Insight

Ini Dia Rekomendasi Printer Label Berkualitas Untuk Mempermudah Bisnis Anda

Rekomendasi Printer Label Berkualitas Untuk Mempermudah Bisnis Anda

Salah satu perangkat kerja yang paling sering dibutuhkan adalah printer. Kegunaan dari printer ini yakni mampu merubah file digital menjadi bentuk fisik di atas kertas. Jenis dan kegunaannya juga beragam sesuai dengan fungsi dan kebutuhan. Untuk kebutuhan bisnis atau usaha sendiri, jenis printer label sangat cocok digunakan.

Pada kesempatan kali ini, tim Indotrading news akan membahas lebih lanjut mengenai apa itu printer label, fungsi, cara memilih yang tepat, serta beberapa rekomendasi yang bisa menjadi pilihan.

Namun sebelumnya, Anda dapat menemukan printer label di Indotrading, dengan supplier dari seluruh Indonesia.

Apa Itu Printer Label?

Printer label adalah salah satu jenis printer yang digunakan untuk mencetak label stiker, barcode, resi pengiriman, harga suatu produk, dan sebagainya. Ukuran printer ini sendiri mungil dan mudah dibawa ke mana pun.

Jenis printer ini akan memudahkan Anda yang memiliki bisnis toko untuk melakukan maintenance atau pengenalan barang yang nantinya akan dijual.

Baca Juga: Ketahui Harga Printer Terbaik 2022, Beserta Jenis-Jenis Printer yang Cocok Untuk Anda

Tips Memilih Printer Label

Untuk memudahkan Anda dalam memilih printer label yang akan dibeli, berikut ini adalah tips dalam memilihnya:

1. Pilih Jenis yang Sesuai

Pemilihan jenis printer ini adalah berdasarkan pada metode cetak yang digunakan, karena metode cetak ini akan berpengaruh terhadap hasil cetaknya. Ada dua metode cetak dalam printer ini yaitu:

Direct Thermal

Metode cetak direct thermal ini adalah metode cetak yang sangat sederhana. Nantinya label akan dicetak langsung pada kertas thermal. Penggunaan printer jenis ini lebih simpel dan hemat. Namun, hasil cetakan dari printer ini akan lebih mudah pudar dan hilang akibat suhu dan lainnya, selain itu printer juga hanya bisa menghasilkan warna hitam saja.

Thermal transfer

Thermal transfer menggunakan ribbon atau pita warna sebagai media transfer. Teknologi ini akan membuat kualitas cetaknya tahan lama dan tidak pudar. Berdasarkan kualitasnya tersebut, thermal transfer ini memiliki harga yang cukup mahal.

2. Periksa koneksi perangkat dalam penggunaan printer

Selanjutnya, Anda perlu memeriksa konektivitas yang ada dari printer. Printer jenis ini umumnya menggunakan USB untuk menghubungkan dengan laptop atau komputer. Namun, untuk penggunaan yang lebih simple, Anda bisa memilih printer yang memiliki koneksi Bluetooth sehingga memungkinkan untuk menggunakan printer dari smartphone.

3. Pilih sesuai dengan ukuran label

Berikutnya, pilih yang sesuai dengan ukuran label yang Anda butuhkan. Ukuran label sendiri dipengaruhi berdasarkan dengan jumlah baris yang akan dicetak. Jika Anda membutuhkan label stiker, Anda bisa memilih ukuran di bawah 50 mm. Sementara untuk label barcode, resi pengiriman, dan lainnya, Anda bisa memilih ukuran di atas itu.

4. Pertimbangkan Fitur yang Ada

Salah satu fitur yang ada adalah cutter otomatis. Adanya fitur ini tentu sangat membantu Anda karena Anda tidak perlu memotong secara manual. Selain itu juga akan menghemat waktu dan hasil potongannya jauh lebih rapi.

5. Periksa Kecepatan Printer dalam Mencetak

Selanjutnya, periksa kecepatan printer sesuai dengan kebutuhan Anda. Makin tinggi kecepatan printer makan akan membuat pekerjaan Anda cepat selesai. Kecepatan dipengaruhi oleh ukuran label yang akan dicetak.

Jika Anda membutuhkan printer jenis ini untuk mencetak resi pengiriman dalam jumlah yang banyak, maka pilihlah yang kecepatannya tinggi sampai 100 mm/s ke atas, sehingga nantinya proses cetaknya akan lebih cepat.

Rekomendasi Printer Label Berkualitas

Selain beberapa tips memilih, tim Indotrading juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek produk printer label, agar bisa dijadikan salah satu opsi yang nantinya akan Anda beli.

Epson

Epson menjadikan konektivitas printer sebagai kelebihan utama, yaitu USB dan Bluetooth. Hal tersebut memungkinkan printer terhubung dengan smartphone atau juga PC. Selain itu, printer Epson juga biasanya menyediakan beberapa pilihan ukuran kertas, sehingga kemudahan dan fleksibilitas penggunanya sangat bagus.

Harga dari printer label Epson sendiri umumnya dibanderol mulai dari Rp. 850.000-Rp. 90.000.000-an.

Brother PT-H110

Selanjutnya, printer yang diproduksi oleh Brother ini didesain ringkas dan simpel sehingga mudah dibawa ke mana pun. Selain itu, penggunaannya juga lebih mudah karena menggunakan keyboard QWERTY seperti yang ada pada smartphone.

Harga dari printer label Brother sendiri sekitar Rp. 900.000- Rp. 9.700.000-an.

Casio KL-G2

Kebutuhan cetak label berbeda-beda sesuai dengan keperluan. Contohnya label untuk rumah sakit dan toko pasti berbeda. Dengan Casio KL-G2 ini, Anda dapat mengatur sendiri label yang akan dicetak sesuai dengan kebutuhan.

Harga dari printer label Casio dibanderol mulai dari Rp. 800.000- Rp. 2.000.000-an.

Itulah pembahasan lengkap mengenai apa itu printer label, kegunaannya, cara memilihnya, serta beberapa rekomendasi yang bisa dijadikan opsi ketika membeli.

Di Indotrading, Anda dapat menemukan beragam jenis printer label berkualitas terbaik, dengan supplier yang ada dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: 10 Merk Printer Terbaik yang Cocok Untuk di Rumah dan Kantor 2021

To Top