Insight

Mengenal Lebih Dalam Keunggulan Penggunaan Pagar Panel Beton

penggunaan pagar beton

Pemasangan pagar merupakan salah satu bagian yang diperhitungkan ketika membangun sebuah bangunan atau lingkungan, hal tersebut agar bangunan atau lingkungan yang akan dibangun atau ditempati aman dari gangguan luar. Salah satu jenis pagar yang banyak digunakan untuk menjaga bangunan adalah pagar panel beton.

Pagar beton dipilih karena memiliki berbagai keunggulan dari jenis pagar lain, Untuk itu  Kali ini Tim Indotrading News  akan membahas mengenai pagar beton.

Anda dapat menemukan berbagai pilihan pagar panel beton terbaik dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading!

Pagar Beton

pagar panel beton

Pagar beton merupakan produk beton precast yang terbuat dari beton bermutu tinggi, dalam pembuatan beton precast mengandung unsur material beton dan pembesian secara khusus.

Dalam pembuatannya, pagar beton sendiri merupakan beton yang dibuat dan dicetak menggunakan material campuran dari pasir, semen, air dan tambahan bahan kimia lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas.

Penggunaannya sendiri biasanya digunakan sebagai pagar pelindung pada konstruksi, bangunan rumah, pembukaaan perumahan atau gedung kantor. Jenis pagar ini sudah dikenal awet dan kokoh sebagai pagar pelindung. Selain itu pagar beton juga dikenal sebagai pagar dengan keunggulan lainnya yaitu mudah di bongkar pasang.

Bagian Pada Pagar Panel Beton

Untuk memudahkan Anda dalam mengetahui apa saja jenis jenis bagian dari komponen pagar beton secara umum,berikut pembahasannya:

1. Daun Panel Beton

Bagian pertama pada pagar panel beton adalah daun panel beton. Bagian ini merupakan salah satu elemen dari konstruksi pagar beton, berfungsi sebagai dinding pagar, dibangun dengan menyusun secara vertikal ke atas dengan sambungan tongue and groove antara elemen daun panel beton.

Pada bagian daun panel beton ini sendiri memiliki ukuran yang bervariasi. Dengan dimensi panjang 240 cm dengan ketebalan 5 cm merupakan salah satu dimensi yang banyak digunakan. Ketinggian tiap daun panel juga terdiri dari dua ukuran, yaitu 40 cm dan 45 cm. 

2. Tiang Kolom

Bagian kedua dari pagar panel beton adalah tiang kolom. Tiang kolom merupakan bagian utama pagar panel beton yang memiliki fungsi utama sebagai tumpuan dan penjepit daun panel agar tetap tegak berdiri.

Panjang tiang kolom memiliki banyak variasi. Mulai dari 225 cm, 280 cm, 320 cm, 370 cm dan 425 cm. Panjang tersebut mengikuti ukuran daun panel.

3. Kawat Duri

Penggunaan Kawat duri merupakan bagian tambahan pada pagar beton. Fungsi utama dari kawat duri adalah untuk meningkatkan keamanan dari gangguan luar. Fungsi lainnya adalah untuk menambah tinggi ukuran pagar, kondisi ini biasa dilakukan ketika tinggi pagar yang diinginkan tidak bisa pas dengan ukuran daun panel yang sudah “mati” 40 cm.

Kawat duri tersusun atas dua bagian yaitu kawat dan besi siku. Kawat duri memiliki 3 pilihan yaitu kawat duri 4 jalur (tinggi 50 cm),  5 jalur (tinggi 60 cm), dan 6 jalur (tinggi 70 cm). Ukuran kawat duri umumnya adalah 40 mm x 40 mm x 3 mm.

Kelebihan Dalam Menggunakan Pagar Panel Beton

pagar panel beton

Setelah mengetahui bagian pada pagar pagar beton yang akan digunakan pagar, berikut kelebihan yang akan didapatkan ketika menggunakan pagar beton:

1. Dapat Digunakan untuk Semua Gaya Bangunan

Kelebihan pagar beton yang menjadi keunggulan dari jenis pagar material lainnya yaitu penggunaannya yang sangat luas, serta cocok untuk hampir semua gaya bangunan. Pagar dengan material selain beton kurang dapat mengikuti setiap gaya desain dari bangunan.

Seperti pagar hollow yang hanya dapat disesuaikan dengan bangunan yang bergaya modern. Lalu pagar besi yang hanya cocok untuk gaya modern dan klasik. Dan penggunaan pagar kayu yang bisa disebut hanya sesuai untuk bangunan yang memiliki gaya rustic, dan sebagainya.

Namun berbeda dengan pagar beton, penggunaannya dapat disesuaikan dengan berbagai jenis bagunan. Untuk rumah bergaya modern maka pagar beton dapat didesain dengan menggunakan hiasan plesteran. Untuk digunakan pada bangunan bergaya klasik dapat menggunakan pagar beton dengan dominasi bentukan lengkung. 

2. Biaya 

Dalam menggunakan pagar beton, biaya yang dikeluarkan untuk membangunnya tak jauh berbeda dengan biaya yang dikeluarkan dengan menggunakan jenis pagar lainnya. Bedanya, setelah proses pemasangan pagar selesai, Anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk perawatan. 

Jika anda ingin menggunakan pagar beton sebagai pagar anda, anda dapat membeli pagar beton dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

3. Perawatan

Jika anda memilih menggunakan pagar beton sebagai pilihan untuk pagar anda, anda tak perlu khawatir terhadap perawatannya. Mengingat kekokohan dari jenis pagar ini, anda tak perlu lagi memberikan lapisan pelindung seperti pada penggunaan pagar kayu dan besi pada umumnya.

Namun, Jika satu panel pagar beton yang anda gunakan kerusakan, maka anda harus membongkar keseluruhan panel pagar beton, dan mengganti panel pagar yang rusak dengan panel pagar beton yang baru.

4. Material Bahan

Mengingat pagar beton terbuat dari campuran pasir, semen, air serta zat kimia yang bertujuan untuk menguatkan beton. Material ini mampu membuat pagar beton menjadi kokoh serta terlihat kuat dan aman dari gangguan luar bangunan.

5. Kekokohan Pagar Beton

Mengingat material pagar beton bersifat solid, membuat pagar beton tahan terhadap tekanan, serta memiliki sifat tidak mudah hancur dan tak bersifat lentur seperti jenis pagar besi atau kayu.

Sehingga tampilan kokoh tersebut dapat membuat pengguna mendapatkan perlindungan lebih dari jenis lainnya.

6.Pemasangan yang Mudah

Dalam proses pemasangannya, pagar beton dinilai lebih mudah dari jenis pagar kayu ataupun pagar besi. Sehingga dalam pemasanganya dapat menghemat waktu serta tidak perlu pengelasan seperti pagar besi.

7. Daya Tahan

Penggunaan pagar beton memiliki daya tahan yang lebih unggul dari jenis pagar lainnya. Pagar ini dapat bertahan pada musim hujan, musim panas, maupun musim ekstrem lainnya.

Berbeda dengan pagar besi atau kayu yang dapat berkarat ataupun lapuk apabila sering terkena hujan dalam waktu yang lama.

Demikianlah pembahasan mengenai keunggulan penggunaan pagar beton. Anda bisa temukan berbagai produk pagar beton dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Apa itu Atap Dak Beton dan Kelebihannya

banner seller
To Top