Insight

Jarang Diketahui Namun Selalu Dibutuhkan, Berikut Jenis PABX yang Umum Digunakan

Jenis PABX

Agar komunikasi internal ataupun external suatu lingkungan instansi melalui telepon lancar, penggunaan PABX sangatlah penting. Terutama untuk komunikasi pada perkantoran, sekolah, bank, instansi, maupun kegiata dengan kapasitas jalur terbatas. Jenis dari PABX pun beragam, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk itu pada kesempatan kali ini Tim Indotrading news akan membahas PABX, Sebelumnya jika Anda mencari PABX, Anda dapat menemukannya dengan berbagai pilihan PABX terbaik, dengan kualitas serta harga terbaik di Indotrading

Apa itu PABX

Private Automatic Branch Exchange (PABX ) adalah suatu sistem hubungan telepon atau pemusatan telepon yang pengoperasiannya tanpa melalui operator. Dengan adanya sistem ini, penelepon dapat melakukan panggilan telepon langsung terhadap nomor telepon yang dituju yaitu dengan cara menekan nomor khusus untuk memperoleh saluran keluar, kemudian menekan nomor telepon yang dituju.

Dengan menggunakan PABX pada kegiatan komunikasi maka memungkinkan kita dapat berkomunikasi langsung tanpa perlu harus menggunakan operator. Penelpon dapat berhubungan langsung keluar dengan cara memutar nomor khusus untuk memperoleh saluran keluar. kemudian penelpon baru dapat memutar nomor telepon yang diinginkan.

Jenis-Jenis PABX

Jenis PABX

PABX yang berada dipasaran memiliki beragam jenis yang telah disesuaikan dengan perkembangan zaman, serta kebutuhan. Penggunaan PABX juga menjadi salah satu kebutuhan yang penting bagi komunikasi secara terbatas. Untuk memudahkan Anda mengetahui jenis jenis dari PABX yang beredar saat ini, berikut pembahasannya:

1. PABX Analog

PABX analog merupakan jenis PABX pertama yang digunakan. Pada sistem komunikasi ini PABX analog mempunyai output atau extension sebagai sinyal analog. Sehingga Anda tidak membutuhkan telepon khusus lagi, karena sudah bisa langsung terkoneksi dengan jenis PABX Analog ini.

Jenis PABX ini adalah jenis sistem hubungan telepon yang pengoperasiannya tanpa melalui operator. Dengan sistem ini, penelepon dapat melakukan panggilan telepon langsung terhadap nomor telepon yang dituju yaitu dengan cara menekan nomor khusus untuk memperoleh saluran keluar, kemudian menekan nomor telepon yang dituju.

Kelebihan dari PABX analog ini adalah karena penggunaannya menggunakan kabel tembaga dan POTS (Plain Old Telephone Service).  Serta dapat menghasilkan suara analog yang cukup baik. Selain itu pada PABX analog ini juga terdapat beberapa fitur dasar yang bisa ditemukan pada ponsel biasa seperti menerima telepon, mematikan suara telepon, redial dan speed dial.

2. PABX Digital

PABX yang satu ini merupakan salah satu  jenis pabx yang memiliki output data digital. Jenis ini menggunakan kabel tilion 4 kawat. Penggunaan PABX digital dibekali beberapa fitur seperti conference call serta menggunakan telepon khusus untuk menyambungkannya karena harus terlebih dahulu di konversi dari data digital menjadi suara.

Jenis PABX Digital merupakan teknologi terbaru dari sebelumnya, dengan kelebihan masing-masing pesawat teleponnya dapat berfungsi sebagai Operator Console.

Perkembangan PABX digital cukup pesat, sehingga penggunaan PABX analog terganti dan membuat beberapa perkantoran beralih menggunakan PABX digital. Hal tersebut Karena PABX digital menawarkan fitur yang lebih lengkap, dan lebih canggih jika dibandingkan dengan yang sistem analog. 

3. IP PABX 

Berbeda dengan jenis PABX sebelumnya, IP PABX merupakan jenis PABX yang menggunakan jaringan data Internet Protocol (IP)  untuk mengirim berbagai percakapan dalam bentuk paket data. 

IP PABX juga mampu dijalankan dengan sistem analog dan digital serta tentunya jaringan data ip.  Dengan menggunakan perangkat jenis ini memungkinkan pengguna bisa mengalihkan panggilan dengan melalui Voice over Internet Protocol atau IP (VoIP) kepada semua pengguna yang tersambung dalam satu jaringan. Selain itu, melalui Internet Protocol pengguna juga bisa menghubungi ekstensi lain .

Pengguna IP PABX bisa melakukan panggilan telepon atau mengalihkan panggilan telepon dengan sesama pengguna VoIP atau telepon biasa. Apabila kantor anda memiliki telepon tradisional, maka pengguna tetap sama-sama dapat melakukan hal tersebut.

4. PABX Hybirdhybrid PABX

Jenis PABX ini merupakan gabungan antara PABX analog dan PABX Digital yang memiliki 4 kabel disetiap outputnya. Dengan gabungan kedua PABX tersebut, Fitur yang didapatkan menjadi semakin lebih baik karena adanya fitur-fitur baru maupun fitur lama yang ditambahkan dan ditanamkan kembali.

Cara Kerja PABX

Jenis PABX

PABX memiliki metode menelfon atau menerima telepon yang sama dengan smartphone, namun memiliki cara kerja yang berbeda mengingat penggunaannya menggunakan kode telepon.  Hal tersebut karena jik setiap ada telepon yang masuk, maka telepon masuk tersebut akan di-routing (diarahkan) melalui control station.

Hal tersebut terjadi karena di dalam sistem PABX tersebut telah dimasukan kode extension tertentu, maka telepon masuk tersebut dapat diarahkan ke tujuan yang tepat dengan menggunakan kode extension tersebut.

Karena cara kerja dari PABX berbeda dengan smartphone, berikut beberapa fitur yang tersedia pada PABX :

  1. Call Pickup
    Layanan ini disediakan untuk pengambilan nomor ekstensi lain oleh ekstensi yang terdekat (dalam satu grup), jika pengguna ekstensi lain tersebut tidak berada di tempat.
  2.  Call Back
    Saat ada panggilan ke sebuah nomor ekstensi tertentu, kebetulannomor ekstensi tersebut sedang bicara, maka pemanggil hanya perlu menekan kode tertentu, kemudian On Hook. Saat nomor yang dituju selesai bicara/on hook, pemanggil mendengar nada panggil.Jika pemanggil Off Hook langsung tersambung ke tujuan (tanpa tekan nomor lagi).
  3. Hunting
    Proses pemberian sebuah nomor ekstensi kepada beberapa jalur pemakai. Pemberian hanya sebuah nomor ini dimaksudkan untuk memudahkan mengingat bagi pemanggil.

Itulah Pembahasan mengenai jenis jenis, serta cara kerja dan fitur-fitur yang tersedia pada PABX . Untuk itu selalu pastikan kegiatan komunikasi kerja Anda yang melingkupi pekerjaan maupun pendidikan terhubung menggunakan PABX guna mempermudah kegiatan komunikasi dengan kapasitas jalur terbatas.

Anda bisa mendapatkan berbagai jenis PABX dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

banner seller
To Top