PT. Mandiri Indonusa Perkasa: Menggunakan Indotrading Omzet Naik 40 % Setiap Bulan

Mendirikan usaha selama 8 tahun bukanlah perkara sebentar. Banyak suka duka dalam menjalankan bisnis datang dari berbagai aspek, seperti dari client, modal, pemasaran, ataupun dari internal seperti karyawan. Hal ini juga dirasakan oleh Iwan saat ia medirikian PT. Mandiri Indonusa pada tahun 2011. Perusahaan yang bergerak dalam bidang supplier oli dan pelumas ini ia dirikan dari nol. Bukan tanpa alasan kenapa Iwan mendirikan bisnis yang bergerak dalam penjualan oli dan pelumas. Namun karena ia memang sudah sangat lama terjun ke dalam bisnis tersebut lah alasan kuat kenapa ia menjalankan bisnis ini sebagai pilihan.

“Awal mulanya kenapa saya mendirikan usaha ini, karena dulu disaat saya awal bekerja sudah dibidang oli dan pelumas,” jawab Iwan saat dikunjungi di kediamannya oleh reporter news.indotrading.com.

Namun saat ia mendirikan usaha tersebut, ternyata tidak semudah yang ia bayangkan. Banyak kendala yang dihadapi terutama masalah finansial untuk modal. Apalagi usaha yang Iwan dirikan meruapakan bisnis yangs sangat membutuhkan modal besar.

Indotrading.com
Indotrading.com

“Modal awal itu kira-kira 300 juta, karena kita mesti invest mobil, peralatan, kantor dan juga buat legalitas PT dan sewa gedung buat kantor, selain itu juga gaji karyawan harus kita cadangin. Kalau kita nggak punya modal segitu kayanya sulit mau buka usaha ini.” Ujar Iwan mengungkapkan.

Namun karena tekad yang kuat ia pun diberikan kemudahan pinjaman untuk menambah modal. Selama 8 tahun menjalankan bisnis pelumas dan oli, sudah berbagai merk yang Iwan jual termasuk produk milik pemerintah. Jika berbicara produk, Iwan sendiri membelinya dari berbagai distributor besar yang ada di Indonesia.

“Kita ada distribusi atau penyalurnya. Itu tergantung merk, misal merek Pertamina ya kita ambil dari distributor Pertaminanya langsung,” ujarnya membocorkan.

Untuk menjual produknya Iwan tidak membandrol dan membatasi harga. Karena dari setiap produk oli dan pelumas yang Iwan jual sangat variatif dan memiliki ketentuan sendiri.

“Kalau jual oli itu kan ada price list nya, nah dari price list itu kita potong 15 %. Jadi tergantung, kalo memang mereka bisa dapet lebih besar lagi ya harganya akan beda lagi. Makanya kita kadang suka liat dulu kalau ada profit untuk kita, ya kita  jual produk yang diminta tapi kalau ngga ada profitnya nggak kita jalankan,” imbuhnya.

Sudah lebih dari 7 tahun menjalankan bisnis dalam pelumas tentu saja sudah membuat usaha Iwan dikenal oleh peminatnya. Iwan bahkan sudah berhasil memasarkan produknya ke berbagai daerah, sebut saja Pulau Bangka, Surabaya, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, “Palembang, Lampung dan Papua,” Ujar Iwan menyebutkan beberapa tempat yang sudah loyal membeli produk oli dan pelumas darinya.

Kesuksesannya memasarkan produk hingga ke luar pulau bahkan hampir menyeluruh di Indonesia, tidak semata-mata karena Iwan menjualnya secara konvensional. Ia yang sadar akan kecanggihan teknologi yang kian cepat menjalar di kehidupan, lekas memanfaatkannya sebagai media untuk promosi. Salah satunya dengan cara bergabung menjadi member di Indotrading.com, situs market place B2B terbesar di Indonesia.

“Saya rasa kita memang harus melek digital ya jika bisnis kita ingin maju. Saya bergabung dengan Indotrading hampir 3 tahun dan saya menggunakan produk SEO dan SEM untuk menaikan website saya,” ucap Iwan menceritakan awal ia bergabung dengan Indotrading.

Sama halnya dengan para pengguna Indotrading lainnya yang merasakan banyak keuntungan, begitu juga dengan Iwan. Ia merasa sangat efesiensi menjalankan bisnis dibantu oleh Indotrading.

“Jual produk secara online melalui Indotrading, perushaan saya banyak diuntungkan.  Saya juga lebih ringan bekerja dibandingkan menggunakan sales offline. Kalau offline kan saya harus bayar gaji mereka sementara menggunakan Indotrading, hanya duduk di kantor pembeli langsung datang. Jadi keuntungan menggunakan Indotrading adalah sangat efisien,” tuturnya.

Iwan juga menambahkan, sejak menggunakan Indotrading sebagai media promosi bisnisnya, ia mengalami peningkatan omzet hingga 30 sampai 40% perbulan. Tidak heran jika Iwan terus memperpanjang membershipnya dengan Indotrading. Ia juga mengungkapkan bahwa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Indotrading.

“Sejauh saya menggunakan Indotrading sangat bagus karena saya merasa tertolong dan saya puas,” Pungkasnya mengakhiri wawancara.

0 Comments Lihat semua →


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *