Cerita Bisnis

Kolaborasi LKPP dan IAPI Dorong Percepatan Transformasi Pengadaan Barang dan Jasa

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) berkolaborasi dengan Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan Barang/Jasa LKPP 2023 di Hotel Bidakara, Jakarta pada tanggal 7 – 8 November 2023.

Rakornas yang dibuka Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengangkat berbagai isu terkini yang terkait langsung dengan pengadaan barang dan jasa dengan mengusung tema kegiatan “Transformasi Pengadaan untuk Indonesia Maju”.

“Rekan-rekan yang terlibat dalam pengadaan, jangan lupa untuk terus melakukan uji kompetensi supaya proses pengadaan yang ada di lingkungan kita berjalan dengan tepat sasaran, bermanfaat, transparan dan efektif, serta dapat bermanfaat untuk masyarakat di sekitarnya,” ujar Ketua LKPP Hendrar Prihadi.

Menurutnya, penggabungan pelaksanaan kegiatan IPFE 2023 dengan Rakornas Pengadaan LKPP, bertujuan agar seluruh pemangku kepentingan dapat berkumpul bersama, berdialog dan berbagi, untuk dapat memperoleh hasil terbaik dalam memaksimalkan nilai dan manfaat dari kegiatan pengadaan barang dan jasa.

Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 2.000 peserta dari berbagai latar belakang profesi, termasuk berasal dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah (K/L/PD), pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan kota, rumah sakit, serta perguruan tinggi negeri dari seluruh Indonesia.

Peserta kegiatan dapat berpartisipasi dalam berbagai forum di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah, dengan narasumber dari IAPI, LKPP, akademisi, praktisi dan kalangan asosiasi pengadaan lainnya.

Ketua IAPI Sonny Sumarsono mengungkapkan pihaknya berkolaborasi dengan LKPP untuk membuat panduan bagaimana journey pengadaan digital yang lebih baik ke depannya. Jadi kami tengah merancang bagaimana grand design pengadaan digital.

“Saat ini memang sudah mulai berjalan agar pengadaan digital bukan sekedar terkait penerapan teknologi, tidak hanya sekedar transaksi memakai e-katalog atau melalui marketplace mitra LKPP, tetapi bagaimana kita menemukan cara yang lebih efektif dan lebih efisien untuk melakukan pengadaan dan bisa meningkatkan pengunaan produk dalam negeri yang berasal dari UMKM,” ujarnya.

Selain seminar, penyedia barang jasa, dan marketplace mitra Toko Daring LKPP juga berpartisipasi sebagai exhibitor dalam kegiatan Rakornas LKPP dan IPFE 2023, sebagai sarana kesempatan untuk mempromosikan produk/ jasa, dan business matching antara penyedia barang/jasa, marketplace dan pejabat pengadaan pemerintah, sekaligus untuk promosi branding perusahaan di seluruh media publikasi IPFE 2023.

To Top