Digital Marketing

Mengapa Social Media Marketing Sangat Penting?

Di era digital yang semakin borderless ini, penggunaan social media merupakan suatu hal yang tak dapat dielakkan. Media sosial telah berkembang menjadi sebuah tren sekaligus kesempatan untuk melakukan ekspansi bisnis melalui strategi social media marketing. Seperti yang kamu ketahui, selama 3 tahun terakhir ini perkembangan social media marketing seperti Facebook, Twitter, dan Instagram telah menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Menurut situs Hubspot yang dikutip oleh Forbes.com, sebanyak 92% marketers mengakui bahwa social media marketing sangat penting bagi perkembangan bisnis mereka. Penggunaan social media marketing bahkan membuat traffic ke website meningkat hingga 80%.

Menggunakan sosial media untuk kepentingan marketing juga akan membuat orang semakin mengenal brand bisnis. Dengan begitu, brand loyalty akan meningkat secara langsung sehingga semakin banyak orang yang mempercayai brand bisnis Anda. Kalau sudah begitu, konsumen baru akan berdatangan dengan sendirinya.

Penggunaan social media marketing juga akan meningkatkan interaksi dengan para konsumen atau followers yang nantinya akan meningkatkan traffic website.  Semakin konsisten dan semakin menarik konten yang dipublikasikan, engagement dengan followers akan semakin kuat sehingga kemungkinan para followers untuk membuka website bisnis akan semakin besar.

social media b

Promosi melalui media sosial juga dapat diukur dengan tools tertentu sehingga lebih efektif. Jika tidak memiliki budget yang cukup banyak, social media marketing merupakan pilihan yang tepat karena biayanya jauh lebih murah dibandingkan dengan promosi melalui iklan di tv atau radio.

Menurut Situs ecommercesos.com, pengguna Facebook kini telah mencapai 1 Miliyar pengguna sehingga menjadi media sosial yang paling banyak digunakan di dunia hingga saat ini. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna Facebook telah mencapai 70 juta pada tahun 2015 sehingga menjadikan Indonesia sebagai negara terbesar ke-4 dengan pengguna Facebook terbanyak seperti yang dilansir oleh statistica.com

Baca juga:3 Hal yang Dapat Mendatangkan Banyak Profit dari Internet

Lalu apa artinya ini?

Tentu saja hal ini sangat potensial jika dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis kamu. Melalui fitur Facebook Ads, kamu bahkan dapat memilih segmentasi konsumen sesuai target yang dituju seperti usia, gender, lokasi, dan interest sehingga iklan akan lebih terarah dan optimal. Biaya yang diperlukan pun relatif terjangkau.

social media c

Sementara itu, Twitter sebagai salah satu media sosial yang cukup diminati kini telah memiliki jumlah pengguna aktif hingga 560 juta. Media sosial satu ini awalnya melakukan penetrasi di Amerika hingga menyebar ke seluruh dunia. Melalui Twitter, Anda dapat berinteraksi langsung dengan followers secara interaktif. Menurut Wowrack Indonesia,  mayoritas pengguna Twitter adalah wanita serta remaja dengan rentang usia 16-20 tahun. Kamu tentu bisa memanfaatkan media sosial ini sebagai layaknya customer service online yang tepat karena produktivitas di timeline Twitter yang cukup padat.

Sebagai media sosial yang belum terlalu lama meramaikan kancah digital marketing, Instagram terbilang sukses mencuri hati para pengguna media sosial. Berbeda dengan media sosial lainnya, Instagram sangat mengutamakan kualitas foto. Melalui Instagram, kamu dapat membuat promosi melalui foto atau video pendek berdurasi 15 detik. Penggunaan hastag sangat berpengaruh untuk meningkatkan engagement dengan para pengguna. Wowrack Indonesia melansir data bahwa kini telah ada 150 juta user aktif di Instagram. Mayoritas media sosial ini adalah wanita dengan didominasi  pengguna berumur 18-29 tahun sebanyak 35%.

Masing-masing media sosial tentu memiliki keunggulannya masing-masing. Untuk membuat strategi social media marketing yang baik, sesuaikan bisnis kamu dengan masing-masing karakteristik media sosial yang ada. Jangan lupa juga untuk selalu mendengarkan feedback dari para followers agar bisnis semakin berkembang dan bertahan lama yah! 🙂

Baca juga: 10 Hal Ini Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Idaman

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top