Insight

Ketahui Lebih Jauh Keunggulan ACP Untuk Pelapis Dinding Bangunan Anda

Aluminium Composite Panel

Umumnya bangunan gedung, rumah sakit, mall hingga lingkungan perkantoran yang saat ini telah beroperasi atau sedang dalam masa pembangunan biasanya menggunakan Aluminium Composite Panel untuk bangunan exteriornya.

Pemilihan Aluminium Composite Panel banyak dipilih karena beberapa kelebihannya. Selain digunakan untuk bangunan dengan kapasitas ruang besar, kini material bangunan yang satu ini juga mulai banyak diaplikasikan untuk bangunan rumah.

Namun seiring banyaknya pengaplikasian untuk bangunan, Masih banyak orang yang awam dengan material bangunan ini. Lalu Apa sih sebenarnya aluminium composite panel itu? Terbuat dari apa material tersebut? Apa keunggulannya dan bagaimana cara mengaplikasikannya di hunian kita?

Kali ini Tim Indotrading News akan membahas selengkapnya untuk Anda. Namun sebelum membaca lebih lanjut, Anda dapat melihat produk Aluminium Composite Panel berkualitas terbaik di Indotrading!

Apa Itu Aluminium Composite Panel

Aluminium Composite Panel

Aluminium Composite Panel atau yang sering disebut ACP adalah material bangunan penutup dinding bangunan yang terbuat yang terbuat dari bahan non-alumunium berupa bahan polyethylene yang dilapisi lembaran aluminium di kedua sisinya, hingga menjadi suatu kesatuan. Penggunaan Aluminium Composite Panel umumnya untuk dinding eksterior bangunan sebagai kombinasi dari penggunaaan kaca untuk bangunan besar seperti gedung, rumah sakit, mall, hingga hotel.

Material ACP banyak dipilih untuk melapisi dinding eksterior atau interior bangunan komersial, sebab ACP dapat menonjolkan kesan artistik dan mewah pada fasad bangunan.

Jenis Jenis Aluminium Composite Panel

Aluminium Composite Panel sendiri memiliki 2 jenis lapisan Cat, berikut pembahasannya:

1. Jenis Polyester

ACP Polyester (PE) merupakan jenis ACP yang digunakan untuk kebutuhan interior bangunan. Alasannya karena ACP jenis PE ini lebih tipis, dan hanya memiliki 1 kali lapisan, sehingga lebih cocok diaplikasikan sebagai plafon artistik, partisi, atau penutup kolom.

2. Jenis Polyvinylidene Fluoride atau Polyvinylidene Difluoride

ACP jenis Polyvinylidene Fluoride atau Polyvinylidene Difluoride (PVDF) merupakan jenis yang cocok diaplikasikan untuk eksterior bangunan. Hal ini karena jenis ACP yang satu ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan ACP jenis polyester. Yaitu karena Aluminium Composite Panel jenis ini lebih tebal, tahan terhadap segala jenis cuaca, dan warnanya lebih tahan lama. Meskipun harganya lebih mahal, ACP jenis PVDF lebih direkomendasikan untuk pemakaian untuk eksterior.

Keunggulan Aluminium Composite Panel

Aluminium Composite Panel

Material bangunan yang satu ini banyak diaplikan karena memiliki berbagai keunggulan. Untuk memudahkan Anda, berikut pembahasannya:

1. Memiliki Daya Tahan Tinggi

Mengingat ACP merupakan jenis material bangunan yang terbuat dari campuran aluminium dan campuran bahan kimia lainnya. Membuat ACP memiliki sifat tahan terhadap korosi, asam, garam, dan sinar ultraviolet. Sehingga sifat tersebut membuat ACP memiliki daya tahan tinggi terhadap kondisi cuaca, baik panas maupun hujan. Dengan sifat tersebut membuat ACP tidak perlu diganti hingga berpuluh-puluh tahun kemudian.

2. Bobot Ringan

ACP sendiri merupakan material yang berbentuk lembaran yang kaku dan kuat, dengan ukuran ketebalan antara 1 – 10 mm dan lebar 1.200 – 1.600 mm. Meskipun tampilannya terlihat berat, bobot material ini cukup ringan sekitar 3,5 kg hingga 5,6 kg per m². Karena bobotnya yang ringan tersebut, membuat ACP mudah dipindahkan dan dipasang.

3. Mudah dibentuk dan diaplikasikan

Mengingat bobotnya yang ringan membuat ACP mudah dibentuk, dilipat, dibor, dan dilengkungkan. Proses pengaplikasian ACP pun bisa menggunakan peralatan konvensional dan peralatan sederhana lainnya.

4. Tahan Terhadap Api

Selain tahan terhadap perubahan iklim dan cuaca, material bangunan yang satu ini memiliki daya tahan yang kuat terhadap api. Hal tersebut karena bahan inti ACP terbuat dari polyethylene yang tahan api, sehingga aman digunakan pada bangunan.

5. Permukaan Rata dan Halus

ACP sendiri memiliki permukaan yang cukup rata dan halus, sehingga material bangunan yang satu ini cocok digunakan untuk melapisi dinding eksterior bangunan. Bangunan yang dilapisi ACP akan terlihat lebih mewah, modern, dan artistik.

6. Tahan Terhadap Benturan

Meskipun bobotnya ringan dan permukaannya rata dan halus, ACP sendiri tidak mudah tergores dan tidak mudah patah. Apabila terjadi benturan dalam proses pemindahan atau pemasangan, tidak akan mempengaruhi bentuk fisik material ini.

7. Tersedia Dalam Berbagai Variasi Warna dan Pola

Aluminium Composite Panel

Mengingat ACP sering digunakan untuk exterior bangunan, membuat ACP tersedia dalam banyak variasi warna dan pola. Saat ini setidaknya tersedia 30 macam pilihan warna, antara lain merah, biru, hijau, dan sebagainya. Sementara untuk variasi pola, beberapa produsen telah memproduksi ACP yang menyerupai pola marmer dan kayu, sehingga mudah diaplikasikan pada berbagai konsep hunian.

Anda dapat melihat berbagai pilihan Aluminium Composite Panel dengan beragam warna dan pola yang beragam di Indotrading.

Pengaplikasian Aluminium Composite Panel

1. Gedung

Umumnya gedung bertingkat lebih menggunakan ACP untuk exterior bangunan daripada jenis material bangunan lain. Selain mudah diaplikasikan, ACP tidak sulit dalam perawatan, sehingga penggunaannya tidak memerlukan biaya tambahan untuk perawatan dan perbaikan.

2. SPBU

Tidak hanya bangunan yang digunakan untuk mempermudah mobilitas kegiatan kerja dan lainnya. Material bangunan ACP juga diaplikan untuk SPBU. Penggunaan ACP sebagai exterior dari SPBU karena ACP merupakan material bangunan yang memiliki permukaan halus, tahan cuaca, dan tidak memerlukan perawatan lebih.

3. Papan Reklame

Material yang satu tak hanya digunakan untuk bangunan umum saja, tetapi juga dapat diaplikasikan untuk papan reklame atau papan iklan. Penggunaan ACP dipilih karena dapat membuat tampilan akhir yang menawan meskipun melewati beragam jenis cuaca.

4. Interior Rumah

Saat ini ACP mulai masuk dalam salah satu material yang digunakanuntuk hunian karena dapat mendatangkan nuansa mewah. ACP juga dapat menjadi solusi untuk merenovasi rumah dengan harga murah dengan hasil akhir terlihat baru dan berkesan. Selain digunakan untuk interior hunian, ACP juga umum diaplikasikan untuk kitchen set karena hasil akhir yang menawan dan mudah dibersihkan.

Itulah pembahasan mendalam mengenai Aluminium Composite Panel beserta keunggulan dan pengaplikasiannya. Jika Anda membutuhkan ACP untuk kebutuhan Anda, pilihlah produk  yang berkualitas. Anda dapat menemukan berbagai jenis pilihan Aluminium Composite Panel berkualitas dari supplier terpercaya di Indotrading.

banner seller
To Top