Digital Marketing

Inilah 8 Ide Bisnis Musim Hujan yang Raup Banyak Keuntungan

Saat musim hujan, apa yang paling dibutuhkan? Yup, salah satunya adalah payung. Siapa sangka jika payung bisa dijadikan bisnis musim hujan? 

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak musim hujan akan berada pada bulan Desember 2022 hingga Januari 2023. Ketika musim hujan seperti ini, apalagi saat kerjaan tengah di kejar deadline, pastinya Anda tidak ingin tanpa persiapan apapun saat menghadapi hujan.  

Selain menyiapkan diri dengan perlengkapan di kala hujan, Anda juga bisa mulai membuka bisnis lho! Bisnis-bisnis di bawah ini akan banyak di cari oleh masyarakat! 

Bisnis Musim Hujan Simple dan Menguntungkan 

bisnis musim hujan
source: virala

Apa saja ya, bisnis musim hujan yang akan mendatangkan banyak keuntungan? Simak yuk daftar bisnis yang sudah di rangkum oleh tim Indotrading

  1. Payung 

Bisnis musim hujan yang pertama ini tentunya dibutuhkan oleh semua orang. Apalagi untuk Anda yang sering berjalan kaki. Agar tetap produktif di musim hujan, tentunya tidak ingin pakaian yang kita kenakan basah. 

Selain tidak nyaman digunakan, baju yang basah juga bisa mendatangkan penyakit. Menggunakan payung yang pas, sekaligus mudah untuk di bawa kemana-mana akan memudahkan pekerjaan sehari-hari. Bisa banget cari referensi payung lipat dengan beragam motif, bisa juga yang bewarna minimalis.  

  1. Jas Hujan 

Peralatan yang satu ini cocok untuk masyarakat yang sering menggunakan motor. Saat bekendara, entah itu berangkat kerja atau keperluan bisnis, tentunya dengan motor sangatlah riskan. Menggunakan payung saat mengendarai motor sangatlah tidak praktis 

Oleh karenanya, menggunakan jas hujan yang tepat sangatlah penting. Selain memudahkan berkendara, membuat badan terlindungi dari air hujan, pakaian yang digunakan pun tidak akan terciprat oleh kendaran lainnya. Indotrading punya rekomendasi nih jas hujan yang affordable sekaligus dengan kualitas bagus. Klik: Jas Hujan

  1. Pakaian Hangat untuk Bisnis Musim Hujan 

Kalau bisnis musim hujan yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin stay di rumah. Bisa juga untuk Anda yang bekerja dari rumah atau Work from Home (WFH). Ingin kerja dalam keadaan nyaman dan hangat di tengah cuaca dingin, tentunya kita perlu baju hangat untuk menemani kita bekerja. 

Ada beberapa jenis pakaian hangat yang bisa dijadikan referensi, misalnya sweater, knitwear, hoodie, hingga baju turtleneck. Adapula jaket yang memiliki beragam jenis seperti jaket bomber, jaket parka, jaket puffer, jaket windbreaker. Untuk aksesoris penghangat adapula beanie hat, sarung tangan, earmuff, syal, sampai sepatu boots

Membuka Jasa untuk Bisnis Musim Hujan 

bisnis musim hujan
Source: Reader’s Digest

Memang betul saat musim hujan banyak hal yang kita perlukan, tidak hanya berupa benda, bisa juga keperluan lainnya. Contohnya seperti baju atau kendaran yang mudah kotor membuat  

  1. Buka Jasa Laundry 

Musim hujan seperti ini membuat pakaian cepat kotor dan menumpuk. Meski pakaian kotor sudah di cuci pun, bisa saja lembab dan tidak kering sepenuhnya karena jarangnya matahari. Pakaian yang tidak kering sepenuhnya tentu saja akan menimbulkan bau apek. Alhasil,tidak nyaman dipakai. 

Meskipun perlu modal untuk usaha yang tidak sedikit, alat-alat yang digunakan untuk membuka jasa laundry bisa menjadi investasi jangka panjang. Keperluan seperti mesin cuci, alat pengering pakaian, hingga setrika uap cocok untuk bisnis musim hujan dalam rentang waktu yang panjang.  

  1. Buka Jasa Mencuci Kendaraan 

Musim hujan membuat waktu terasa padat, apalagi untuk Anda yang ingin menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Padahal kendaraan melalui jalanan yang becek atau penuh genangan air. Sehingga kendaraan jadi cepat kotor. 

Untuk hal itu, akan sangat membantu jika banyak jasa mencuci kendaraan. Apalagi jika setelah hujan lebat, cuaca menjadi panas dan terik. Kendaraan akan nampak sangat kotor dan membutuhkan jasa cuci agar cepat bersih. Bisnis musim hujan ini pastinya akan banyak dicari oleh masyarakat. 

Pastikan lahan mencuci kendaraan cukup, air yang digunakan untuk mencuci adalah air yang terjamin kebersihannya, serta pelayanan yang maksimal hingga kinclong. Jangan lupakan untuk senantiasa ramah dengan customer agar mereka bisa menjadi pelanggan tetap. 

Macam-Macam Kuliner yang Bisa di Jual Saat Musim Hujan 

Source: Accor Hotels

Kalau macam-macam bisnis sebelumnya berkaitan dengan benda yang diperlukan juga pembukaan jasa. Bisnis-bisnis di bawah ini cocok untuk membahagiakan perut di tengah musim dingin. 

  1. Cemilan 

Menjajakan camilan bisa menjadi pilihan bisnis musim hujan selanjutnya. Cuaca dingin membuat perut terus merasa lapar. Alhasil, banyak orang yang akan pergi mencari camila. 

Nilai plus jika camilan baru saja matang, sehingga hangat dan rasanya pun maksimal. Camilan seperti gorengan, batagor, siomay, atau camilan cripsy lainnya bisa menjadi referensi. Atau, jika ingin yang lebih praktis, makanan kemasan seperti keripik bisa menjadi solusi. 

  1. Makanan Kuah 

Selain camilan hangat, makanan yang hangat dan berkuah akan menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Pekerja kantor hingga mereka yang berada di tengah perjalanan tentunya akan membutuhkan istirahat dan mengisi perut. Apalagi ketika membutuhkan tempat berteduh bisa sekaligus menyantap makanan berkuah.  

Makanan berkuah yang bisa dijadikan acuan untuk bisnis musim hujan diantaranya seblak, mie rebus, bakso, soto, sop ayam atau daging, mie ayam, kwetiau rebus, dan lain sebagainya. Untuk membuka bisnis ini, bisa mulai dari rumah pribadi. Jika memiliki budget lebih bisa menyewa toko dan memasang bisnis pada aplikasi antar pesanan agar lebih bisa diketahui oleh masyarakat luas. 

  1. Minuman Hangat 

Tidak hanya butuh makan, pasti Anda membutuhkan minuman untukpelengkap santapan Anda. Bahkan, fakta membuktikan bahwa manusia tidak bisa hidup satu hari pun tanpa asupan minuman.  

Sehingga, bisnis musim hujan bertema kuliner ini tentunya akan cocok dan banyak di cari oleh pelanggan. Minuman seperti wedang jahe, kopi panas, te h hangat, hingga jamu atau temulawak untuk menyehatkan tubuh bisa menjadi pilihan. 

Itulah 8 ide bisnis musim hujan versi Indotrading yang bisa menjadi referensi Anda untuk membuka bisnis. Sudah memiliki 8 pilihan di atas, Anda akan pilih yang mana nih untuk mulai berbisnis? 

[Penulis & Editor: Irma Maulia]

To Top