda.

Umumnya jenis tangga lipat step ladder ini lebih banyak digunakan untuk personal seperti kebutuhan rumah ataupun kebutuhan tangga di lokasi dengan mobilitas tinggi seperti kantor yang memerlukan tangga dengan ukuran kecil, praktis, dan mudah dipindahkan.

Tangga lipat step ladder ini memiliki jumlah anak tangga yang berbeda-beda, mulai dari satu hingga 4 pijakan. Selain itu material pijakan dari jenis tangga lipat ini menggunakan material lain seperti plastik, kayu, stainless steel, ataupun campuran. Meskipun berukuran kecil, tangga lipat yang satu ini dapat menahan beban hingga 100 kg.

3. Tangga Telescopic

Tangga lipat aluminium Telescopic

Jika Anda perhatikan, pekerja kelistrikan umumnya membawa dan menggunakan bentuk tangga yang berbeda dengan 2 jenis tangga lipat aluminium sebelumnya. Jenis tangga yang berbeda ini adalah tangga telescopik atau model teropong. Sesuai dengan namanya, jenis tangga ini dapat mengatur ukuran ketinggian dalam penggunaannya, dengan cara menaik turunkan anak tangganya sesuai dengan kebutuhan.

Karen jenis tangga yang satu ini dapat dilipat saat tidak digunakan, hal tersebut menjadikan bentuk lipatan dari tangga yang satu ini bisa mencapai maksimal 1 meter dalam kondisi terlipat, lebih jauh lebih kecil dibandingkan tangga lipat jenis lainnya, dan dapat mencapai 4 meter dalam kondisi digunakan.

Jika Anda membutuhkan tangga model teropong ini, Anda dapat menemukannya di Indotrading.

4. Tangga Lipat Multifungsi

Tangga lipat aluminium multifungsi

Sama seperti namanya, tangga lipat multifungsi merupakan jenis tangga yang memiliki banyak fungsi kegunaan. Jenis tangga lipat yang satu ini tidak membutuhkan sandaran dinding atau permukaan rata untuk digunakan. Hal tersebut karena bentuknya yang dapat disesuaikan dengan jenis kebutuhan Anda tanpa khawatir dimana tempat sandaran tangga.

Berkat memiliki engsel tangga yang praktis, tangga lipat yang satu ini dapat digunakan dalam berbagai variasi bentuk yang cukup inovatif. Ditambah kemampuannya yang dapat menahan beban cukup berat hingga 100 kg, dan memiliki ketinggian yang bervariasi yaitu mulai dari 3-4 meter dalam kondisi terlipat dan bisa dibentangkan hingga di atas 12 meter.

Itulah pembahasan cara memilih tangga lipat aluminium yang sesuai dengan kebutuhan, dan jenis-jenis tangga lipat aluminium yang bisa Anda pilih. Jika Anda membutuhkan Tangga Lipat Aluminium berkualitas dari brand terbaik dan Supplier terpercaya, Anda dapat menemukannya di Indotrading.

 

 

To Top