Pengembangan Diri

Inilah 5 Hobi yang Dimiliki oleh 5 Orang Terkaya di Dunia

Apakah hobi rekan-rekan Indopreneurs? Di sela-sela kesibukan dan jadwal yang padat, seorang pebisnis tetap memerlukan waktu untuk dapat melakukan hobinya. Hobi memiliki fungsi yang penting untuk menjaga kesehatan psikologis seseorang. Orang yang sehat secara psikologis dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia karena pikiran lebih rileks. Sebaliknya, seseorang yang bekerja dalam jangka waktu yang lama tetapi tidak pernah meluangkan waktu untuk melakukan hobinya berpotensi mengalami stres karena pada intinya hidup membutuhkan keseimbangan dan harmoni.

Selayaknya orang biasa, para milyarder dunia juga memiliki hobi yang biasa dilakukan di waktu luang. Begitu juga dengan para milyarder yang adalah dalam daftar di bawah ini. Untuk menyegarkan pikiran setelah sibuk bekerja, mereka tetap mampu menjalankan hobinya. Berikut ini adalah 5 orang terkaya di dunia tahun 2015 versi majalah Forbes. Simak ulasannya berikut ini.

  1.   Bill Gates (Filantropi dan Membaca Buku)

Gambar 395

Gambar 439

Gambar 440

Tidak berlebihan rasanya jika mengatakan bahwa hobi Bill Gates adalah seorang filantropi. Bayangkan saja, ia sudah membuat surat wasiat yang berisi bahwa jika ia meninggal, anak-anaknya hanya akan mendapatkan uang sebesar 10 juta US$ sementara sisa kekayaanya yang lain akan disumbangkan seluruhnya untuk kegiatan amal. Uang warisan yang diberikan oleh Bill Gates kepada anak-anaknya tersebut hanya sebesar 0,01 % dari jumlah total kekayaannya.

Pada tahun 2015 ini Forbes menempatkan Bill Gates di posisi pertama sebagai orang terkaya di dunia dengan jumlah kekayaan mencapai 79, 2 Milliar US$. Bill dan Melinda Gates sendiri sudah mendirikan sebuah yayasan amal yang dinamakan Bill & Melinda Gates Foundation. Yayasan tersebut merupakan yayasan terbesar di dunia saat ini dan sudah berdiri sejak tahun 2000 yang lalu. Tujuan utama dari Bill & Melinda Gates Foundation sendiri adalah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan mengurangi kemiskinan yang ekstrem. Selain menjadi seorang filantropi, Bill Gates juga dikenal memiliki hobi membaca buku. Ia sendiri pernah mendeklarasikan dirinya sebagai seorang geek atau pecandu buku. Salah satu koleksi bukunya yang termahal adalah tulisan yang pernah dibuat oleh Leonardo Da Vinci.

  1.   Carlos Slim Helu (Balap Mobil dan Menonton Baseball)

Gambar 396

Gambar 437

Gambar 438

Carlos Slim Helu merupakan salah satu miliarder di bidang telekomunikasi yang sempat menjadi pengusaha terkaya di dunia dalam tiga tahun berturut-turut oleh Forbes. Namun untuk tahun 2015 ini, posisi pertama harus direlakan oleh Carlos Slim Helu kepada Bill Gates. Carlos Slim memiliki hobi dan minat yang besar pada mobil balap F1. Terbukti di tahun 2011 yang lalu, Carlos Slim mensponsori tim Sauber F1. Uniknya walaupun Carlos Slim menyukai dunia mobil balap namun ia tidak terlalu suka untuk membeli mobil sport sebagai kendaraan pribadinya. Selain hobinya dalam bidang balapan mobil, Carlos Slim memiliki minat yang besar pada olahraga baseball di kota New York dan sering tertangkap sedang menonton pertandingan di bagian VIP stadion New York Yankee. Ternyata ia merupakan pengunjung reguler kota New York.

  1.   Warren Buffet (Main Ukulele dan Filateli)

Gambar 397

Gambar 435

Gambar 436

Seperti dilansir oleh majalah Forbes, Warren Buffet memiliki nilai kekayaan yang tidak berbeda jauh dengan Bill Gates dan Carlos Slim, yakni mencapai 72,7 Milliat US$. Buffet mendapatkan peringkat ketiga sebagai orang terkaya di dunia karena memiliki perusahaan investasi yang bernama Beckhsire Hathhaway. Siapa sangka sebagai seorang investor yang sangat pandai menggunakan penalaran logis, Buffet ternyata memiliki hasrat yang besar di dunia seni. Ia adalah salah satu orang yang suka bermain ukulele dan menyanyikan lagu “Red River Valley”. Warren Buffet juga termasuk salah satu orang yang giat mengajari anak-anak untuk bermain ukulele di sebuah klub di daerah Omaha. Hobi unik lainnya yang dimiliki oleh Warren Buffet adalah dengan mengoleksi prrangko. Menurut Buffet menjadi seorang filateli membutuhkan kesabaran, kesungguhan, dan ketelitian. Bisa jadi, hobi ini turut berperan menjadikannya seorang pebisnis yang sukses.

  1.   Amancio Ortega (Berkuda dan Liburan)

Gambar 398

Gambar 433

Gambar 434

 

Nama Amancio Ortega mungkin agak asing di telinga anda. Ya, pengusaha yang berasal dari Spanyol ini merupakan pengusaha terkaya nomor empat di dunia pada tahun 2015, seperti yang dilansir oleh majalah Forbes. Ia memiliki kerajaan retail yang bernama Zara dengan total kekayaan mencapai 64,5 Milliar US$. Di usianya yang saat ini sudah mencapai 78 tahun, Amancio Ortega masih sempat meluangkan hobinya yang cukup menguras tenaga yaitu berkuda. Ia sendiri memiliki sebuah pusat berkuda di Finisterre, Galicia, Spanyol. Selain berkuda, hobinya yang lain adalah berlibur. Setiap kali ada kesempatan untuk berlibur ia memilih untuk pergi ke negeri para dewa yaitu Yunani.

  1.   Larry Ellison (Mengoleksi Properti, Kapal Yacht, dan Mobil)

Gambar 399

Gambar 431

Malibu Mansion

Gambar 432

Musasi Yacht

Apakah anda pernah mendengar Software Oracle sebelumnya? Ya, Oracle adalah sebuah brand perangkat lunak yang digunakan sebagai database di dunia manajemen perusahaan. Perusahaan Oracle sendiri dimiliki oleh Larry Elison yang menurut majalah Forbes di tahun 2015 ini memiliki jumlah kekayaan mencapai 54,3 Milliar US$. Sebagai salah satu dari 5 orang terkaya di dunia, ia memiliki hobi yang “mahal” yakni mengoleksi properti, kapal yacht, dan mobil. Properti yang dimilikinya antara lain adalah Porcupine Creek, Malibu Mansion, Turkey Lane Mansion, dan Beechwood Mansion. Selain itu, ia juga suka mengkoleksi kapal Yacht. Kapal Yacht yang dimilikinya antara lain Sayonara Racing Yacht dan Musasi Yacht. Musasi Yacht sendiri merupakan salah satu kapal yacht terbesar di dunia dengan fasilitas yang sangat menakjubkan karena memiliki enam tempat tidur dengan pemandangan menghadap ke laut. Upper deck-nya juga didesain dengan sangat modern dan sangat mirip dengan ruang tamu di rumah mewah bintang enam. (leo/editor:erlin)

To Top