Insight

Ketahui Lebih lanjut Jenis Plastik Laminasi dan Macam-macam Mesin Laminating disini!

laminasi adalah

Agar kertas penting seperti dokumen ataupun poster tidak mudah rusak, Anda perlu menggunakan laminasi. Laminasi adalah proses pelapisan kertas dengan bahan plastik dengan tujuan melindungi kertas dari berbagai faktor yang dapat merusak kertas tersebut.

Untuk mempermudahkan proses laminasi tersebut, dibutuhkan mesin laminating agar kertas dan plastik pelindung dapat menyatu dengan sempurna. Jenis laminasi, dan mesin yang digunakan untuk laminating pun berbeda.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini Tim Indotrading News akan membahas lebih dalam mengenai mesin laminating.

Namun sebelum membaca lebih lanjut, Anda dapat menemukan berbagai Mesin Laminating untuk laminasi yang berkualitas di Indotrading!

Laminasi Adalah

Laminasi adalah proses yang dilakukan untuk melapisi kertas dengan bahan plastik. Umumnya proses laminasi ini digunakan untuk melindungi kertas atau dokumen penting dari faktor eksternal yang dapat merusaknya.

Fungsi utama dari pemasangan laminasi adalah untuk memberikan daya tahan lebih pada hasil laminasi tersebut. Selain dapat memberikan daya tahan lebih, laminasi juga dapat memberikan kesan elegan pada hasil akhirnya.

Jenis Plastik Laminasi

laminasi adalah

Jenis Plastik Laminasi

Jika anda ingin melakukan laminasi pada dokumen atau kertas penting Anda, terdapat dua jenis plastik yang sering digunakan untuk proses laminasi, yaitu:

1. Laminasi glossy

Laminasi glossy merupakan hasil proses laminating yang menghasilkan lapisan cetak seperti berkilau atau memantulkan cahaya di permukaannya. Material laminasi ini juga memberikan efek licin mengkilap, tinta pada gambar cetakan akan tampak lebih pekat dikarenakan laminasi glossy memiliki keistimewaan untuk menyerap warna.

Kertas atau dokumen yang sudah dilaminasi dengan laminasi glossy umumnya relatif lebih tahan terhadap air dan sinar UV. Penggunaan laminasi glossy juga dapat membuat permukaan kertas menjadi lebih awet terhadap goresan, dan terkesan kuat serta tebal.

2. Laminasi doff

Laminasi doff merupakan hasil proses laminating yang cukup berbeda dengan laminasi glossy, karena laminasi doff tidak memberikan efek mengkilap. Hasil dari laminasi doff ini sendiri lebih tampak biasa pada permukaan hasil cetakan, dan tidak berkilau atau memantulkan cahaya.

Umumnya laminasi doff ini digunakan untuk laminasi kartu nama, ataupun dokumen seperti Kartu Tanda Penduduk (KT), Surat Izin Mengemudi (SIM), dan lainnya. Hasil akhir laminasi doff sendiri tidak meninggalkan bekas dari sidik jari, sehingga hasil cetakan yang diproses dengan mesin laminasi doff akan terlihat lebih eksklusif.

Macam-macam Mesin Laminating

Setelah mengetahui jenis laminasi yang biasa digunakan, Anda perlu mengetahui jenis mesin laminating yang digunakan untuk proses laminasi. Berikut macam-macam mesin laminating yang umum digunakan:

1. Mesin Laminating Panas

mesin laminating panas

Mesin laminating panas merupakan proses laminasi yang dilakukan dengan metode thermal laminating. Proses laminasi dengan mesin laminating ini menggunakan plastik yang mengandung lem atau menggunakan plastik yang belum menggunakan lem. Lem pada proses laminasi menggunakan mesin laminating panas ini digunakan sebagai perekat plastik dengan hasil cetak.

Untuk merekatkan plastik dengan kertas menggunakan mesin laminating panas ini, dibutuhkan suhu dari 90 derajat hingga 120 derajat celcius agar kertas dan plastik untuk laminasi merekat.

Cara Menggunakan Mesin Laminating Panas

  • Siapkan kertas dan plastik yang hendak di laminasi, pastikan kertas dan plastik yang hendak digunakan sudah rapi,
  • Panaskan mesin laminating  panas,
  • Untuk mengetahui suhu mesin, lakukan uji coba terlebih dahulu pada kertas yang tidak terpakai,
  • Jika panas dirasa sudah sesuai, masukan kertas yang akan dilaminasi
  • Tunggu mesin laminasi berjalan, dan biarkan kertas dan plastik yang digunakan diproses hingga selesai
  • Jika sudah selesai, matikan mesin ketika sudah tidak digunakan.

Hasil laminasi menggunakan mesin laminating panas memang sudah umum diketahui memililki kualitas yang sangat bagus. Hal tersebut karena jenis mesin laminasi ini menggunakan panas dan menekan plastik sangat kuat, sehingga hasil laminasi lebih merekat.

2. Mesin Laminating Dingin

mesin laminating dingin

Mesin laminating dingin atau yang bisa disebut “Metode Wet” adalah mesin laminasi yang digunakan tanpa adanya pemanas. Penggunaan mesin laminating ini lebih diperuntukan untuk laminasi dingin atau stiker transparan. Mesin laminating dingin sendiri banyak digunakan untuk usaha percetakan digital yang menggunakan mesin berjenis plotter.

Hasil cetak yang biasanya menggunakan teknik laminating dingin adalah, X banner, roll up banner, stiker, poster foam board, ataupun tripod banner. Mesin laminasi dingin sendiri memiliki panjang (1.5M) dan memiliki dua roll seperti penggilingan. Dimana pada saat penggunaan hasil cetak di roll bersamaan dengan media laminasi sehingga menyatu dengan baik.

Itulah pembahasan mengenai jenis laminasi yang umum digunakan menggunakan mesin laminating, dan macam-macam mesin laminating yang perlu Anda ketahui.  Mesin laminating sendiri merupakan jenis mesin yang paling banyak digunakan untuk usaha percetakan, dan bisnis UMKM seperti bisnis fotokopi yang menyediakan jasa laminasi.

Jika Anda membutuhkan dan mencari mesin laminating yang sesuai untuk kebutuhan Anda atau untuk usaha percetakan, Anda dapat menemukan berbagai pilihan Mesin Laminating terbaik dan berkualitas dari Supplier terpercaya di Indotrading.

To Top