Review Produk

Plain Steel Grating VS Serrated Steel Grating – Manakah yang Lebih Bagus?

steel grating

Ketika Anda sedang menyusuri trotoar jalan, Anda kerap menemukan saluran got yang ditutup dengan kotakan besi berlubang, bukan? Nah, plat besi tersebut, dikenal dengan nama steel grating. Biasanya, steel grating terbuat dari baja yang dibentuk menyerupai sebuah jaring berpola teratur sehingga memungkinkan air masuk ke dalamnya. Nah, selain berfungsi sebagai drainase, grating juga berfungsi sebagai akses jalan yang memiliki konstruksi kuat dan kokoh.

Komponen-Komponen dalam Steel Grating

steel grating

Bearing Bar

Bearing bar merupakan komponen utama sebuah grating. Komponen ini terdiri dari baja yang melintang saling berjajar beraturan. Biasanya, bearing bar terbuat dari besi baja yang kokoh dan kuat.

Cross Bar

Cross bar merupakan baja yang melintang diantara jajaran plat baja (bearing bar). Cross bar biasanya terbuat dari kawat baja ulir tebal. Fungsinya adalah untuk menyambungkan seluruh plat bearing bar. Untuk menyambungkannya, dilakukan melalui teknik pengelasan disetiap titik temu (joint) antara cross bar dengan bearing bar.

Bearing Bar Spacing

Bearing bar spacing merupakan jarak antara bearing bar yang satu dengan yang lain. Jika jarak antara bearing bar dengan bearing bar yang lain semakin dekat, maka ketahanan steel grating juga akan kian kuat.

Cross Bar Spacing

Cross bar spacing merupakan jarak spasi yang memisahkan antara cross bar yang satu dengan cross bar yang lain. Cross bar spacing biasanya dibuat sama atau teratur sehingga terlihat serasi dan dapat menimbulkan ketahanan yang sama. Sama seperti bearing bar spacing, semakin sempit jarak cross bar yang satu ke cross bar lain, maka ketahanan grating akan semakin kuat.

Jenis-Jenis Steel Grating

1. Plain Steel Gratingsteel grating

Plain steel grating adalah salah satu jenis grating yang memiliki struktur permukaan rata dan polos. Berbeda dengan permukaan, bagian dalam grating tetaplah bergerigi. Biasanya, grating rata ini dibuat dari berbagai macam material baja. Ada yang terbuat dari carbon steel, aluminum steel, hingga stainless steel. 

  • Carbon steel: lebih tahan lama, perawatan terbilang mudah cukup digalvanisasi (dilapisi dengan lapisan zink) dan dicat untuk menghindari korosi.
  • Alumunium steel: memiliki keunggulan bahan yang ringan dan secara harga lebih ekonomis.
  • Stainless steel: dilihat dari segi harga memang lebih mahal, tetapi lebih tahan lama dan bisa aplikasi lebih luas.

Aplikasi Plain Steel Grating 

  1. Sebagai drainase (penutup parit) yang bisa mengalirkan air
  2. Untuk akses pejalan kaki dan kendaraan seperti trotoar
  3. Akses jalan ke pelabuhan, lahan pertanian, maupun industri
  4. Tapak tangga yang aman

Keunggulan Plain Steel Grating 

  1. Tidak membuat kaki terasa sakit
  2. Roda kendaraan yang melintas tetap aman
  3. Lebih indah karena memiliki pola yang rapi

2. Serrated Steel Gratingsteel grating

Berbeda dengan grating polos, jenis serrated steel grating justru memiliki permukan yang bergerigi. Namun, jika dilihat berdasarkan material pembuatnya, grating jenis ini juga terdiri dari tiga jenis yakni carbon steel, alumunium steel, dan stainless steel. Grating jenis ini biasa diaplikasikan di tempat-tempat yang lembab, licin dan basah. Pasalnya, serrated steel grating memang dirancang dengan sistem anti-slip melalui permukaannya yang bergerigi. Dengan begitu, objek yang berada di atasnya tidak mudah tergelincir.

Aplikasi Serrated Steel Grating

  1. Sebagai drainase (penutup parit) yang bisa mengalirkan air
  2. Tapak tangga yang aman dan anti-slip
  3. Media akses yang baik untuk kawasan basah dan licin seperti pelabuhan atau kilang minyak
  4. Akses pejalan kaki yang aman, contohnya untuk trotoar, tempat parkir, maupun balkon.

Keunggulan Serrated Steel Grating

  1. Permukaan yang bergerigi membuat grating memiliki daya cengkram yang luar biasa sehingga membuat pengguna jalan maupun objek yang berada di atasnya mudah tergelincir.
  2. Kestabilan kimia sangat baik sehingga aman untuk dijadikan alas untuk menahan beban apapun yang ada di atasnya.
  3. Perawatan terbilang mudah yaitu dengan melakukan galvanisasi (pelapisan dengan zink) agar lebih tahan lama.

Baca juga: Jangan Sampai Salah Beli! Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini untuk Memilih Shackle yang Baik!

Nah, melihat perbedaan dari kedua jenis grating di atas, menentukan mana yang lebih bagus sangatlah gampang. Caranya adalah dengan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda! Jika Anda membutuhkan grating untuk untuk keperluan alas pijakan yang sering dilalui oleh kaki ataupun roda kendaraan? Jika iya, sebaiknya Anda memilih grating dengan permukaan yang rata agar tidak membuat kaki menjadi sakit saat dan roda kendaraan akan tetap aman ketika melewatinya. Namun, jika kebutuhan grating adalah untuk keperluan pijakan yang anti-slip, Kami menganjurkan Anda untuk memilih grating bergerigi sebab kemampuan anti-slipnya dapat diandalkan.

Jika Anda ingin mendapatkan produk grating dengan kualitas dan harga terbaik, kunjungilah situs Indotrading! Sebab, Indotrading dapat menghubungkan Anda dengan supplier, distributor, importir, dan penjual terpercaya. Tunggu apa lagi? Yuk, segera kunjungi situsnya dengan klik tautan ini!

To Top