Berita

Ini Jalur Tol di Pulau Jawa yang siap Dipakai Pemudik

Musim mudik Lebaran tahun 2016, para pemudik di Pulau Jawa bakal memiliki banyak pilihan alternatif jalur tol di pulau jawa saat mudik lebaran. Selain telah beroperasinya Jalan Tol Cikopo-Palimanan, ada sejumlah ruas tol baru yang mulai bisa dilewati.

Menurut keterangan data Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-PERA), Selasa (7/6/2016) total ada 95 km jalan tol baru di Pulau Jawa baik yang telah beroperasi maupun yang berstatus fungsional bisa digunakan pada musim mudik lebaran nanti.

Berikut rinciannya:

Pejagan-Pemalang/Tegal Barat di Provinsi Jawa Tengah telah beroperasi sepanjang 26 km,
Bawen-Salatiga di Provinsi Jawa Tengah siap fungsional 17,57 km,
Solo-Kertosono di Provinsi Jawa Tengah siap Fungsional 10 km,
Surabaya-Mojokerto di Provinsi Jawa Timur telah beroperasi 18 km,
Kertosono-Mojokerto/Mojokerto Barat-Mojokerto Utara di Provinsi Jawa Timur telah beroperasi 5 km,
Gempol-Pasuruan/Rembang di Provinsi Jawa Timur siap fungsional 13 km,
Cinere-Jagorawi Seksi II Raya Bogor-Kukusan siap beroperasi 6 km.

Dokumen KemenPU-PERA

Dokumen KemenPU-PERA

Jalan tol di pulau jawa yang baru ini akan melengkapi jaringan jalan tol yang sudah ada di Pulau Jawa. Sehingga panjang jaringan jalan tol yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan mudik tahun ini mencapai 668 Km.

Bukan hanya jaringan jalan tol, jaringan jalan nasional di utara Pulau Jawa alias Pantura juga siap difungsikan. Ada sedikitnya 1.182 km jalan Pantura yang siap digunakan.

Alternatif lainnya adalah Jalan Lintas Tengah Jawa sepanjang 1.056 km juga siap dilintasi pemudik, lalu 1.270 km Jalan Lintas Selatan Jawa. Kemudian ada pula jalur alternatif yang membentang dari ujung barat hingga timur Pulau Jawa yang panjangnya mencapai 2.230 km.

Bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor, disediakan jalur-jalur alternatif seperti di Simpang Jomin. Simpang Jomin dikenal dengan segitiga maut lantaran kepadatan di simpul persimpangan ini sangat luar biasa.

Pemotor bisa belok kekiri di Johar Km 75 setelah By Pass Karawang, terus mengikuti jalan hingga bertemu persimpangan Krasak. Pemudik dengan sepeda motor punya alternatif pilihan, belok ke kanan untuk keluar di Cikalong km 105, atau lurus menerus untuk keluar di Ciasem km 125.

 

Penulis  : Wiji Nurhayat

Editor    : Wiji Nurhayat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top