Berita

Senegal Tertarik Beli Feri dan Helikopter Buatan RI

Produk industri dalam negeri mulai dilirik oleh negara lain. Siapa sangka, Kementerian Dalam Negeri Senegal menyatakan ketertarikannya dengan beberapa produksi industri strategis Indonesia, yaitu kapal feri buatan PT PAL dan helikopter buatan PT Dirgantara Indonesia (PT DI).

Hal ini disampaikan Kedutaan Indonesia di Dakar (Senegal), Jumat (3/6/2016).

Dalam penjelasannya, Menteri Dalam Negeri Senegal Abdoulaye Daouda Diallo dan Dubes RI  untuk Dakar Mansyur melakukan pertemuan dengan Inspektur Jenderal Polisi Kementerian Dalam Negeri Senegal. Dalam pertemuan tersebut, mereka menyatakan ketertarikannya atas beberapa produksi industri strategis Indonesia. Seperti kapal feri buatan PT PAL.

Helikopter tipe FLYER NAS332 Super Puma/Foto: PT DI

Helikopter tipe FLYER NAS332 Super Puma/Foto: PT DI

Alasannya, Senegal yang sedang membangun perekonomian ingin melengkapi armada transportasi militernya untuk menunjang kegiatan pengawasan wilayah perbatasannya dengan negara-negara tetangga. Selain untuk keperluan militer, Senegal juga membutuhkan kapal feri untuk transportasi VIP jarak dekat antar kota.

Selain kapal, Senegal juga memerlukan helikopter yang akan digunakan untuk mengawasi wilayah perbatasan. Senegal tertarik dengan helikopter yang diproduksi PT DI dan meminta kepada Mansyur agar dapat diberikan brosur-brosur mengenai helikopter produksi PT DI untuk dibahas dalam rapat pejabat tingkat yang lebih tinggi.

Selain itu, Pemerintah Senegal memberikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia yang telah memberlakukan bebas visa kunjungan singkat bagi Senegal. Sebaliknya Senegal menjanjikan bahwa secara resiprokal Pemerintah Senegal akan memberlakukan hal yang sama kepada warga negara Indonesia. Bahkan, Abdoulaye Daouda Diallo langsung memerintahkan kepada salah satu Direktur Jenderalnya untuk memproses secara resiprokal pemberian bebas visa kunjungan singkat oleh Indonesia.

 

Penulis  : Wiji Nurhayat

Editor    : Wiji Nurhayat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top